Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan saat Berbahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan saat Berbahasa Inggris

2021.05.31

Saat belajar bahasa Inggris, melakukan kesalahan tergolong hal yang wajar. Bahkan, ada beberapa jenis kesalahan yang tergolong umum dan cukup sering dilakukan saat berbahasa Inggris. Kamu mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang masih sering melakukan kesalahan ini. Nah, berikut adalah beberapa kesalahan umum berbahasa Inggris yang perlu kamu ketahui:

Penggunaan Look dan See

Kata “Look” dan “See” adalah dua kata dalam bahasa Inggris yang mungkin terdengar sama. Ya, pasalnya, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kedua kata tersebut memiliki makna yang sama, yaitu “melihat”. Namun, kedua kata tersebut seharusnya digunakan di dalam situasi yang berbeda.

Kata “Look” berarti melihat sesuatu atau seseorang secara langsung. Penggunaan kata “look” yang tepat adalah, “Stop looking at me!” Kalimat tersebut berarti, “Berhenti menatapku!” Saat menatap, kamu tentu melihat seseorang secara langsung, bukan? Nah, kata “looking” tidak bisa digantikan oleh kata “seeing” atau “watching”.

Sementara itu, kata “see” berarti melihat sesuatu yang berada dalam jarak pandang, tetapi kamu tidak berniat mencarinya. Dalam kata lain, kamu tidak sengaja melihat sesuatu atau seseorang tersebut. Contohnya, “I see him at school everyday.” Dalam kalimat tersebut, penutur mengatakan bahwa ia melihat seseorang setiap hari di sekolah. Akan tetapi, dia melihat tanpa sengaja, atau sebenarnya tidak ada niatan untuk mencari dia.

Effect dan Affect

Kesalahan umum yang juga sering terjadi saat berbahasa Inggris adalah penggunaan dari dua kata berikut. “Affect” merupakan sebuah kata kerja, sementara “Effect” adalah kata benda. Ini tandanya, meski kedua kata tersebut memiliki makna yang sama, tetapi “Affect” adalah sebuah aksi, sementara “Effect” adalah hasil dari terjadinya aksi.

Contoh penggunaan yang tepat untuk kata “Affect” adalah, “His behavior affecting the company’s image.” Arti dari kalimat tersebut, “Perilakunya mempengaruhi citra dari perusahaan ini.”  Sementara itu, kata “Affect” tidak bisa digantikan oleh kata “Effect” karena termasuk ke dalam part of speech yang berbeda.

Contoh penggunaan kata “effect” yang tepat dalam kalimat adalah, “The company’s image is ruined and that is the effect of his behavior.” Makna dari kalimat tersebut adalah, “Citra dari perusahaan ini telah rusak dan ini adalah efek dari perilakunya.” Dalam kalimat ini, kata “effect” juga tak bisa digantikan oleh kata “affect”. 

Penggunaan Among dan Between

Kesalahan umum yang juga sering terjadi dalam bahasa Inggris adalah penggunaan kata “among” dan “between”. Sering kali kedua kata ini digunakan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan hal yang sama. Padahal, kedua kata ini memiliki makna yang cukup berbeda.

Kata “among” digunakan untuk menjelaskan suatu benda atau seseorang yang dikelilingi oleh beberapa benda atau orang lain. Contoh penggunaan “among” dalam kalimat adalah, “I found her among her friends yesterday.” Artinya, “her” berada di antara “her friends” yang berjumlah banyak.

Sementara itu, kata “between” berarti suatu benda atau orang yang berada di tengah-tengah dua benda atau orang. Kata ini juga menjelaskan posisi atau letak pasti dari suatu benda atau seseorang tersebut. Contoh penggunaan kata “between” dalam kalimat ialah, “He sat down between Diana and Camilla yesterday.” Pada kalimat tersebut, “He” duduk diapit oleh Diana dan Camilla.

Subject-verb agreement

Terkadang, saat menulis atau berbicara bahasa Inggris, subject-verb agreement merupakan kesalahan dalam bahasa Inggris yang cukup sering terjadi. Saat menggunakan subject individual, kamu seharusnya menggunakan verb singular. Sementara itu, saat menggunakan subject kelompok, kamu harus menggunakan verb plural.

Contohnya, saat menggunakan kata “He” sebagai subjek, seharusnya kamu menggunakan kata kerja singular, yaitu, “verb+s”. Sementara itu, saat menggunakan kata “We” sebagai subjek, kamu harus hanya perlu menggunakan “verb” saja.

Misalnya, “He eats breakfast every morning.” Sementara, jika subjeknya diganti “we” kalimat tersebut menjadi, “We eat breakfast every morning.”

Sebenarnya, masih banyak bahasa Inggris yang salah penggunaannya. Oleh sebab itu, kamu masih harus terus belajar agar kemampuan berbahasa Inggris semakin meningkat. Selamat belajar!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan saat Berbahasa Inggris