Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Memahami Perbedaan dan Penggunaan A.M dan P.M
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Memahami Perbedaan dan Penggunaan A.M dan P.M

2021.07.29

Menjelaskan keterangan waktu dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia memang tidak jauh berbeda. Akan tetapi, dalam bahasa Inggris, terdapat metode penyebutan waktu yang sedikit berbeda untuk format 12 jam. Selain menambahkan informasi “morning”, “noon”, “afternoon”, atau “night” setelah menyebutkan jam, kamu juga bisa menambahkan keterangan a.m maupun p.m. Berikut penjelasan lengkapnya!

Arti dibalik a.m dan p.m

Jika kamu menggunakan format 12 jam dalam menerangkan waktu, itu tandanya kamu membagi waktu dalam satu hari ke dalam dua bagian dan lama waktu masing-masing bagian adalah 12 jam. Nah, bagian awal dianggap sebagai a.m, sedangkan bagian kedua dianggap sebagai p.m. Kata a.m merupakan singkatan dari ante meridiem, bahasa latin yang berarti, “before noon” atau “sebelum tengah hari”. Sementara itu, p.m adalah singkatan dari post meridiem, bahasa latin untuk, “after noon” atau “setelah tengah hari”.

Hal tersebut menandakan bahwa bagian awal dalam satu hari yang termasuk dalam a.m terhitung mulai jam satu dini hari hingga jam 11.59 tengah hari. Selanjutnya, mulai jam 12 siang hingga jam 11.59 malam termasuk ke dalam p.m.

Sebagai contoh, pukul lima pagi bisa kamu tulis dengan, “5 a.m,” sementara jam lima sore adalah, “5 p.m”. Lalu, “1 a.m” berarti pukul satu dini hari, dan “1 p.m” berarti pukul satu tengah hari. Keterangan a.m memang mencakup waktu pagi dan siang hari. Sementara, keterangan p.m mencakup sore dan malam hari.

Penggunaan a.m dan p.m yang tepat

Pada dasarnya, penggunaan a.m dan p.m sangat mudah dipahami. Akan tetapi, terkadang masih ada yang tertukar saat menggunakannya untuk menjelaskan tengah hari ataupun tengah malam. Pasalnya, baik kedua waktu tersebut cukup sulit untuk dikategorikan sebagai after meridien atau past meridien. Akan tetapi, istilah 12 a.m sudah secara luas dipergunakan untuk menjelaskan tengah malam atau “midnight”. Sementara itu, istilah 12 p.m digunakan untuk menjelaskan tengah hari atau “noon”. Oleh sebab itu, pukul 12.05 dini hari disebut sebagai 12.05 a.m, dan begitu pula sebaliknya.

Namun, jika kamu ingin menghindari kesalahan, kamu bisa menyiasati hal ini, kok. Contohnya, kamu bisa saja menyebut jam 12 tengah malam sebagai “12 midnight” dan 12 tengah hari sebagai “12 noon”. Dengan begitu, kamu yang masih sering tertukar menggunakan keterangan a.m dan p.m bisa menghindari kesalahan.

Contoh penulisan a.m dan p.m

Agar kamu tidak kebingungan dengan sistem penulisan waktu menggunakan keterangan a.m dan p.m, perhatikan beberapa contoh penulisannya sebagai berikut.

10 PM

10PM

10 pm

10.00 p.m

10:11 p.m

10.00 P.M.

10:11 P.M.

Nah, di atas adalah beberapa contoh penulisan untuk keterangan a.m dan p.m yang bisa kamu gunakan dalam berbagai penulisan. Ini artinya, bagaimana pun kamu menulis imbuhan keterangan, baik a.m maupun p.m, selama sesuai dengan salah satu contoh di atas, maka tulisan kamu dianggap benar.

Oleh sebab itu, hindari contoh penulisan yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan salah satu contoh di atas. Kini, kamu sudah tidak ragu lagi kan menggunakan keterangan waktu ini?


Daftar Konsultasi Gratis

Memahami Perbedaan dan Penggunaan A.M dan P.M