Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan It's dan Its dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan It's dan Its dalam Bahasa Inggris

2022.06.07

Dalam mempelajari dan menggunakan bahasa Inggris, kamu pasti pernah menemui kedua kosakata berikut: it’s dan its. Meski secara penulisan hampir sama, tahukah kamu kedua kosakata ini sebenarnya menyajikan makna dan fungsi yang berbeda? Ya, it’s dan its adalah dua kosakata yang berbeda, sehingga makna dan penggunaannya dalam kalimat pun juga tak sama. Untuk memahami perbedaan dari kosakata-kosakata ini, simak penjelasannya berikut, ya.

It’s

Saat pertama kali mendengar kata, “it’s” kamu mungkin sempat bepikir bahwa kata ini memiliki makna yang sama dengan its. Padahal, adanya tanda petik satu di antara huruf t dan s menunjukkan adanya perbedaan dengan kata its itu sendiri.

Nah, kata “it’s” sebenarnya adalah bentuk singkatan atau kontraksi dari kata “it is”. Hal ini sama dengan he’s atau she’s yang merupakan singkatan dari “he is” dan “she is”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, it is bermakna “itu adalah”.

It is adalah bentuk positifnya. Namun, jika kamu ingin membentuk negasi atau bentuk negatif dari frasa tersebut, singkatan yang terbentuk akan berbeda. Ya, it is not, atau bentuk negasi dari it is, jika disingkat akan menjadi “it isn’t”.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat penggunaan “it’s” yang tepat dalam bahasa Inggris:

●        I think it’s a good idea to go to Sabang tomorrow, since it isn’t weekend and people might not go there. (Aku rasa itu adalah ide yang bagus untuk pergi ke Sabang besok, mengingat besok bukan akhir pekan dan orang-orang mungkin tidak pergi ke sana.)

●        It’s your fault we’re stuck in here now. (Itu adalah salahmu sekarang kita terjebak di sini.)

●        It’s a good sign to continue this trip, when the sky is blue and there’s no sign that it will rain. (Itu adalah pertanda yang baik untuk melanjutkan perjalanan ini, saat langit cerah dan tidak ada tanda-tanda akan hujan.)

●        I guess it’s easy for you to say that you don’t love me anymore. (Aku rasa mudah untukmu mengatakan bahwa kamu tidak lagi mencintaiku.)

●        It’s hard for me to understand what you say when you yell at me. (Itu adalah hal yang sulit untukku memahami apa yang kamu katakan saat kamu berteriak kepadaku.)

Its

Berbeda dengan “it’s”, its hanyalah satu kata yang menunjukkan kepemilikan dari subjek “it”. Dalam tata bahasa Inggris, istilah ini disebut dengan determinan posesif karena hurus “s” dalam kata “its” adalah penunjuk kepemilikan.

Nah, agar kamu lebih memahami perbedaan dari “it’s” dan “its”, perhatikan penggunaan “its” yang tepat dalam contoh kalimat berikut ini.

●        Lately, my phone seems to be losing its battery fast. I’m afraid that it’s broken. (Akhir-akhir ini ponselku sepertinya lebih cepat kehilangan daya baterai. Aku khawatir ponsel itu rusak.)

●        I saw a dog yesterday and its leg was broken. (Aku melihat seekor anjing kemarin kakinya patah.)

●        I don’t know why my tab won’t turn on. I already checked its battery and it’s been fully recharged. (Aku tidak tahu mengapa tab-ku tidak mau menyala. Aku sudah memeriksa baterainya dan dayanya sudah diisi ulang hingga penuh kembali.)

●        I see you got a new car! Its color suits you best. (Aku lihat kamu mendapatkan mobil baru! Warnanya sangat cocok denganmu.)

●        I really want to buy that bag, its style is so simple yet elegant! (Aku benar-benar ingin membeli tas itu. Modelnya sangat sederhana tapi elegan!

Kini, kamu sudah tahu kan perbedaan antara “it’s” dan “its” dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat? Jangan sampai tertukar, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan It's dan Its dalam Bahasa Inggris