Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Singkatan Bahasa Inggris yang Sering Digunakan di Percakapan
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Singkatan Bahasa Inggris yang Sering Digunakan di Percakapan

2020.09.04

Menggunakan singkatan dalam bahasa Inggris mungkin bukan hal baru lagi buat kamu. Bahkan, bisa saja singkatan-singkatan tersebut juga kamu gunakan meski sedang berbicara dalam bahasa Indonesia. Biasanya, singkatan bahasa Inggris digunakan saat sedang melakukan percakapan informal. Apa saja sih, singkatan bahasa Inggris yang sering digunakan?

Oh my god (OMG)

Singkatan bahasa Inggris yang satu ini adalah yang paling sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris yang dilakukan secara langsung. Singkatan ini menunjukkan ekspresi atau reaksi dari ucapan lawan bicara.

Ucapan “oh my God” biasanya menunjukkan rasa terkejut atau tidak percaya akan suatu informasi yang baru diterima dari lawan bicara, baik informasi yang menyenangkan atau yang menyedihkan.

By the way (BTW)

Singkatan lain yang juga sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris adalah BTW” yang merupakan singkatan dari by the way. Istilah ini dipakai saat seseorang ingin mengubah topik pembicaraan. Namun, bisa juga digunakan saat kamu baru teringat akan suatu hal yang ingin disampaikan atau ditanyakan kepada lawan bicara.

Meski begitu, singkatan bahasa Inggris ini lebih sering digunakan dalam percakapan teks, misalnya saat kamu sedang berkirim pesan singkat melalui ponsel. Sementara, saat percakapan langsung, orang lebih sering mengucapkan “by the way” tanpa disingkat.

For your information (FYI)

Singkatan bahasa Inggris yang satu ini cukup sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris. Akan tetapi, tidak sedikit yang menggunakannya meski sedang berbicara dalam bahasa Indonesia. Ya, “FYI” biasanya digunakan saat seseorang ingin memberikan informasi yang diyakini belum diketahui oleh lawan bicara.

Selain digunakan dalam percakapan bahasa Inggris secara langsung, singkatan dari “for your information” ini juga sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris yang dilakukan melalui pesan singkat atau aplikasi chat.

In my opinion (IMO)

“In my opinion” yang disingkat menjadi IMO bisa digunakan dalam percakapan teks maupun percakapan langsung. IMO digunakan saat kamu ingin mengemukakan pendapatmu akan suatu hal.

Biasanya, IMO kamu gunakan jika lawan bicara memiliki pendapat yang berbeda, sehingga kamu ingin menyampaikan pendapat pribadi kamu kepadanya.

I don’t know (IDK)

Meski masih tergolong jarang, IDK yang merupakan singkatan dari “I don’t know” bisa digunakan dalam percakapan bahasa Inggris secara langsung. Ya, IDK mungkin lebih populer penggunaannya dalam percakapan teks.

Singkatan IDK bisa kamu gunakan saat kamu ingin menyatakan bahwa kamu tidak tahu akan suatu hal kepada lawan bicara.

In real life (IRL)

Sama halnya dengan IDK, IRL, yang merupakan singkatan dari “in real life”, juga lebih sering digunakan pada percakapan teks dibanding percakapan langsung. Biasanya, saat melakukan percakapan langsung, orang lebih sering mengucapkannya tanpa disingkat.

“In real life” merupakan sebuah keterangan yang kamu gunakan untuk memberikan penjelasan bahwa sesuatu yang kamu sampaikan adalah suatu kejadian nyata, bukan dalam dunia maya atau bukan khayalan belaka.

Masih banyak lagi singkatan-singkatan yang bisa kamu gunakan. Ada singkatan yang bisa kamu pakai saat berbicara dengan orang lain secara langsung, ada pula yang lebih wajar jika digunakan dalam percakapan teks. Apa lagi singkatan bahasa Inggris lain yang kamu ketahui?

Daftar Konsultasi Gratis

Singkatan Bahasa Inggris yang Sering Digunakan di Percakapan