Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Hindari Ini Saat Berkomunikasi Dengan Orang Asing
Gaya Hidup

Hindari Ini Saat Berkomunikasi Dengan Orang Asing

2018.10.15

Liburan ke luar negeri tentu jadi impian banyak orang. Meski membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dengan berlibur ke luar negeri, kamu bisa menemukan berbagai budaya atau kultur baru yang menarik untuk dipelajari. Selain itu, saat berlibur ke luar negeri kamu juga akan ketemu dengan banyak orang asing yang menggunakan bahasa asing. Saat berada di luar negeri, kamu akan dituntut supaya bisa menyatu dengan orang-orang asing dengan bahasa yang mereka gunakan seperti bahasa Inggris. Tapi, sebaiknya hindari beberapa hal berikut saat berkomunikasi dengan orang asing supaya obrolan kamu jadi seru dan bisa menambah teman baru.

Malu

Mau cari teman baru, kok malu? Nah, supaya kamu bisa berkomunikasi dengan orang asing, maka kamu harus buang jauh-jauh perasaan malu. Kamu bisa memulai obrolan dengan cara menanyakan jalan atau tempat makan terdekat dari tempat tinggal kamu. Buang jauh-jauh perasaan malu karena kalau kamu malu, maka berkomunikasi dengan orang asing akan terasa lebih susah dan bisa jadi orang asing yang kamu ajak ngobrol justru risih dengan kehadiran kamu.

Takut Salah

Gak cuma harus tahan malu, saat berkomunikasi dengan orang asing kamu juga harus buang jauh-jauh perasaan takut salah. Perasaan takut salah sering menghantui kita saat liburan ke luar negeri sampai-sampai kita memilih untuk gak berkomunikasi. Meskipun bahasa Inggris kamu gak terlalu bagus, tapi bukan berarti kamu harus takut salah saat akan berkomunikasi dengan orang asing. Cobalah untuk menggunakan bahasa Inggris sebisamu karena orang asing akan berusaha memahami apa yang kamu ucapkan. Lagipula, kamu bisa menggunakan bahasa isyarat kalau sudah benar-benar kepepet, kok!

Menanyakan Hal Pribadi

Ketika kamu berusaha membangun obrolan yang seru dan mengalir dengan orang asing, usahakan agar tetap memiliki batasan saat berkomunikasi. Batasan tersebut dapat berupa pemilihan topik-topik yang layak dijadikan bahan obrolan sampai yang perlu untuk dihindari. Hindari pertanyaan-pertanyaan yang bersifat pribadi karena akan membuat lawan bicara kamu merasa tersinggung dan risih. Beberapa pertanyaan seperti pernikahan, keluarga sampai hal-hal pribadi lainnya perlu dihindari agar proses komunikasi kamu dengan orang asing tetap berjalan dengan baik.

Terlalu Kaku Dengan Daftar Pertanyaan

Kalau kamu mau cari teman baru di luar negeri,kamu tentu harus jadi orang yang asik untuk diajak ngobrol. Nah, ini seringkalijadi masalah karena kita gak punya banyak bahan obrolan untuk dibahas.Seringkali kita sudah buat daftar pertanyaan untuk ditanyakan namun justruterlalu kaku dan membuat orang tersebut merasa gak nyaman. Usahakan untukmembuat daftar pertanyaan yang tidak terlalu kaku dan cobalah untuk sedikitlebih “fun” agar orang asing yang kamu temui bisa merasa nyaman saat mengobrol dengan kamu. Beberapa pertanyaan sepertidarimana ia berasal, tempathangoutyangseru sampai berbagi cerita soal hobi bisa membuat obrolan lebihfundan mengalir. Jadi, kamu bisapunya teman baru lagi deh dari liburan yang kamu lakukan.

Menyela Pembicaraan

Gak ada orang yang suka omongannya disela saat berbicara. Begitu juga orang asing yang kamu temui saattravelingke luar negeri. Saat kamu berkomunikasi dengannya, usahakan agar tidak menyela apa yang mereka ucapkan. Menyela pembicaraan akan memberikan kesan kalau kamu orang yang kurang sopan dan bisa jadi membuat orang asing tersebut merasa kesal dengan kehadiran kamu. Oleh karena itu, lebih hati-hati saat komunikasi dengan orang asing, ya!

Punya teman baru di luar negeri tentu merupakan hal yang menyenangkan. Karena, selain kamu bisa dapat teman baru, kamu juga bisa mengenal budaya dan kultur baru yang gak ada di Indonesia sebelumnya. Tapi, jangan lupa jaga etika saat berbicara dengan orang asing, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Hindari Ini Saat Berkomunikasi Dengan Orang Asing