Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Cara Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Cara Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris

2022.02.18

Salah satu hal yang sering kali dilakukan dalam percakapan adalah menanyakan apakah lawan bicara memahami apa yang sedang kita ucapkan. Hal ini khususnya jika kita sedang menjelaskan sesuatu yang sekiranya kurang familiar bagi lawan bicara. Untuk memastikan bahwa lawan bicara mengerti apa yang kita maksud, biasanya kita akan bertanya apakah ia sudah paham atau belum. Nah, berikut ini adalah beberapa cara menanyakan paham kepada lawan bicara dalam bahasa Inggris:

Do you understand what I’m saying?

Nah, ini adalah salah satu cara untuk bertanya kepada lawan bicara jika ingin memastikan apakah ia sudah cukup paham atau belum dengan apa yang sedang kita ucapkan. Apabila diartikan secara langsung, “do you understand what I’m saying?” berarti, “Apakah kamu mengerti apa yang sedang aku katakan?” Biasanya, pertanyaan ini akan dilontarkan saat kamu mulai merasa lawan bicara terlihat kebingungan. Namun, pertanyaan ini juga bisa kamu sampaikan saat sudah selesai menjelaskan sesuatu. Selain pertanyaan ini, ada juga pertanyaan sejenis yang bisa kamu lontarkan, seperti berikut:

●        Do you know what I mean? (Apakah kamu mengerti apa yang aku maksud?)

●        Do you know what I’m saying? (Apakah kamu tahu apa yang sedang aku katakan?)

●        Do you know what I’m talking about? (Apakah kamu tahu apa pembahasan yang sedang aku bicarakan?)

Do you get my point?

Pertanyaan di atas juga bisa kamu gunakan jika ingin menanyakan paham kepada lawan bicara. Makna dari pertanyaan tersebut adalah, “Apakah kamu paham apa yang aku sampaikan?” Nah, frasa “my point” di sini biasanya berarti “inti pembicaraan” yang sedang disampaikan. Itu tandanya, pertanyaan ini paling tepat digunakan jika kamu sudah panjang lebar menjelaskan suatu hal kepada lawan bicara. Setelah menyelesaikan penjelasan tersebut, kamu bisa mengatakan, “Do you get my point?” untuk memastikan bahwa setelah memberikan penjelasan yang panjang dan mungkin rumit, lawan bicara masih memahami inti dari pembahasan yang kamu sampaikan.

Selain pertanyaan tersebut, ada pula beberapa pertanyaan sejenis yang bisa kamu gunakan di saat yang sama, seperti:

●        Do you understand? (Apakah kamu mengerti?)

●        Do you follow me? (Apakah kamu paham?)

Are you following me?

Pertanyaan yang satu ini juga bisa menjadi alternatif untuk menanyakan paham kepada lawan bicara dalam sebuah percakapan berbahasa Inggris. Pertanyaan tersebut bermakna, “Apakah kamu masih memahami apa yang aku sampaikan?” Biasanya, pertanyaan tersebut dilontarkan di tengah-tengah percakapan, sebelum kamu melanjutkan penjelasan lain. Tujuan dari menanyakannya di tengah percakapan adalah memastikan pada titik tertentu bahwa lawan bicara sudah cukup paham dengan apa yang disampaikan di awal percakapan. Jika lawan bicara sudah mengerti, kamu bisa melanjutkan kembali penjelasan yang mungkin belum selesai.

Nah, pertanyaan lain yang juga sejenis dengan “are you following me?” adalah, “are you with me?” Jika diartikan secara harfiah, pertanyaan tersebut memang, “Apakah kamu bersamaku?” Akan tetapi, dalam konteks ini, pertanyaan “are you with me?” bermakna, “Apakah kamu masih bisa memahami penjelasanku (hingga titik ini)?”

Any questions?

Dalam sebuah forum yang cukup besar, pertanyaan “Any questions?” biasanya digunakan untuk memastikan bahwa orang yang sedang diberi penjelasan sudah paham dengan penjelasan itu sendiri. Tentu saja sang pembicara tidak mungkin menanyakan satu per satu orang yang ada di forum tersebut mengenai pemahaman mereka.

Meski begitu, untuk memastikan bahwa semua orang sudah paham dengan penjelasannya, pertanyaan “Any questions?” dilontarkan. Terkadang, pertanyaan ini dilontarkan bukan untuk mengharapkan pertanyaan, tetapi untuk memastikan bahwa semua orang yang berada di forum tersebut sudah mengerti.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Cara Menanyakan Paham dalam Bahasa Inggris