Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Menarik antara See, Look, Stare, dan Watch yang Perlu Kamu Ketahui
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Menarik antara See, Look, Stare, dan Watch yang Perlu Kamu Ketahui

2021.06.28

Kata see, look, stare, dan watch mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sedang mempelajari bahasa Inggris. Keempat kata ini termasuk kosa kata dasar yang mungkin sudah cukup sering kamu jumpai. Akan tetapi, tahukah kamu perbedaan kata see, look, stare, dan watch? Ya, meski memiliki makna yang tak jauh berbeda, kamu tetap tidak bisa menggunakannya secara bergantian untuk mendeskripsikan satu hal yang sama. Nah, berikut ini perbedaan keempat kata tersebut sekaligus contoh penggunaannya dalam kalimat:

Makna see dan contoh penggunaannya

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kata see dan look sama-sama memiliki makna “melihat”. Akan tetapi, kata see dan look memiliki perbedaan dalam makna “melihat” itu sendiri. 

Alhasil, kamu tidak bisa menggunakan kata see sebagai sinonim untuk kata look dan begitu pula sebaliknya. Dalam bahasa Inggris, makna kata “see” berarti melihat atau menyadari keberadaan suatu benda atau seseorang dengan mata kepala sendiri.

Berikut ini adalah contoh penggunaan kata see dalam sebuah kalimat:

“I saw you at the train station yesterday.”

Dalam kalimat tersebut, kata saw sebagai bentuk lampau dari kata see menunjukkan bahwa subjek “I” tidak ada niatan untuk melihat “you” tetapi tak sengaja melihat atau menyaksikan keberadaannya di stasiun kereta kemarin.

Makna look dan contoh penggunaannya

Kata look memang memiliki makna “melihat”. Akan tetapi, bedanya see dan look terdapat pada makna dibalik kata “melihat” itu sendiri.

Jika “see” berarti tidak ada niatan untuk melihat ke suatu hal atau seseorang, kata “look” justru menandakan adanya kesengajaan untuk mengarahkan pandangan mata ke suatu arah, benda, atau seseorang.

Ini adalah contoh penggunaan kata “look” dalam kalimat:

“I looked at the railway platform and saw you standing there yesterday.” Pada kalimat tersebut, subjek “I” memang sengaja menatap atau mengarahkan pandangannya “railway platform”, yang ditandai dengan penggunaan kata “looked at”.

Akan tetapi, subjek tidak sengaja “melihat” atau menyaksikan keberadaan objek “you” yang ditandai dengan penggunaan kata “saw”.

Makna stare dan contoh penggunaannya

Nah, jika see dan look memiliki makna “melihat” dalam bahasa Indonesia, kata “stare” sedikit berbeda. Pasalnya, dalam bahasa Indonesia, alih-alih bermakna “melihat”, makna kata stare adalah “menatap”.

Arti yang lebih luas dari kata stare adalah menatap seseorang atau suatu benda dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut adalah contoh penggunaan kata stare:

“You were staring into a good-looking guy when I saw you yesterday.” Dalam kalimat tersebut, kamu bisa melihat perbedaan antara kata “stare” dan “see”. Penggunaan kata stare menunjukkan bahwa “you” sedang menatap lelaki tampan dalam waktu yang cukup lama. Sementara “I” tak sengaja melihat “you” melakukan hal tersebut.

Jika penggunaan kedua kosakata tersebut ditukar, maknanya tentu akan berubah.

“You saw a good-looking guy when I was staring at you yesterday.”

Dalam contoh kalimat ini, “you” tak sengaja melihat atau menyadari keberadaan lelaki tampan saat “I” menatap “you” dalam waktu yang lama.

Makna watch dan contoh penggunaannya

Sementara itu, kata “watch” dan “stare” adalah dua kata yang hampir mirip, tetapi masih terdapat perbedaan antara kedua kata ini.

Jika stare berarti menatap sesuatu atau seseorang dalam jangka waktu yang lama, “watch” berarti “melihat sesuatu atau seseorang dalam jangka waktu tertentu” atau “memberikan perhatian penuh terhadap suatu hal yang sedang berlangsung atau terjadi.”

Berikut adalah contoh penggunaan kata “watch” dalam kalimat:

“I was watching a movie when you came.” Pada kalimat tersebut, subjek “I” menunjukkan bahwa ia sedang memberikan perhatian penuh terhadap sebuah film yang sedang ditontonnya.

Nah, kini kamu sudah paham kan akan perbedaan keempat kata tersebut? Pelajari lebih lanjut dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggris mu dengan klik di sini.

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Menarik antara See, Look, Stare, dan Watch yang Perlu Kamu Ketahui