Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Makanan Manis yang Cocok untuk Berbuka Puasa
Gaya Hidup

6 Makanan Manis yang Cocok untuk Berbuka Puasa

2020.05.06

Sebagian besar orang yang menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan senang membatalkan puasanya dengan makan atau minum yang manis. Ya, memang enak rasanya jika minum atau makan yang manis setelah seharian menahan lapar dan haus. Bahkan, tidak sedikit yang lebih memilih makan makanan manis untuk berbuka dibanding makanan berat. Apa saja sih makanan manis yang cocok untuk takjil berbuka puasa?

Kurma

Buah kurma merupakan makanan manis yang banyak digemari sebagai takjil untuk berbuka puasa. Makanan ini tergolong manis tapi ringan, sehingga membantu mengisi perut terlebih dahulu tanpa memberikan rasa kenyang yang berlebihan.

Buah kurma ini memiliki kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa tapi kalorinya tergolong rendah. Dengan kandungan ini, buah kurma bisa mengembalikan energi kamu yang sempat hilang saat berpuasa.

Kolak

Buat kamu yang belum tahu, kolak adalah salah satu makanan wajib berbuka puasa. Makanan manis yang satu ini berkuah santan dan gula aren. Isinya bisa bervariasi, tergantung selera. Ada kolak pisang, kolak ubi, dan kolak sing kong.

Kolak bisa kamu santap selagi hangat, tapi juga nikmat dimakan saat dingin. Kalau kamu membuat kolak sendiri, kamu bisa menambahkan isi-isi lain sesuai selera kamu. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan kolang-kaling yang menambah nikmat kolak bikinanmu.

Es buah

Siapa sih yang tidak suka makan buah? Apalagi jika disajikan dengan kuah sirup atau susu yang menambah kenikmatan. Es buah biasanya berisi buah-buahan segar seperti semangka, melon, jeruk, pepaya, dan berbagai jenis buah lainnya.

Kuahnya bisa disesuaikan dengan kesukaan kamu. Bisa sirup saja, sirup dengan susu, atau bahkan air susu juga sudah cukup nikmat. Makanan wajib berbuka puasa yang satu ini paling enak disantap saat dingin.

Es kelapa muda

Es kelapa muda adalah pilihan yang juga tidak kalah menarik sebagai takjil berbuka puasa. Bagaimana tidak, minuman segar satu ini juga bisa dikreasikan dengan menambah gula aren, nata de coco, hingga susu kental manis untuk menambah nikmat rasanya.

Saat bulan Ramadhan, es kelapa muda atau es degan ini dijamin bisa ditemukan di mana saja. Kesegarannya memang terkenal mampu melepaskan dahaga selepas menahannya seharian.

Jajanan pasar

Bukan hanya es yang segar dan nikmat, jajanan pasar juga salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Ada banyak varian jajan pasar yang bisa kamu nikmati, mulai dari kue kukus, kue lumpur, putu ayu, ongol-ongol, dan masih banyak lagi pilihannya.

Jajanan pasar ini juga cukup mengenyangkan, sehingga bisa membuatmu bertahan tidak makan berat hingga selesai ibadah tarawih. Cukup mengonsumsi 2-3 jenis jajanan pasar, kamu pasti sudah cukup merasa kenyang.

Teh manis

Meski terlihat sederhana, teh manis adalah salah satu menu yang tidak pernah ketinggalan disajikan menjelang berbuka puasa. Bahkan, banyak orang yang lebih memilih minum teh manis dibanding air putih. Padahal, secara logika, air putih tentu lebih sehat.

Teh manis adalah pelengkap saat membatalkan puasa dan bisa disajikan saat panas maupun dingin. Jika tidak sempat membeli atau menyiapkan takjil seperti es buah dan kolak, teh manis saja sudah cukup menyegarkan.

Makanan manis memang menjadi pilihan tepat untuk membatalkan puasa. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya di luar. Namun, pastikan kamu membeli takjil untuk berbuka puasa di tempat yang terjamin kebersihannya, ya.

Daftar Konsultasi Gratis