Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami

Mengenal Kata-kata Homophones, Homographs dan Homonym dalam Bahasa Inggris

2019.12.13

Dalam berbahasa Inggris, terdapat tiga kelas kata yang cukup unik dan perlu kamu ketahui. Ada homonym, homophone, dan homograph, yaitu kata yang mungkin memiliki bunyi, ejaan, hingga arti yang sama. Namun, apa sih sebenarnya ketiga

kelas kata tersebut?

Homonym

Tahukah kamu bahwa di dalam bahasa Inggris, terdapat dua kalimat yang memiliki bunyi yang sama, namun mungkin berbeda arti dan ejaan? Ya, tentu saja ada. Kata itu termasuk dalam kelas kata homonym.

Contoh homonym dalam bahasa Inggris adalah “see” dan “sea”. Kedua kata tersebut menghasilkan bunyi yang sama, namun memiliki arti yang berbeda. “See” artinya melihat, sedangkan “sea” artinya laut.

Selain itu, keduanya juga memiliki ejaan yang berbeda, meski menghasilkan bunyi yang sama. Namun, tidak hanya itu, homonym juga dapat berupa dua kata dengan ejaan yang sama namun memiliki arti yang berbeda. Misalnya, “lie” dan “lie”. Keduanya memiliki arti yang berbeda, namun menghasilkan bunyi dan ejaan yang sama.

Homophones

Tahukah kamu apa itu homophones? Ya, homonym dan homophone memang tidak jauh berbeda. Bahkan, homophone adalah bagian dari homonym. Homophone adalah kata yang menghasilkan bunyi yang sama, namun memiliki ejaan dan arti yang berbeda. Selain “see” dan “sea”, contoh homophone lainnya adalah “to”, “too”, dan “two”.

Ketiga kata tersebut memang memiliki ejaan dan tentu arti yang berbeda. “To” adalah salah satu preposisi, “too” berarti “juga”, dan “two” artinya dua. Namun, ketiganya menghasilkan bunyi yang sama jika disebutkan. Maka dari itu, ketiga kata ini termasuk ke dalam homophone.

Contoh lain dari homophone adalah “they’re”, “their”, “there”. Ketiganya memang dilafalkan secara berbeda, dan artinya pun berbeda. Namun, ketiganya menghasilkan bunyi yang persis sama. Maka tidak heran jika terkadang orang salah mengartikan ketiganya.

Homograph

Termasuk bagian dari homonym, homograph termasuk berbeda dengan homophone. Jika homophone adalah dua atau lebih kata yang memiliki arti dan ejaan yang berbeda, homograph justru memiliki ejaan dan bunyi yang persis sama. Perbedaan terletak pada arti dari kata tersebut.

Contoh kalimat homograph dalam bahasa Inggris adalah, “Did you close the door before leaving the classroom?” dengan, “The bank is close to the post office in the main town.” Kedua kata tersebut memiliki ejaan dan bunyi yang sama. Namun, keduanya memiliki arti yang berbeda. Pada kalimat pertama, “close” berarti “menutup”. Sementara itu, pada kalimat kedua, “close” artinya “dekat”.

Kata lain yang juga termasuk ke dalam homograph adalah “fair”. Kata tersebut memiliki dua arti yang berbeda. Misalnya, pada kata pertama, “fair” berarti “tidak bermasalah”. Maka, “fair skin” berarti “kulit yang tidak bermasalah”. Sedangkan, “fair” juga bisa berarti “adil”.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa homonym terdiri dari dua jenis kata lagi, yaitu homophone dan homograph. Jangan sampai tertukar, ya!

Daftar Konsultasi Gratis