Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Cara Memaksimalkan Halaman Rumah yang Mungil
Gaya Hidup

4 Cara Memaksimalkan Halaman Rumah yang Mungil

2023.04.05

Memiliki halaman rumah yang luas mungkin menjadi keinginan sebagian besar orang. Apalagi jika kamu suka menghabiskan waktu di halaman rumah seperti berkebun atau sekadar duduk-duduk santai di teras rumah. Sayangnya, tidak semua rumah memiliki space yang cukup luas untuk dimanfaatkan sebagai halaman. Akan tetapi, bukan berarti hal ini tidak bisa disiasati. Ini artinya, jika halaman rumah kamu sempit, kamu tetap bisa melakukan beberapa cara untuk memaksimalkan penggunaannya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur space ruangan kecil ini menjadi halaman rumah yang nyaman untuk kamu dan keluarga:

Hiasi dengan tanaman

Salah satu daya tarik yang juga bisa membuat halaman rumah kamu terasa nyaman adalah tanaman. Carilah tanaman seperti bunga yang memiliki warna cerah dan indah. Kamu juga boleh menghias halaman rumah dengan tanaman yang memang kamu sukai. Tak hanya itu saja, kamu pun bisa menanam pohon buah di halaman rumah yang terasa sempit tersebut. Akan tetapi, pastikan bahwa kamu memilih pohon buah yang tepat, pasalnya jika terlalu besar, pohon buah itu justru dapat membuat halaman rumah semakin terasa sempit. Sebenarnya, pilihan tanaman untuk menghias halaman rumah yang sempit itu bisa disesuaikan dengan selera yang kamu miliki. Tidak ada patokan khusus mengenai tanaman yang pas untuk diletakkan di halaman. Hal yang terpenting, kamu bisa merasa nyaman jika sedang berada di sana.

Memilih furnitur dengan tepat

Jika kamu masih ingin meletakkan furnitur berupa meja dan kursi untuk diletakkan di teras atau halaman rumah dengan lahan yang tidak begitu luas, kamu perlu memilih furnitur dengan tepat. Masalahnya, furnitur yang berukuran besar justru hanya akan menambah sempit halaman tersebut. Lebih baik, pilih furnitur yang berukuran kecil tetapi tetap nyaman jika digunakan sebagai tempat duduk. Selain itu, padukan dengan suasana halaman rumah kamu. Jika ada tanaman, padukan warna dan bentuk furnitur dengan tanaman yang ada di halaman.

Memilih furnitur yang salah hanya akan menimbulkan rasa tak nyaman untuk kamu dan keluarga saat berada di halaman rumah. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Memangkas tanaman yang terlalu rimbun

Memiliki banyak tumbuhan dan tanaman di rumah memang membuat suasana menjadi lebih sejuk. Namun, bayangkan jika halaman rumah kamu sempit dan terdapat banyak pohon rimbun di sana. Bukankah hal tersebut hanya akan membuat halaman rumah menjadi terasa semakin sempit dan suasananya menjadi lebih gelap dan tak nyaman?

Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan halaman rumah yang tidak terlalu luas adalah memangkas tanaman atau tumbuhan yang sudah terlalu rimbun. Misalnya, memangkas daun-daun yang sudah mulai menjuntai dan mengganggu pemandangan.

Dengan memangkasnya, kamu bisa mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak di halaman rumah, sehingga suasananya lebih cerah dan menyenangkan. Akan tetapi, bukan berarti kamu disarankan untuk memangkas semua tanamannya, ya. Pangkaslah bagian yang mengganggu saja.

Membuat halaman rumah tersambung dengan bagian dalam rumah

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan penggunaan halaman rumah yang sempit adalah membuatnya nampak seperti tersambung dengan bagian dalam rumah. Nah, kamu bisa membuat lahan sempit tersebut terasa seperti ruang tamu yang berada di luar ruangan.

Kamu bisa menatanya sesuai dengan selera dan membuatnya senyaman mungkin untuk kamu dan keluarga. Kamu bisa memilih furnitur dengan nuansa yang mirip dengan bagian dalam rumah. Hal ini tentu membuat lahan sempit tersebut terasa lebih luas.

Nah, kini kamu tidak perlu khawatir lagi kan dengan halaman rumah yang sempit? Selama kamu bisa menyiasatinya, pasti halaman tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik dan sesuai keinginan.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Cara Memaksimalkan Halaman Rumah yang Mungil