Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Belajar Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Belajar Bahasa Inggris

2020.08.25

Membuat kesalahan saat sedang belajar adalah hal yang biasa. Namun, kamu tetap harus mencari tahu di mana letak kesalahannya, agar bisa memperbaiki dan tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. Nah, saat belajar bahasa Inggris, ada beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan, seperti berikut ini:

Join (with) us

Kamu mungkin sering menemukan frasa “join with us” pada selebaran atau banner baik online maupun secara langsung. Sayangnya, penggunaan frasa tersebut kurang tepat. Mungkin, saat menggunakan “join with us”, kamu bermaksud berkata “gabung dengan kami”.

Namun, jika kamu ingin mengajak orang lain untuk bergabung dengan kamu dan teman-teman dalam melakukan suatu kegiatan, frasa “join with us” memang salah. Seharusnya, kamu cukup mengatakan atau menuliskan “join us” dalam padanan kata bahasa Inggris.

Boring dan bored

Kesalahan belajar bahasa Inggris yang mungkin pernah atau sering kamu lakukan adalah salah menggunakan “boring” dan “bored”. Meski berasal dari kata dasar yang sama, yaitu “bore” tapi keduanya memiliki arti yang sedikit berbeda.

“Boring” artinya “membosankan”, sementara “bored” berarti “bosan”. Maka itu, kamu tidak bisa menggunakan kata “boring” jika ingin mengungkapkan rasa bosan, seperti, “I’m boring.” Pasalnya, kalimat itu artinya, “aku membosankan.”

Oleh sebab itu, kalimat yang tepat untuk menjelaskan rasa bosan adalah, “I’m bored.” Lalu, jika kamu ingin mengatakan bahwa hal lain membuatmu bosan, kamu bisa mengatakan kata “boring.” Contohnya, kamu bosan dengan acara televisi yang membosankan. Kamu bisa mengatakan, “This television show is boring.”

You’re welcome dan your welcome

Dalam belajar bahasa Inggris, kamu mungkin pernah mengalami kesalahan yang satu ini. Ya, kalimat, “You are welcome” yang sering disingkat menjadi “You’re welcome” rupanya sering mengecoh. Banyak yang salah mengira bahwa “You’re welcome” sama artinya dengan “your welcome.”

Padahal, “Your” dan “You’re” memiliki dua arti yang berbeda. “Your” digunakan untuk menunjukkan kepemilikan orang kedua tunggal. Sementara itu, “you’re” merupakan singkatan dari “you are” yang berarti “kamu”.

Kesalahan ini mungkin tidak akan terlalu terlihat dalam percakapan. Sayangnya, dalam belajar menulis bahasa Inggris, “Your welcome” merupakan salah satu kesalahan yang perlu kamu hindari.

Energic

Kamu pasti sering mendengar kata “energic” dalam percakapan sehari-hari dan berpikir bahwa kata tersebut berasal dari kata berbahasa Inggris. Sayangnya, dugaan kamu ini salah. Pasalnya, kata “energic” tidak ada di dalam kamus bahasa Inggris.

Terlalu sering mendengarnya membuat kamu atau sebagian besar orang menggunakannya saat berbicara dalam bahasa Inggris, misal, “He’s so energic!” saat ingin mendeskripsikan seseorang yang memiliki stamina yang kuat. Padahal, kalimat itu tentu saja salah.

Alih-alih “energic”, kata sifat yang tepat untuk menggambarkan seseorang dengan stamina dan semangat bergerak yang besar adalah “energetic”, sehingga kalimat tersebut seharusnya, “He’s so energetic!”

To invinitive dan gerund

Kesalahan dalam belajar bahasa Inggris yang juga tidak kalah sering terjadi adalah penggunaan to invinitive (to + V1) dan gerund (V + ing). Salah satu kalimat yang terdapat to invinitive dan gerund adalah, “I like to singing in my bathroom.”

Padahal, seharusnya “to” diikuti oleh verba atau kata kerja saja tanpa imbuhan “-ing”. Jadi, saat menggunakan “to”, kalimat yang lebih tepat adalah, “I like to sing in my bathroom.”

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan “gerund” atau verba dengan imbuhan -ing. Jika kamu ingin menggunakan “gerund”, kamu bisa menuliskannya dengan, “I like singing in my bathroom”.

Selain kesalahan yang telah disebutkan, masih banyak kesalahan belajar bahasa Inggris yang mungkin kamu temukan. Namun, jangan khawatir lambat laun kamu akan berhasil menghindari kesalahan tersebut dengan terus belajar.

Daftar Konsultasi Gratis

kesalahan dalam bahasa inggris