Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Contoh Penggunaan Kata Mr, Mrs, Ms, Miss, dan Perbedaannya
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Contoh Penggunaan Kata Mr, Mrs, Ms, Miss, dan Perbedaannya

2023.09.20

Saat belajar bahasa Inggris, tentu kamu pernah mengalami kesulitan. Hal ini wajar mengingat secara bahasa, ada beberapa aturan yang cukup berbeda dengan aturan dalam bahasa Indonesia. Salah satu yang sering kali menjadi area yang membingungkan saat belajar bahasa Inggris adalah kata sapaan seperti Mr, Mrs, Miss, dan Ms. Meskipun terlihat sederhana, masih banyak orang yang kesulitan membedakaan keempatnya. Agar kamu lebih paham, simak cara penggunaan dari masing-masing kata sapaan dan perbedaan antara satu dengan yang lainnya dalam penjelasan berikut:

Mr (Mister)

Kata sapaan pertama adalah "Mr" atau dibaca sebagai “Mister”. Dari kata sapaan lainnya, Mister adalah kata sapaan yang paling mudah dibedakan. Pasalnya, kata ini digunakan untuk merujuk kepada seorang pria dewasa.

Yang membuat kata sapaan yang satu ini mudah dipelajari adalah karena “Mr” adalah sapaan yang digunakan kepada laki-laki dewasa tanpa memandang status pernikahannya. Ini artinya, baik sudah menikah atau belum, sapaan untuk laki-laki dewasa adalah “Mr”.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “Mr” dalam kalimat bahasa Inggris:

●      Mr. Smith is our manager. (Tuan Smith adalah manajer kami.)

●      Good morning, Mr. Johnson. (Selamat pagi, Pak Johnson.)

Mrs. (Missus)

Kata sapaan berikutnya adalah “Mrs” yang dieja sebagai “Missus”. Berbeda dengan “Mr” yang digunakan untuk merujuk kepada laki-laki dewasa baik sudah ataupun belum menikah, “Missus” secara spesifik digunakan hanya untuk wanita dewasa yang sudah menikah.

Selain itu, umumnya kata “Mrs” digunakan untuk merujuk kepada istri seseorang. Ini artinya, saat menggunakan sapaan “Mrs”, biasanya wanita dewasa tidak dipanggil menggunakan namanya sendiri, melainkan nama suaminya.

Sebagai contoh, “Mila Anderson” yang menikah dengan “Jacob Davis” akan dipanggil dengan “Mrs. Davis” dan bukannya “Mrs. Anderson”.

Nah, berikut adalah beberapa contoh penggunaan sapaan “Mrs” dalam kalimat bahasa Inggris:

●      Mrs. Davis will be leading the workshop. (Bu Davis akan memimpin lokakarya.)

●      May I speak to Mrs. Anderson? (Bisakah saya berbicara dengan Ibu Anderson?)

Ms.

Biasanya, orang yang belajar bahasa Inggris merasa kesulitan saat harus membedakan sapaan “Ms” dan “Miss”. Bahkan, tidak sedikit yang salah mengira bahwa keduanya memiliki makna yang sama dan bisa digunakan dalam kondisi yang serupa. Padahal, terdapat perbedaan yang perlu kamu ketahui antara “Ms” dan “Miss”.

Umumnya, “Ms” adalah kata sapaan alternatif yang muncul sebagai kata sapaan netral terkait dengan status pernikahan seorang wanita. Ini artinya, sapaan “Ms” biasanya digunakan saat status pernikahan tidak relevan dalam kondisi tertentu.

Namun, kata sapaan ini juga bisa digunakan saat seorang wanita merasa keberatan atau tidak setuju untuk memberi tahu kepada orang lain mengenai status pernikahannya. Pada saat itu, kamu bisa menggunakan sapaan “Ms” kepada orang lain.

Contoh penggunaan kata “Ms” dalam kalimat bahasa Inggris:

●      Ms. Taylor is an expert in this field. (Ms. Taylor adalah pakar di bidang ini.)

●      You can reach out to Ms. Johnson for assistance. (Anda dapat menghubungi Ms. Johnson untuk bantuan.)

Miss

Berbeda dengan “Ms” yang bersifat netral, “Miss” justru sangat spesifik merujuk pada wanita yang belum menikah atau tergolong masih muda atau anak-anak. Nah, kata sapaan ini sering digunakan dalam konteks informal.

Oleh sebab itu, jika kamu sedang berbicara dengan seorang perempuan yang kamu ketahui belum menikah, gunakan sapaan “Miss”.

Contoh penggunaan kata “Miss” dalam bahasa Inggris:

●      Miss Thompson is in charge of decorations. (Miss Thompson bertanggung jawab atas dekorasi.)

●      Hi, Miss Williams, how was your day? (Hai, Miss Williams, bagaimana harimu?)

Kini, kamu sudah paham kan perbedaan dari kata-kata sapaan tersebut? Pelajari terus ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Contoh Penggunaan Kata Mr, Mrs, Ms, Miss, dan Perbedaannya