Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

6 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

2020.10.30

Saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris kamu mungkin pernah menggunakan singkatan atau akronim tanpa kamu sadari. Bahkan, singkatan ini mungkin terbawa dan menjadi bagian dari kebiasaan, sehingga tak jarang kamu menggunakannya meski berbicara dalam bahasa Indonesia. Apalagi, tidak sedikit orang yang akhir-akhir ini yang kerap melakukan switch code atau beralih-alih bahasa (misalnya berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu waktu secara bergantian) tanpa disadari. Bisa jadi, kamu tidak tahu bahwa singkatan yang sering kamu ucapkan tersebut sebenarnya adalah akronim atau singkatan dalam bahasa Inggris. Nah, oleh sebab itu, kamu harus mengintip berbagai daftar akronim bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan. Kira-kira, apa saja ya? Yuk simak daftar lengkapnya dalam artikel yang satu ini.

ASAP

ASAP merupakan singkatan dari as soon as possible yang jika dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai “lakukan secepat mungkin”. Biasanya, akronim bahasa Inggris ini kamu gunakan untuk menekankan bahwa kamu akan melakukan sesuatu secepat mungkin. Kamu juga bisa menggunakan singkatan ini untuk meminta agar lawan bicaramu melakukan sesuatu secepat mungkin. Misalnya, “Please come to my house, ASAP. There is someone in my backyard and I think he’s a burglar.”


FYI

Singkatan bahasa Inggris berikutnya adalah FYI yang merupakan akronim dari for your information. FYI biasanya digunakan untuk memberikan sebuah informasi yang sekiranya belum pernah diketahui oleh lawan bicara. Umumnya, informasi yang akan diberikan dianggap sebagai sesuatu yang mungkin menarik perhatian lawan bicara, tanpa mengharapkannya untuk melakukan sesuatu berkaitan dengan informasi yang diberikan.

Contoh penggunaannya adalah, “FYI, I went to his house yesterday and there was no party, which was a contradiction to what he said to us.”

RIP

Akronim yang satu ini mungkin sering kamu temukan saat ada berita duka tentang kepergian seseorang. RIP adalah singkatan dari rest in peace yang digunakan untuk mendo’akan atau menunjukkan harapan agar orang yang telah meninggal tersebut bisa beristirahat dengan tenang. Jadi, bisa dikatakan bahwa RIP adalah singkatan bahasa Inggris yang berarti do’a untuk jenazah. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai bentuk belasungkawa, misalnya, “RIP, my friend. You’ll always be in our hearts.”

VIP

Mungkin sebagian besar dari kamu tidak sadar bahwa sebenarnya kata VIP itu adalah singkatan dari very important person. Kata VIP sering dikaitkan dengan ketenaran serta kemewahan. Itu sebabnya, jika kamu sering menemukan kata VIP pada di tempat umum, itu artinya area khusus tersebut hanya diperuntukkan untuk orang-orang penting atau yang sudah melakukan reservasi terlebih dahulu.

FAQ

FAQ adalah singkatan frequently asked question dan akronim bahasa Inggris ini mungkin sering kamu temukan pada berbagai website yang kamu kunjungi. Biasanya, FAQ adalah section yang menjelaskan berbagai hal yang sering ditanyakan oleh orang kepada pemilik website.

Agar tidak perlu berulang kali menjawab pertanyaan yang sama, pihak pemilik website akan membuat section ini dengan memberikan penjelasan lebih lengkap dalam bentuk tanya-jawab. Maka itu, jika kamu sedang membuka sebuah website, cobalah untuk mengintip bagian atau section ini. Barangkali, rasa penasaran akan suatu hal yang berkaitan dengan isi website akan terjawab.

FOMO

Fear of missing out atau yang biasa disingkat sebagai FOMO merupakan suatu kondisi yang menjelaskan rasa takut akan ketinggalan sebuah trend yang banyak diikuti oleh sebagian besar orang. Agar tidak FOMO, orang sering kali memaksakan diri untuk menyukai hal yang sebenarnya tidak menarik baginya, sehingga ia tidak dikucilkan karena ketinggalan berita, informasi, dan sebagainya.
Selain enam jenis akronim bahasa Inggris yang telah disebutkan, masih banyak lagi singkatan-singkatan lain yang juga perlu kamu ketahui. Perbanyak baca untuk mencari tahu, ya.

Daftar Konsultasi Gratis

6 Singkatan dalam Bahasa Inggris yang Sering Digunakan