Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Hal yang Harus Diketahui Ketika Memulai Hobi Bertanam
Gaya Hidup

5 Hal yang Harus Diketahui Ketika Memulai Hobi Bertanam

2020.11.23

Salah satu hobi yang saat ini banyak digemari oleh banyak orang sejak menghabiskan banyak waktu di rumah adalah bertanam. Namun, tahukah kamu bagaimana cara melakukan aktivitas yang satu ini dengan baik dan benar? Berikut ini adalah beberapa tips bertanam di rumah yang bisa kamu terapkan:

Mulai dari tanaman yang kecil

Saat memulai hobi bertanam, mulailah secara perlahan dan jangan memaksakan diri untuk menanam dalam jumlah banyak. Kamu juga tidak perlu repot-repot membuat taman dadakan di belakang rumah. Hobi ini bisa dimulai dengan cukup menanam satu jenis tanaman di dalam satu pot saja. Jika perlu letakkan di dekat pintu belakang atau salah satu jendela rumah agar bisa melihat dan merawatnya dengan mudah. Jika sudah berhasil, barulah kamu bisa menambahkan jumlah tanaman yang ingin ditanam.

Sediakan pupuk kompos untuk tanaman

Agar tanah yang kamu gunakan untuk menanam memiliki kesuburan dan struktur yang baik serta menyediakan materi organik untuk tanaman, sediakan pupuk kompos untuk tanaman. Pupuk kompos bisa dibuat dari sisa-sisa makanan, mulai dari kulit apel, ampas kopi, hingga kulit telur. Pupuk kompos bisa terbuat secara alami. Namun ingat, jika kamu ingin menyisihkan sisa makanan agar menjadi pupuk kompos, kamu harus bersabar. Pasalnya, mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun agar pupuk kompos bisa terbentuk.

Letakkan di tempat yang tepat

Selain tanaman itu sendiri, salah satu tips bertanam di rumah adalah memerhatikan peletakan dari tumbuhan tersebut. Pasalnya, hampir semua tanaman membutuhkan paparan sinar matahari. Maka itu, tanaman yang kurang mendapatkan sinar matahari mungkin akan mudah mati. Jika tidak ingin hal ini terjadi, pastikan bahwa kamu sudah meletakkannya di tempat yang tepat.

Bila perlu, letakkan tanaman di wadah atau pot yang bisa dengan mudah dipindahkan. Dengan begitu, jika kamu ternyata salah meletakkannya di tempat yang kurang sinar matahari, kamu bisa memindahkannya dengan mudah.

Rajin menyiram tanaman

Sebagai pemilik dan juga orang yang bertugas merawat tanaman, kamu tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Artinya, kamu harus rutin menyirami tanaman tersebut. Akan tetapi, bukan berarti kamu boleh menyiramnya semau kamu.

Ada beberapa aturan menyiram tanaman yang perlu kamu tahu. Sebagai contoh, siramkan air pada tanahnya, bukan pada dedaunannya. Justru, lebih baik menghindari untuk menyiram dedaunannya karena dapat merusak tanaman tersebut.

Selain itu, aturan menyiram tanaman secara rutin bukan berarti harus disirami setiap hari. Mengingat tanaman bukan manusia, kamu tidak perlu memberinya “minum” setiap hari. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah seminggu sekali.

Pilih tanaman yang tepat

Jika kamu masih tergolong pemula dalam hobi bertanam, coba pilih tanaman yang tepat. Artinya, hindari tanaman yang terlalu rumit perawatannya. Masalahnya, jika kamu belum terbiasa, ada kemungkinan kamu gagal dalam proses perawatannya.

Apabila kamu telah gagal dalam percobaan pertama bertanam, bisa jadi kamu langsung malas dan tidak melanjutkan hobi tersebut. Maka itu, cobalah untuk memilih tanaman yang tergolong mudah dalam perawatannya.

Ada beberapa contoh tanaman yang tergolong mudah perawatannya, termasuk buah tomat, paprika, bawang putih, dan sebagainya. Di samping itu ada pula tanaman bunga yang juga mudah seperti bunga matahari, bunga dahlia, bunga mawar, bunga petunia dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari beberapa tips di atas, sebenarnya menjalankan hobi bertanam bukan hal yang sulit. Oleh sebab itu, jika kamu penasaran, jangan ragu untuk mencobanya dengan menerapkan tips bertanam di atas, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Hal yang Harus Diketahui Ketika Memulai Hobi Bertanam