1500-003

Bosan Dengan Kota Jakarta? Ini 4 Wisata yang Bisa Kamu Kunjungi di Sekitar Jakarta

Jakarta memang kota yang serba ada. Kamu akan merasa nyaman berada di dalamnya selama kebutuhanmu terpenuhi. Tapi, tidak jarang juga, hiruk-pikuk ibukota Indonesia membuatmu penat dan ingin mencari suasana baru—yang tidak mudah ditemukan di Jakarta. Apalagi, jika kamu memiliki agenda kegiatan yang begitu menumpuk seperti bekerja, belajar, les bahasa Inggris, atau berbagai kegiatan lainnya. Tentu kamu akan membutuhkan liburan singkat. Tidak perlu muluk-muluk, kamu bisa melakukan perjalanan singkat ke sekitar Jakarta untuk berlibur sejenak. Ke mana saja, ya?

Banten

Tidak terlalu jauh dari kota Jakarta, Banten adalah salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan jika kamu orang Jakarta. Di sana, kamu bisa mengunjungi pantai-pantai eksotis, atau Taman Nasional Ujung Kulon, yang merupakan rumah dari sejumlah spesies flora dan fauna yang telah terancam punah.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi tempat tinggal suku Baduy yang berada di kabupaten Lebak, di Banten. Suku ini adalah salah satu suku yang menjaga kelestarian budayanya dan menutup akses ke modernitas. Ada juga museum Benteng Heritage yang juga tak kalah menarik untuk kamu yang suka dengan sejarah. 

Sukabumi

Perjalanan dari Jakarta ke salah satu kota di Jawa Barat ini hanya memakan waktu kurang lebih lima jam perjalanan. Kamu bisa berangkat pagi hari agar sampai di Sukabumi tepat waktu. Di kota ini, ada banyak wisata air terjun yang dapat menyegarkan kembali pikiranmu. Tidak hanya itu, Sukabumi juga memiliki
perkebunan teh yang tak kalah seru untuk dijelajahi.

Selain wisata air terjun, ada juga wisata alam lain yaitu Glamping, di mana kamu bisa berkemah di suatu lahan yang luas penuh dengan rerumputan hijau dan pemandangan alam yang menakjubkan. Belum lagi, kamu juga bisa menikmati olahraga arung jeram di sana. Hampir mirip dengan puncak di Bogor, di sana ada banyak vila yang juga bisa kamu sewa bersama teman atau keluarga, lho. 

Bogor

Mungkin Bogor sudah menjadi destinasi yang cukup familiar bagi warga Jakarta karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Ibukota. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi di Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Kebun ini adalah taman botani tertua yang ada di Asia Tenggara. Di sana kamu bisa melihat 14.000 spesimen pohon. Tidak hanya itu, kamu juga bisa kok merasakan budaya dan tradisi warga Bogor dengan menghadiri Festival Kebudayaan bernama Festival Seren Taun yang dirayakan oleh masyarakat Sunda di Bogor.

Selain itu, jika kamu suka berpetualang, mendaki gunung Gede-Pangrango juga bisa didaki dari kota Bogor. Gunung ini melintasi tiga kota sekaligus, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Jika tidak ingin terlalu jauh, kamu bisa memulai pendakianmu dari kota Bogor. 

Pulau Seribu

Kepulauan Seribu merujuk kepada gugusan pulau-pulau yang letaknya tak jauh dari Jakarta. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati pemandangan bawah laut, karena kamu bisa mendapatkannya di Pulau Seribu. Selain itu, ada berbagai macam akomodasi yang bisa kamu pilih di sana mulai dari vila-vila yang dikelola oleh warga setempat hingga pulau pribadi! Salah satu pulau terdekat yang hanya berjarak 30 menit dari Ancol, Jakarta adalah pulau Ayer. Di sana, kamu bisa menikmati wisata laut atau bahkan hanya staycation
bersama pasangan, keluarga, atau teman.

Tidak hanya wisata air, di Pulau Seribu, kamu juga bisa mendatangi situs sejarah peninggalan Belanda di pulau Kelor, Pulau Onrust, dan pulau Cipir. Di sana kamu akan menemukan menara benteng, makam, barak, bahkan rumah sakit tua yang sayang jika dilewatkan. Tidak hanya itu, ada banyak pulau-pulau lain yang bisa kamu pilih sebagai destinasi wisata.

Selain tempat-tempat wisata di atas, ada banyak kota-kota lain di sekitar Jakarta yang bisa dikunjungi dalam satu hari, seperti Cirebon atau Bandung. Jadi, sekarang kamu tahu kan harus pergi ke mana kalau sudah bosan jalan-jalan di kota Jakarta?

Coba Kelas Pertama Gratis