Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami

7 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Berpuasa

2020.04.16

Sebenarnya, berpuasa satu bulan penuh bukan menjadi alasan yang tepat bagi kamu untuk bermalas-malasan. Namun, tidak bisa dipungkiri juga bahwa kamu membutuhkan energi ekstra untuk tetap aktif berkegiatan meski sedang melaksanakan ibadah puasa. Tenang, ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan agar kamu tetap semangat bekerja dan beraktivitas di bulan puasa. Apa saja ya, kira-kira?

Tarik napas dalam-dalam

Meski terdengar aneh, tapi menarik napas dalam-dalam bisa menjadi salah satu tips paling mudah sebagai cara hilangkan stres karena pekerjaan di bulan puasa. Tarik napas sedalam-dalamnya, dan biarkan darahmu terpompa ke seluruh bagian tubuh. Hal ini akan membuatmu merasa lebih berenergi dan lebih kuat menjalani puasa Ramadhan.

Tidur siang

Jika di hari biasa kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat siang di kantor dengan makan siang, saat bulan puasa kamu bisa memanfaatkannya untuk tidur siang. Biasanya, waktu istirahat yang diberikan oleh kantor adalah satu jam. Satu jam adalah waktu yang sangat cukup untuk mengistirahatkan tubuh sejenak. Bisa dijamin, energi akan terisi kembali saat bangun dari tidur siang.

Fokus pada pekerjaan

Kamu mungkin akan mudah merasa stres jika fokus pada perut lapar saat puasa di tempat kerja. Namun, rasanya akan berbeda jika kamu fokus pada pekerjaanmu. Salah satu cara mengurangi stres adalah menghadapinya. Kalau pekerjaan menumpuk membuatmu stres, cari cara untuk menyelesaikannya. Saat fokus bekerja, waktu tidak akan terasa berlalu. Bisa-bisa, saat pekerjaanmu selesai, tanpa kamu sadari, sudah waktunya berbuka puasa.

Gunakan energi dengan bijak

Salah satu cara mengurangi lelah setelah bekerja adalah menggunakan energi dengan bijak. Kamu mungkin sudah selesai bekerja, tapi belum tentu kamu sudah bisa berbuka puasa. Jika kamu bisa pulang dari kantor lebih awal dan berbuka puasa di rumah, jangan terburu-buru untuk menghabiskan energimu. Simpan energimu dan gunakan dengan bijak agar tidak mudah merasa lelah di bulan puasa.

Berbincang dengan rekan kerja

Agar tidak terlalu stres, kamu juga bisa mengobrol dengan rekan kerjamu. Tidak perlu membicarakan yang serius, kamu boleh membicarakan apa saja. Usahakan untuk membicarakan hal-hal yang menyenangkan. Tujuannya, agar kamu bisa meningkatkan energi dan kembali bekerja dengan lebih semangat lagi. Namun, pastikan kamu tidak bergosip ya, karena nanti bisa mengurangi pahala puasamu.

Perbanyak bergerak

Jika kamu pegawai kantoran yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, kamu akan mudah merasa lelah dan stres jika tidak bergerak. Biasanya, saat tidak puasa, kamu mungkin akan bolak-balik mengambil air dan pergi ke kamar mandi.

Namun, hal ini tentu tidak kamu lakukan saat berpuasa. Agar tubuh tetap bergerak dan tidak terus-menerus diam di depan layar komputer, perbanyak menggerakkan tubuh. Kamu bisa pergi berjalan keliling kantor setiap 30 menit sekali agar tubuh tidak kaku dan lelah.

Lakukan hal yang disenangi

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat berpuasa adalah melakukan hal-hal yang kamu sukai. Kamu bisa melakukannya sebagai selingan di tempat kerja. Sebagai contoh mendengarkan musik, menggambar, dan sebagainya. Tidak ada salahnya berhenti sejenak dari pekerjaan dan melakukan hal lain demi mengembalikan semangatmu dalam bekerja.

Dari berbagai tips di atas, seharusnya kamu sudah tidak perlu khawatir lagi akan demotivasi dalam bekerja di bulan puasa nanti. Lakukan ibadah puasa dengan ikhlas dan pekerjaan dengan bahagia.