Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Karir & Bisnis

Cara Menggunakan Preposisi On, In dan At yang Benar

2019.12.26

Preposition atau preposisi adalah kata penghubung yang biasanya digunakan untuk menerangkan arah, waktu, tempat, dan posisi serta masih banyak lagi. Preposisi yang paling sering digunakan dalam berbagai kalimat adalah “on”, “in”, dan “at”. Ketiga preposisi ini bisa digunakan untuk menjelaskan arah, waktu, tempat, dan posisi. Lalu, bagaimana penggunaan on, in, dan at yang benar?

Penggunaan “on” yang benar

Preposition yang satu ini dapat digunakan untuk menjelaskan waktu dan tempat. Dalam menjelaskan waktu, preposisi ini digunakan saat kamu ingin memberi keterangan hari yang spesifik. Contoh penggunaan preposition ini adalah, misalnya, “I usually walk to work on Mondays.”

Sementara itu, dalam menerangkan tempat, “on” digunakan untuk menjelaskan subjek yang berada di atas suatu tempat, baik tempat yang besar maupun kecil. Misalnya, “on” bisa digunakan untuk, “We played soccer on the field.” Kalimat tersebut menunjukkan orang tersebut bermain sepak bola di lapangan. Namun, karena ia berpijak pada tanah dilapangan tersebut dan secara harafiah berada di atasnya, maka ia menggunakan “on”.

Preposisi ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan lokasi suatu benda yang berada di atas permukaan tempat, misalnya, “the glass is on the table,” yang menjelaskan bahwa gelas berada di atas meja.

Meski sama-sama menjelaskan lokasi “di atas” permukaan, namun “on” tidak sama dengan “above”. Perbedaan “on” dan “above” adalah “on” menjelaskan suatu benda yang berada di suatu bagian dalam sebuah permukaan. Sementara “above” menjelaskan sesuatu yang terletak di atas tempat yang lebih

tinggi.

Penggunaan “in” yang benar

Sementara itu, “in” juga bisa digunakan untuk menjelaskan keterangan tempat dan waktu. Biasanya, dalam menerangkan waktu, “in” digunakan untuk menjelaskan bulan. Misalnya, “I was born in November,” atau, “He left for school in September.” Selain untuk menjelaskan tentang bulan dalam setiap tahun, cara menggunakan preposition ini adalah dengan menerangkan musim. Contohnya, “I like eating ice cream in Summer,” atau, “He enjoys skiing in Winter.”

Tidak hanya itu, preposition ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan keterangan waktu setiap harinya. Misalnya, “I eat breakfast in the morning,” atau, “I come home in the afternoon.” Namun, ada pengecualian dalam konteks ini. Di mana dalam menjelaskan keterangan waktu di malam hari, kamu tidak bisa menggunakan preposisi ini, melainkan preposisi “at”.

Sementara itu, dalam menerangkan tempat, “in” digunakan untuk menjelaskan suatu lokasi yang berarti “di dalam”. Preposisi yang satu ini biasanya digunakan untuk menjelaskan keberadaan seseorang atau suatu lokasi tempat dalam konteks geografis. Misalnya, “He lives in New York now,” atau, “The campus is located in Singapore.”

Penggunaan “at” yang benar

Tujuan dari preposition yang satu ini adalah menerangkan tempat dan waktu yang lebih spesifik. Misalnya, dalam menerangkan waktu, “at” digunakan untuk menjelaskan suatu hari dengan jam yang sudah pasti. Contohnya, “I have a meeting at 7 a.m.” Hal ini juga terjadi pada saat “at” digunakan untuk menerangkan suatu tempat atau lokasi. “At” akan menjelaskan tempat yang sudah spesifik, bukan hanya sekedar negara atau kota. Misalnya, “Let’s meet mother at the hotel,” atau, “I work at a school as a teacher.”

Jadi, bagaimana, sudah paham kan perbedaan dari ketiga preposisi ini? Cari tahu perbedaannya melalui contoh-contoh kalimat lain yang bisa kamu pelajari.

Daftar Konsultasi Gratis