Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Cara Memaksimalkan Belajar Online di Rumah
Gaya Hidup

4 Cara Memaksimalkan Belajar Online di Rumah

2020.08.04

Pandemi yang terjadi belakangan ini memang sedikit banyak menghambat aktivitas harian kamu. Untungnya, teknologi yang semakin berkembang membantu kamu dan sebagian besar orang untuk tetap menjalani aktivitasnya secara daring atau online.

Mulai dari bekerja hingga belajar, semuanya kini sudah bisa dilakukan tanpa harus tatap muka. Sehingga, kamu bisa tetap di rumah saja meski harus menjalani aktivitas sehari-hari layaknya saat masih bisa bebas pergi ke luar rumah. Namun, sebagian orang mungkin masih belum terbiasa melakukan aktivitas belajar secara online. Jika tidak segera disiasati, hal ini tentu mengganggu proses belajar mengajar. Apabila kamu salah satu dari sekian banyak orang yang merasa kesulitan untuk belajar online, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan belajar online saat di rumah saja. Apa saja? Yuk, simak di artikel berikut ini, ya.

Dalam menghadapi pandemi yang terjadi belakangan ini, kamu mungkin harus rela melakukan segala aktivitas di dalam rumah, salah satunya adalah belajar. Ya, dengan kecanggihan teknologi, kamu masih bisa belajar secara online.

Namun, melakukannya setiap hari mungkin membuat belajar online menjadi kurang maksimal. Bahkan, mungkin saja kamu memang belum menemukan ‘celah’ yang tepat agar belajar online lebih maksimal. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan belajar online, seperti berikut ini.

Tentukan space khusus untuk belajar

Selama di rumah saja, semua anggota keluarga mungkin juga “terpaksa” melakukan aktivitas masing-masing di rumah. Ada yang harus bekerja dan belajar dari rumah. Agar tidak saling mengganggu satu sama lain, kamu harus menentukan ruang khusus untuk belajar online.

Pasalnya, jika kamu dan anggota keluarga lain sama-sama melakukan aktivitas itu di dalam ruang yang sama, bisa saja keberadaan satu sama lain justru mengganggu. Pastikan bahwa space khusus ini membuatmu nyaman untuk belajar dalam waktu yang cukup lama.

Jika perlu, jadikan space itu sebagai tempat belajarmu setiap hari. Beri tahu anggota keluarga lainnya agar tidak saling mengganggu gugat lokasi belajar atau bekerja masing-masing.

Atur waktu dengan baik

Selama kewajiban belajar online dari rumah masih harus kamu lakukan, siasati dengan time management yang baik. Tentukan waktu belajarmu, misalnya dari jam sembilan pagi hingga jam tiga sore.

Usahakan untuk menggunakan waktu yang telah kamu tentukan dengan baik. Jika perlu, hindari aktivitas lain yang berpotensi mengalihkan perhatianmu dari belajar. Hal ini disebabkan, jika kamu mudah terdistraksi dengan berbagai hal lain, yang ada kamu malah tidak fokus belajar.

Saat itu, kamu hanya membuang-buang waktu saja. Jadi, belajar yang seharusnya sudah selesai secara maksimal pada pukul tiga sore, bisa-bisa belum selesai hingga malam. Bijak mengatur waktu juga memberikan kamu waktu istirahat dan melakukan aktivitas lain setelah selesai belajar online dengan maksimal.

Disiplin

Sebenarnya, hal ini masih berkaitan dengan time management. Hal ini disebabkan kamu mungkin tidak bisa mengikuti jadwal yang sudah kamu tentukan jika tidak didampingi dengan kedisiplinan.

Cobalah untuk disiplin kepada dirimu sendiri, khususnya saat belajar online. Sebagai contoh, jauhkan ponsel pintarmu saat sedang belajar. Lalu, tentukan target yang harus diselesaikan sebelum kamu istirahat dan makan di tengah belajar. Artinya, kamu tidak akan memperbolehkan diri kamu untuk beristirahat jika target tersebut belum kamu capai.

Jaga komunikasi dengan pengajar dan teman belajar

Meski belajar online di rumah masing-masing, bukan berarti kamu tidak bisa bertanya kepada pengajar. Ya, jika ada hal yang kurang jelas atau tidak dapat kamu mengerti, jangan malu untuk bertanya kepada pengajar.

Bahkan, saat kelas online sedang berlangsung, jangan malu-malu untuk bertanya. Justru, gunakan kesempatan itu untuk berkomunikasi dengan pengajar dan teman lainnya. Dengan begitu, kamu juga bisa mengurangi rasa bosan saat belajar online di rumah.

Kamu juga bisa kok berkomunikasi dengan teman di luar kelas online. Hubungi teman-temanmu dan ajak mereka berdiskusi mengenai proses belajar mengajar. Kamu mungkin mendapatkan sudut pandang baru dari topik yang sedang dipelajari bersama.

Belajar online setiap hari selama berbulan-bulan mungkin membuatmu mudah merasa bosan dan kehilangan motivasi. Namun, jangan pernah menyerah dan praktekkan cara ampuh yang telah disebutkan di atas agar hasil belajar online bisa lebih maksimal.

Daftar Konsultasi Gratis

Belajar Online di Rumah