Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
 Perbedaan Past dan Present Participle
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Past dan Present Participle

2021.07.08

Pernahkah kamu mendengar istilah past participle dan present participle? Nah, dalam bahasa Inggris, participle adalah kata kerja yang bisa kamu fungsikan sebagai kata sifat atau bagian dari frasa kata kerja. Ini artinya, saat kamu menemukan participle dalam sebuah kalimat, bisa jadi ia sedang "tidak berperan" sebagai verb atau kata kerja, melainkan sebagai kata sifat. Participle sendiri terbagi atas beberapa jenis, termasuk past participle dan present participle. Keduanya cukup berbeda digunakan pada waktu yang berbeda pula. Artikel berikut ini akan membahas secara lengkap perbedaan antara keduanya. Agar kamu lebih paham, simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk!

Past participle

Past participle adalah kata kerja yang bisa kamu gunakan saat ingin membuat kalimat pasif atau passive voice atau saat membuat kalimat dalam perfect tenses. Dalam bahasa Inggris, untuk mengubah kata kerja dasar atau infinitive verb menjadi past participle, kamu perlu memberi imbuhan -ed pada regular verbs. Sementara itu, bentuk past participle untuk irregular verbs biasanya berakhiran -en, -t, dan lain sebagainya. Nah, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, past participle tidak hanya bisa kamu gunakan sebagai kata kerja, tetapi juga kata sifat, dan berbagai fungsi lainnya. Agar lebih mudah memahami bagaimana cara penggunaan past participle yang tepat di dalam kalimat, kamu bisa memperhatikan beberapa contoh berikut ini.

Sebagai kata kerja dalam perfect tenses

Dalam perfect tenses, termasuk present perfect, past perfect, future perfect, dan past future perfect, kata kerja yang digunakan adalah bentuk ketiga, yaitu V3 atau dikenal juga sebagai past participle. Oleh sebab itu, salah satu penggunaan past participle adalah saat kamu hendak membuat kalimat dalam jenis-jenis tenses tersebut. Berikut adalah contoh penggunaan past participle dalam masing-masing tenses:

Present perfect tense:

He has played badminton.

She has eaten breakfast.

Past perfect tense

I had watched a football match before you came.

Karina had slept when mother stepped into her room.

Future perfect:

I will have eaten lunch by that time tomorrow.

Mom will have slept when you come home tomorrow.

Past future perfect tense:

I should have taken a bath this morning.

You should have slept earlier last night.

Sebagai kata kerja dalam passive voice

Kamu juga bisa menggunakan past participle dalam passive voice atau kalimat pasif. Pada jenis kalimat ini, alih-alih melakukan sebuah tindakan, subjek justru menerima tindakan dari kata kerja. Nah, kata kerja yang digunakan dalam jenis kalimat ini adalah past participle. Berikut adalah contoh penggunaan past participle dalam passive voice:

A movie is being watched.

A pair of shoes was worn by me.

He is kicked by his friend.

Pada beberapa contoh tersebut, “a movie”, “a pair of shoes”, dan “he” adalah subjek yang mendapat perlakukan dari kata kerja yang digunakan pada masing-masing kalimat tersebut.

Sebagai kata sifat

Past participle tak selalu berfungsi sebagai kata kerja, tetapi juga bisa kamu gunakan sebagai kata sifat. Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan past participle sebagai kata sifat:

He bought a used car yesterday.

I am wearing a washed shirt today.

Pada kedua contoh kalimat tersebut, kata “used” dan “washed” melekat pada kata benda “car” dan “shirt” untuk memberikan sifat kepada kata benda tersebut.

Present participle

Jika kamu sudah memahami fungsi dan contoh dari penggunaan past participle, kini saatnya kamu mempelajari tentang fungsi dan contoh penggunaan present participle.

Present participle kamu gunakan saat ingin menjelaskan suatu kegiatan yang sedang kamu lakukan secara aktif. Jenis participle yang satu ini adalah kata kerja dasar yang kamu beri imbuhan -ing (v+ing). Berikut adalah contoh penggunaan present participle dalam kalimat:

Sebagai kata kerja pada progressive tenses

Dalam tenses progresif seperti past progressive, present progressive, present perfect progressive, past perfect progressive, future progressive, future perfect progressive, past future progressive, dan past future perfect progressive, kamu akan menggunakan present participle sebagai kata kerja.

Past progressive:

I was eating lunch when you called.

Past perfect progressive:

I had been eating lunch when you called.

Present progressive:

I am eating lunch.

Present perfect progressive:

I have been eating lunch.

Future progressive:

I will be eating lunch tomorrow.

Future perfect progressive:

I will have been eating lunch for a while tomorrow.

Past future progressive:

I should be eating lunch.

Past future perfect progressive:

I should have been eating lunch for a while tomorrow. 

Sebagai gerund:

Gerund adalah kata kerja berimbuhan -ing yang berfungsi sebagai kata benda dalam sebuah kalimat. Contohnya:

My hobby is swimming.

Watching movies is fun.

Sebagai kata sifat:

Sama halnya dengan past participle, kamu juga bisa menggunakan present participle sebagai kata sifat. Contohnya:

He decided to join the swimming team.

She has to use her walking cane everywhere she goes.

Dengan membaca berbagai contoh penggunaan past dan present participle, kamu sudah tidak perlu kebingungan lagi untuk menggunakan keduanya. Kini, kamu sudah tahu kan bagaimana penggunaannya yang tepat?

Daftar Konsultasi Gratis

 Perbedaan Past dan Present Participle