Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Antara Penggunaan Kata "Hope" dan "Wish" dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Antara Penggunaan Kata "Hope" dan "Wish" dalam Bahasa Inggris

2021.06.14

“Hope” dan “wish” adalah dua kosakata dalam bahasa Inggris yang pasti sudah pernah kamu jumpai. Kedua kosakata tersebut memiliki makna “berharap”. Akan tetapi, ternyata, keduanya memiliki perbedaan makna. Berikut adalah beberapa perbedaan yang bisa kamu temukan dari “hope” dan “wish”: 

Makna sesungguhnya

Beberapa dari kamu mungkin berpikir bahwa “hope” dan “wish” adalah dua kosakata yang sama dan bisa digunakan saling bergantian. Sebenarnya, hal itu tak sepenuhnya salah, karena “hope” dan “wish” memang kosakata yang menunjukkan “harapan”.

Saat menggunakan kedua kosakata tersebut dalam kalimat, kamu menunjukkan bahwa kamu sedang “berharap” akan sesuatu atau seseorang. Akan tetapi, makna dari “berharap” untuk masing-masing kata tersebut ternyata tak sepenuhnya sama.

“Hope” adalah kosakata yang menunjukkan harapan akan suatu hal yang masih mungkin terjadi. Sementara, “wish” adalah kosakata yang menunjukkan harapan akan suatu hal yang hampir tidak mungkin terjadi. Oleh sebab itu, kamu tidak bisa bergantian menggunakan “hope” dan “wish” karena keduanya menunjukkan makna yang tak serupa.

Fungsi dalam kalimat

Selain makna, fungsi kata “hope” dan “wish” dalam kalimat bisa sangat berbeda. Bahkan, fungsinya juga bisa berbeda saat kamu menggunakan tenses yang berbeda untuk kosakata yang sama.

Contohnya, saat menggunakan kata “hope” dalam kalimat yang menggunakan present tense, makna yang terkandung di balik kata tersebut adalah “harapan” untuk suatu hal yang mungkin atau akan terjadi di masa depan.

Sementara itu, jika kamu menggunakan “hope” dengan past tense, itu tandanya kamu berharap untuk suatu hal yang sudah terjadi pada masa lalu. Akan tetapi, kamu “berharap” akan hal tersebut saat ini karena kamu tidak tahu apakah harapan tersebut sudah terjadi atau tidak.

Di sisi lain, penggunaan kata “wish” juga bisa berbeda jika digunakan dalam tenses yang berbeda pula. Misalnya, saat kamu menggunakan kata “wish” dengan present tense, itu tandanya kamu menyatakan “harapan” untuk suatu hal di masa depan, meski hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi.

Namun, saat kamu menggunakan kata “wish” dalam past tense, itu artinya kamu menunjukkan suatu penyesalan akan suatu hal yang mungkin bisa saja terjadi, tetapi pada akhirnya tidak terjadi dan kamu tidak bisa mengubahnya karena hal tersebut sudah berlalu. 

Kenali kosa kata bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan dalam kehidupa sehari-hari dengan klik di sini ya. Selamat membaca dan mecoba!

Contoh penggunaan dalam kalimat

Setelah memahami perbedaan dari “hope” dan “wish”, kini saatnya kamu memahami perbedaan keduanya dari beberapa contoh kalimat berikut.

Contoh penggunaan “hope” dalam kalimat yang menggunakan present tense:

I hope it doesn’t rain today.

I hope I see you at dinner tonight.

Kedua contoh kalimat di atas menunjukkan harapan akan suatu hal yang masih mungkin akan terjadi di masa depan.

Contoh penggunaan kata “hope” dengan past tense:

Chandra had to rush to the bus station. I hope he didn’t forget his wallet.

Reva, thanks for coming to the workshop yesterday! I hope you had a good time.

Pada kedua contoh kalimat tersebut, harapan tersebut merujuk pada suatu hal yang sudah terjadi, tetapi harapan itu masih ada hingga saat ini.

Jika kamu sudah memahami contoh penggunaan kata “hope”, kini saatnya kamu mempelajari contoh penggunaan kata “wish” dalam kalimat.

Contoh penggunaan kata “wish” untuk menunjukkan harapan saat ini:

I wish I had more money.

I wish I was taller.

I wish I had billionaire parents.

Ketiga contoh kalimat tersebut adalah harapan yang dimiliki saat ini, tetapi orang yang mengatakannya pun tahu bahwa itu adalah harapan yang hampir tidak mungkin terjadi.

Contoh penggunaan kata “wish” untuk menunjukkan harapan akan masa lalu:

I wish my friends had not forgotten my birthday party.

She wishes she had not said something impolite to the teacher.

He wishes he had brought an umbrella or a raincoat.

Sementara, ketiga contoh kalimat ini menunjukkan suatu penyesalan akan suatu kesalahan atau keputusan yang tak diambil. Kata “wish” menunjukkan adanya harapan akan suatu hal yang berhubungan dengan masa lalu dan hal tersebut tentu tidak bisa terjadi.

Nah, kamu kini sudah paham kan, perbedaan keduanya? Jangan sampai salah ya saat menggunakannya. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Antara Penggunaan Kata "Hope" dan "Wish" dalam Bahasa Inggris