Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Jenis Hujan dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu
Gaya Hidup

4 Jenis Hujan dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu

2023.03.29

Dalam bahasa Inggris, kata yang digunakan untuk mendeskripsikan “hujan” adalah “rain”. Kata yang satu ini memang jika diartikan secara langsung berarti “hujan”. Akan tetapi, sama dengan bahasa Indonesia yang memiliki “gerimis”, “hujan rintik-rintik”, dan juga “hujan lebat”, bahasa Inggris juga memiliki banyak istilah lain yang digunakan untuk mendeskripsikan hujan. Nah, apa saja sih types of rain dalam bahasa Inggris? Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuanmu, simak beberapa contohnya berikut ini.

Spitting

Kosa kata yang bisa kamu kaitkan dengan hujan adalah, “spitting”. Kata yang satu ini mendeskripsikan hujan yang hanya turun rintik-rintik saja. Bahkan, biasanya, kata ini digunakan untuk menjelaskan hujan yang hanya turun sesaat, tetapi tak lama sudah tak turun kembali. Akan tetapi, kata yang satu ini juga bisa mendeskripsikan hujan yang mulai deras. Makna dari kata “spitting” yang bermakna hujan tergantung pada kata lain yang mengikutinya.

Nah, untuk lebih jelasnya, simak beberapa contoh penggunaan kata “spitting” berikut ini.

●       The rain was spitting down hard, making it difficult to see more than a few feet in front of us. (Hujan ini turun dengan deras, membuat sulit untuk melihat lebih dari beberapa jengkal di depan kita.)

●       The rain started as a light drizzle, but quickly picked up to a steady spit. (Hujannya berawal dengan gerimis, tetapi kemudian berubah menjadi hujan yang deras dan awet.)

Showering

Kata berikutnya yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan hujan adalah “showering” yang berasal dari kata kerja, “shower”. Kata yang satu ini seringnya digunakan untuk mendeskripsikan hujan yang intensitasnya tinggi tetapi terjadi dalam waktu singkat.

Akan tetapi, di lain waktu, kata ini juga bisa digunakan untuk mendeskripsikan jenis hujan yang tiba-tiba terjadi tanpa ada pertanda apapun sebelumnya. Selain itu, kata “showering” menunjukkan bahwa hujan tidak merata atau hanya terjadi di daerah tertentu saja.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “showering” dengan tepat:

●       It’s showering outside. (Di luar hujan.)

●       The rain is showering down heavily. (Hujan turun dengan deras.)

Drizzle

Kosa kata selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan hujan dalam bahasa Inggris adalah “drizzle”. Kata yang satu ini biasanya digunakan untuk menjelaskan hujan yang tidak terlalu deras. Justru kata yang satu ini digunakan untuk menggambarkan hujan yang lembut atau gerimis.

Umumnya, “drizzle” atau “drizzling” adalah hujan yang terjadi saat kondisi langit tidak mendung, tidak seperti hujan pada umumnya. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “drizzle” untuk mendeskripsikan hujan dengan tepat:

●       The weather was gray and gloomy, with a light drizzle that made everything look even more dreary. (Cuacanya mendung dan kelabu, dengan gerimis yang membuat suasana menjadi semakin menyedihkan.)

●       We walked in the park, enjoying the cool breeze and the soft drizzle that gently fell from the sky. (Kami berjalan di taman, menikmati udara dingin dan gerimis ringan yang jatuh dari langit.)

Pouring

Kata lain yang juga bisa kamu gunakan untuk menggambarkan suasana saat sedang hujan adalah “pouring” yang berasal dari kata “pour”. Secara bahasa, kata “pour” bermakna, “tumpah” yang menandakan bahwa hujan yang dideskripsikan menggunakan kata ini adalah hujan yang deras, seperti air yang tumpah dari langit.

Biasanya, tak hanya lebat, hujan yang digambarkan menggunakan kata “pouring” juga berlangsung cukup lama. Nah, berikut adalah contoh penggunaan kata “pour” dalam bahasa Inggris untuk mendeskripsikan hujan:

●       The rain was pouring heavily, and I could hear the sound of it hitting the roof and the ground as I watched through the window. (Hujan turun dengan deras, dan aku bisa mendengar suaranya menghantam genteng dan tanah saat aku melihatnya dari balik jendela.)

●       It was a dark and stormy night, and the rain was pouring relentlessly from the sky. (Malam itu sangat gelap, dan hujan turun dengan deras tak henti-hentinya dari langit.)

Dari contoh kosa kata bahasa Inggris di atas, manakah yang sudah kamu ketahui sebelumnya?

Daftar Konsultasi Gratis

4 Jenis Hujan dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu