Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Membaca Sebagai Metode Belajar Bahasa Inggris
Gaya Hidup

Membaca Sebagai Metode Belajar Bahasa Inggris

2020.08.21

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu harus memilih metode belajar yang paling efektif. Dengan begitu, proses belajar mungkin bisa lebih cepat dan mudah. Salah satu metode belajar bahasa Inggris yang bisa kamu pilih adalah dengan membaca. Apalagi, jika kegiatan tersebut merupakan aktivitas yang kamu suka. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menggunakan membaca sebagai metode belajar bahasa Inggris:

Pilih buku yang kamu suka

Untuk kamu yang masih pemula, cobalah untuk memilih buku yang disukai. Hindari membaca buku-buku yang topiknya tidak menarik bagi kamu. Hal ini membuat kamu lebih semangat saat membaca. Meskipun, mungkin bahasa dalam buku tersebut masih belum sepenuhnya kamu pahami.

Setelah membaca beberapa buku bahasa Inggris dengan topik serupa, pemahaman kamu terhadap bahasa Inggris yang berkaitan dengan topik tersebut tentu lebih luas. Di samping itu, kamu juga mulai terbiasa dengan kosa kata yang berkaitan erat dengan topik-topik tertentu.

Tentukan waktu membaca

Membaca buku mungkin terlihat sebagai aktivitas yang mudah dilakukan. Namun, jika ingin efektif menggunakan kegiatan ini sebagai metode belajar, kamu harus melakukannya di waktu yang tepat.

Membaca buku saat kamu sedang mengantuk, tidak fokus, dan lelah justru hanya akan membuang-buang waktu. Pasalnya, membaca juga membutuhkan konsentrasi, apalagi jika digunakan sebagai metode belajar.

Pastikan saat membaca buku bahasa Inggris, kamu sedang dalam kondisi fokus, nyaman, dan fresh. Tidak perlu memaksakan diri jika memang kondisi tubuh, hati, dan pikiran sedang tidak mendukung untuk membaca buku.

Biasakan mencatat

Tidak ada salahnya untuk mencatat hal-hal penting yang kamu temukan saat membaca. Sebagai contoh, kamu bisa mencatat semua kosa kata baru yang kamu temui di dalam buku bacaan.

Selain itu, kamu juga bisa merangkum setiap bab atau chapter dari buku yang sedang kamu baca. Dengan begitu, selain belajar bahasa Inggris dari membaca, kamu juga melatih kemampuan dalam menulis bahasa Inggris.

Temukan tempat yang nyaman

Selain membaca di waktu yang tepat, kamu juga perlu tempat yang nyaman. Hindari berbagai distraksi atau gangguan yang membuatmu menjadi tidak fokus saat sedang membaca.

Sebagai contoh, saat membaca buku di rumah, hindari suara televisi atau suara-suara yang memecah konsentrasi. Jika kamu lebih suka membaca dalam keadaan yang tenang, cobalah pergi ke perpustakaan umum. Biasanya, perpustakaan menyediakan pojok-pojok atau ruang untuk membaca buku yang relatif nyaman dan tenang.

Pelajari teknik skimming dan scanning

Saat pertama belajar bahasa Inggris menggunakan metode membaca, kamu bisa melakukannya dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan. Artinya, jangan memaksakan diri untuk membaca terlalu cepat atau terlalu lambat. Lakukan saja dengan kecepatan membaca yang membuat kamu merasa nyaman.

Namun, setelah belajar dalam waktu yang cukup lama, kamu perlu mempelajari kedua teknik membaca, yaitu skimming dan scanning. ‘Skimming’ berarti membaca dengan cepat untuk mengetahui isi dari bacaan, sementara ‘scanning’ adalah teknik membaca cepat untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan.

Dengan mempelajari kedua teknik membaca cepat tersebut, kamu akan terlatih memahami bacaan bahasa Inggris dalam waktu singkat. Tentu saja sedikit banyak kebiasaan ini membantu mempermudah kamu saat membaca buku bahasa Inggris.

Sekarang kamu sudah tahu kan tips dan trik belajar bahasa Inggris dengan metode membaca? Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

membaca bahasa inggris