Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Kata "Believe" dan "Trust"
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Kata "Believe" dan "Trust"

2021.08.12

Sebagai orang yang masih belajar bahasa Inggris, kamu mungkin satu dari sekian banyak orang yang kesulitan untuk menemukan perbedaan antara “believe” dan “trust”. Ya, meski memiliki makna yang serupa, kedua kosakata ini sebenarnya memiliki perbedaan. Hal tersebut mengharuskan kamu menggunakannya pada kalimat yang berbeda. Pasalnya, kamu dapat mengubah makna keseluruhan dari sebuah kalimat jika menggunakan kata yang salah. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan kedua kosakata tersebut:

Arti “believe”

Pada dasarnya, arti dari kata “believe” menurut Oxford Dictionary adalah, “menerima suatu hal sebagai hal yang benar, meskipun tanpa adanya bukti.”  Nah, kosakata yang termasuk ke dalam kata kerja atau “verb” ini bermakna “percaya” dalam bahasa Indonesia. Namun, lebih daripada itu, kata “believe” juga bisa bermakna “percaya bahwa orang lain mengatakan hal yang benar.” Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “believe” dalam kalimat bahasa Inggris:

She claimed herself as a music teacher and I believed her.

I don’t believe what you just said to me!

Dari kedua contoh tersebut, kamu bisa melihat bahwa penggunaan kata “believe” digunakan untuk menunjukkan rasa percaya atau tidak percaya atas suatu hal yang dikatakan oleh orang lain.

Selain makna di atas, kata kerja yang satu ini juga bisa bermakna bahwa kamu memiliki opini yang setuju atau percaya bahwa suatu hal adalah benar. Contoh penggunaan kata “believe” yang menunjukkan makna tersebut adalah:

I strongly believe that this movie is one of the best horror movies.

He truly believes that money can buy everything.

Kata “believe” juga memiliki makna “percaya terhadap suatu agama”. Nah, jika kamu menganut sebuah agama tertentu, dalam bahasa Inggris, agama tersebut bisa disebut sebagai “belief” atau kepercayaan. Kata “belief” sendiri adalah bentuk kata kerja dari “believe”.

Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

As a Muslim, I believe in Allah.

Arti “trust”

Sementara itu, berbeda dengan “believe”, kata “trust” bisa masuk ke dalam kelas kata kerja maupun kata benda. Alhasil, kamu juga harus membedakan penggunaan kata “trust” sebagai “verb” dan sebagai “noun”.

Kata “trust” sebagai “verb” memiliki arti, “percaya kepada seseorang atau suatu hal, baik atas kebenarannya, kemampuannya, maupun keandalannya.” Dari penjelasan tersebut, kata trust bisa kamu gunakan saat merasa dapat mempercayakan sesuatu kepada orang lain atau terhadap suatu keadaan. Sebagai contoh, jika kamu membagikan rahasia pribadi kepada orang lain, dan mempercayakan orang tersebut untuk turut menjaga rahasia tersebut, hal ini bisa disebut sebagai tindakan “trust” atau “percaya” kepada kemampuan orang lain untuk menjaga rahasia yang kamu miliki.

Berikut adalah contoh kalimat yang menunjukkan penggunaan kata “trust” sebagai “verb” dalam kalimat bahasa Inggris:

Can I trust you to keep this secret forever?

In my position, I cannot risk blindly trusting anyone.

Sementara itu, kata trust sebagai kata benda atau “noun” bermakna “kepercayaan kepada seseorang atau suatu hal, baik atas kebenaran, kemampuan, atau keandalan dari orang atau hal tersebut.” Jika kata “trust” yang masuk ke dalam kata kerja adalah tindakan atau aksi percaya, “trust” yang termasuk ke dalam kata benda ini adalah bentuk dari rasa percaya itu.

Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

Our relationship is based on trust.

Trust is something that you should earn.

Dari penjelasan di atas, kini kamu tentu sudah bisa mengetahui perbedaan antara “believe” dan “trust”. Nah, jangan bingung lagi, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Kata "Believe" dan "Trust"