Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami

Makna dan Manfaat yang Bisa Didapatkan Jika Berpuasa

2020.04.14

Jika kamu adalah seorang muslim, ibadah puasa di bulan Ramadhan wajib kamu lakukan selama satu bulan penuh. Mengingat hukumnya yang bersifat wajib, maka kamu tidak boleh melewatkannya begitu saja. Bahkan, kamu juga wajib menggantinya jika tidak bisa melaksanakan ibadah pada waktunya. Namun, tahukah kamu makna dari melaksanakan ibadah puasa? Simak penjelasan berikut ini.

Melatih untuk mengontrol diri

Salah satu makna ibadah puasa adalah melatih untuk mengontrol diri dari berbagai nafsu yang kita miliki sebagai manusia. Tidak hanya menahan lapar dan haus, selama berpuasa, tiap muslim yang menjalankannya diwajibkan untuk menahan amarah dan hawa nafsu lain yang mendorong tiap individu melakukan hal yang buruk.

Maka itu, saat berpuasa jangan hanya berfokus pada kegiatan menahan rasa lapar saja. Kamu juga harus menahan diri dari nafsu amarah yang biasanya muncul saat dibuat kesal oleh orang lain atau suatu kondisi yang tidak menyenangkan.

Dengan menahan semua nafsu yang bisa menjerumuskan ini, kamu akan lebih sabar, tenang, dan berbahagia. Itu juga salah satu manfaat dari puasa yang seharusnya bisa kamu rasakan jika kamu lakukan dengan benar.

Melatih untuk pasrah terhadap ketetapan Tuhan

Salah satu makna ibadah puasa lainnya adalah menyerahkan diri serta pasrah kepada ketetapan Tuhan. Tentu berpuasa selama 30 hari tidak akan mudah jika kamu tidak percaya pada Tuhan. Bayangkan, bagaimana bisa tubuhmu kuat dan masih sehat setelah tidak makan sesuai dengan waktunya selama 30 hari berturut-turut?

Saat kamu meniatkan diri untuk berpuasa dan menyerahkan kepada Tuhan terhadap apa pun yang akan terjadi kepadamu selama menjalankan ibadah puasa, rasa khawatir yang kamu miliki akan hilang. Kamu tidak akan khawatir apakah kamu bisa bertahan karena kamu percaya Tuhan ada untuk membantumu saat kamu kesulitan.

Mendekatkan diri pada Tuhan

Selain itu, satu dari berbagai nilai puasa yang bisa kamu terapkan adalah berusaha mendekatkan diri dengan Tuhan. Saat menjalankan ibadah ini, tentu hanya kamu dan Tuhan yang tahu apakah kamu menjalankannya dengan jujur atau tidak.

Sebagai contoh, kamu bisa saja berpuasa di depan semua orang, tapi tidak ada yang tahu apakah kamu berpuasa atau tidak saat kamu sedang sendirian. Jika kamu tetap menjaga diri saat sendirian dan tetap berusaha menjaga kualitas ibadah puasa, maka kamu sedang mendekatkan diri kepada Tuhan.

Pasalnya, pada saat itu kamu percaya bahwa Tuhan sedang memperhatikan gerak-gerikmu setiap waktu. Saat kamu menyadari Tuhan selalu memperhatikan kamu, tentu kamu akan lebih menjaga diri dan perbuatanmu.

Dengan begitu, kamu seolah ‘membawa’ Tuhan ke mana pun kamu pergi. Hal ini yang dianggap sebagai mendekatkan diri dengan Tuhan, karena kamu menjadikan Tuhan faktor utama dari setiap pilihan, keputusan, dan setiap perilaku yang kamu pilih.

Menekankan pentingnya menyayangi sesama

Di bulan suci Ramadhan, kamu tentu ingin memperbanyak bersedekah. Ya, ini adalah salah satu manfaat yang juga bisa kamu dapatkan saat berpuasa. Kamu menjadi lebih peka terhadap kondisi yang dialami oleh orang lain.

Bahkan, kamu mungkin akan lebih sibuk memberi dan menebar kebaikan dibanding mengharap untuk mendapatkan sesuatu. Kamu bisa saja tidak peduli jika tidak mendapatkan apapun secara materi, karena kamu sadar bahwa semua kebaikanmu kepada orang lain juga akan mendapatkan ganjaran berlipat dari Tuhan.

Puasa memang memiliki makna dan manfaat yang bisa kamu ambil, jadi jika kamu seorang muslim, jangan melewatkan ibadah ini begitu saja, ya!

Daftar Konsultasi Gratis