Bisakah Kursus Bahasa Inggris 1 Bulan Lancar?

 

 

Bisakah kursus Bahasa Inggris 1 bulan lancar? Tentu saja bisa! Ikuti kursus Bahasa Inggris intensif. Namun, tidak semua lembaga kursus Bahasa Inggris menyediakan program intensif 1 bulan semacam ini. Rata-rata mereka menawarkan program 3 bulan atau 6 bulan. Program semacam ini biasanya mengharuskan anda masuk setiap hari dan mengedepankan kemampuan speaking. Anda hanya perlu dibekali keterampilan tata bahasa dasar, penguasaan kosa kata sehari-hari, kemudian langsung praktik berbicara Bahasa Inggris. 

 

Di kota-kota besar ada banyak lembaga kursus Bahasa Inggris yang menawarkan program 1 bulan lancar berbahasa Inggris dengan mendatangkan tutor asing. Tidak semua tutor itu native speaker, contohnya tutor bisa saja berasal dari Jerman atau Finlandia tetapi mereka memiliki kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang sepadan dengan penutur asli. Apakah program seperti ini mahal? Mahal itu relatif. 

 

Sistem Asrama

Sebuah program intensif tentu saja memerlukan perhatian ekstra dari para tutor atau pengajar. Juga, anda harus menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi sepanjang hari. Sebaiknya gunakan Bahasa Inggris di dalam maupun luar lingkungan kursus. Untuk itulah ada banyak lembaga yang menawarkan kursus Bahasa Inggris dengan sistem asrama. Belakangan banyak pula yang meniru sistem ini dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta program. Di dalam asrama bahasa yang digunakan harus Bahasa Inggris. Dengan demikian, kemampuan anda berbicara Bahasa Inggris akan berkembang sangat pesat. 

 

Berani dan Tidak Malu

Kedua hal ini adalah syarat wajib yang harus anda penuhi saat mengikuti program intensif lancar berbicara Bahasa Inggris dalam 1 bulan. Anda harus berani, karena jika tidak berani bersuara di dalam kelas, tidak berani memulai obrolan dengan partner atau teman sekamar, jangan harap anda pandai berbahasa Inggris. Tidak malu adalah syarat lainnya. Tidak perlu malu jika di awal program anda sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali. Karena anda tidak bisa, maka anda mengikuti program ini. Jika anda sudah bisa, anda tidak akan malu atau takut jika bahasa Inggris anda belepotan. Semakin sering anda berbicara, semakin mudah anda memulai pembicaraan, tidak ada lagi kata malu.

 

Gunakan Kalimat Sederhana

Baby step. Anda pernah dengar itu? Berbicaralah sedikit demi sedikit, gunakan kata-kata sederhana, juga kalimat yang pendek-pendek. Jika di lembaga kursus anda mendapatkan tutor native speaker, anda bisa memintanya untuk menggunakan kalimat yang sederhana, juga berbicara perlahan-lahan. Melangkahlah seperti bayi saat belajar berjalan. Pada awalnya anda akan tertatih-tatih, terjatuh, dan bahkan mungkin merasa putus asa. Perlahan namun pasti anda akan menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Tentu saja itu butuh waktu. Rasanya 1 bulan sangat kurang jika anda ingin level berbicara Bahasa Inggris sekelas native speaker, namun 1 bulan cukup untuk membuat anda lancar berbicara. 

 

Kuasai Speaking, Lalu Grammar

Karena fokus anda adalah speaking atau pandai berbicara Bahasa Inggris, maka kesampingkan dulu penguasaan keterampilan Grammar atau tata bahasa. Saat berbicara dalam Bahasa Inggris, hal yang penting adalah lawan bicara anda paham dengan apa yang anda katakan, begitu juga sebaliknya. Jikapun tata bahasa anda salah, mereka tidak akan mengoreksi anda. Perlu anda tahu, bahkan seorang native speaker pun bisa saja salah tata bahasanya saat berbicara. Misal, "She speaks in English"  diucapkan "She speak in English". 

 

Grammar bisa anda kuasai perlahan-lahan. Anda butuh waktu, karena ada banyak sekali peraturan-peraturan dalam Bahasa Inggris yang harus anda ingat, terutama soal tenses. Jika anda ingin mahir berbicara dalam Bahasa Inggris namun terpaku pada Grammar, maka waktu 1 bulan tentu saja kurang. 

 

Pilih Lembaga Kursus Terpercaya

Ini faktor paling menentukan apakah anda bisa lancar berbahasa Inggris dalam waktu 1 bulan saja atau tidak. Pilih lembaga kursus Bahasa Inggris terpercaya yang sudah membuktikan mereka mampu membantu banyak orang berbahasa Inggris. Bertanyalah kepada teman-teman lembaga apa yang sudah terbukti berkualitas dan banyak orang yang bisa berbahasa Inggris setelah belajar dari sana. Cari referensi di internet dan tanyakan langsung kepada lembaga yang bersangkutan metode apa yang mereka tawarkan dalam proses pembelajaran. Sebuah lembaga terpercaya biasanya memiliki metode yang menarik dan tidak membosankan, karena mereka sudah berpengalaman serta didukung oleh tenaga pengajar atau tutor yang berkualitas. 

 

Jika memungkinkan, pilih lembaga kursus Bahasa Inggris yang memiliki tutor "native speaker" Ini bagus untuk melatih kepercayaan diri anda sehingga nantinya jika anda diharuskan berkomunikasi dengan orang asing, anda tidak akan minder, takut ataupun malu. Selain itu, tutor native speaker akan sangat membantu keterampilan "listening" anda karena "pronunciation" atau lafal mereka lebih bagus.  

 

Terus Gunakan Bahasa Inggris 

Ketika anda sudah mulai lancar berbahasa Inggris, maka selanjutnya anda harus cari partner atau mitra yang mau anda ajak mengobrol dalam Bahasa Inggris. Hal ini penting untuk semakin melancarkan kemampuan "speaking”anda, juga menjaga agar apa yang sudah anda pelajari selama 1 bulan belakangan tidak lekas hilang. Jika sudah punya ilmunya, maka teruslah gunakan, praktikkan!

 

 

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut