Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Idiom Tentang Waktu yang Harus Kamu Tahu
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Idiom Tentang Waktu yang Harus Kamu Tahu

2022.08.08

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan idiom? Idiom adalah ungkapan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari rangkaian kata. Namun, makna dari tiap idiom tersebut tak sama dengan makna harafiah dari masing-masing kata penyusunnya. Nah, ada beberapa idiom yang membahas tentang waktu dalam bahasa Inggris. Apa saja? Berikut contoh-contoh idiom tentang waktu beserta maknanya.

In the nick of time

In the nick of time adalah idiom dalam bahasa Inggris tentang waktu yang memiliki makna, “di saat-saat terakhir” atau bisa juga bermakna, “sesaat sebelum terlambat.” Idiom yang satu ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan ketika seseorang berada di saat-saat terakhir dari waktu yang ditentukan.

Selain itu, idiom yang satu ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan saat kamu sampai di sebuah acara di saat-saat pentingnya, dan hampir melewatakan inti dari acara tersebut. Kamu juga bisa menggunakan idiom yang satu ini saat kamu tidak memiliki waktu yang banyak dan hampir terlambat mengejar sesuatu tetapi berhasil mengejarnya.

Make up for the lost time

Idiom berikutnya yang berkaitan dengan waktu adalah, “make up for the lost time.” Idiom ini memiliki arti, “mengganti waktu yang telah hilang.” Kamu bisa menggunakan idiom ini saat ingin mengejar ketertinggalan atas sesuatu karena waktu yang kamu lewatkan begitu saja.

Selain itu, idiom ini juga bisa menggambarkan kondisi saat kamu melakukan suatu kegiatan secara intens karena sebelumnya kamu terlalu banyak menghabiskan waktu untuk melakukan hal lainnya. Make up for the lost time juga bisa digunakan saat kamu ingin mengganti waktu yang kamu miliki untuk dihabiskan bersama orang lain yang telah hilang karena kesibukan lainnya.

Contoh penggunaan idiom yang satu ini dalam kalimat bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

●        I’ll have to work hard now to make up for lost time. (Aku akan bekerja dengan keras sekarang untuk mengganti waktu yang hilang.)

Call it a day

Idiom dalam bahasa Inggris lain yang biasanya digunakan untuk menggambarkan waktu adalah, “call it a day”. Arti dibalik idiom tersebut adalah, “kita akhiri saja di sini.” Biasanya, saat menggunakan idiom ini dalam percakapan, tandanya kamu ingin mengakhiri kegiatan yang sedang kamu lakukan bersama dengan orang lain.

Biasanya, seseorang yang memiliki wewenang lebih besar daripada orang lain yang bisa menggunakan idiom ini saat berkegiatan dengan orang lain. Contohnya, guru atau dosen yang mengakhiri sesi belajar mengajar di kelas atau atasan yang mengakhiri rapat dengan bawahannya.

Contoh dari penggunaan idiom ini dalam kalimat bahasa Inggris:

●        Let’s call it a day and continue tomorrow. (Ayo kita akhiri sekarang dan lanjutkan besok.)

Kill time

Idiom bahasa Inggris yang berkaitan dengan waktu lainnya adalah, “Kill time.” Ini merupakan salah satu idiom yang paling banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, “Kill time,” bermakna, “membunuh waktu.” Ini artinya, kamu mencari suatu kegiatan yang kamu suka untuk menjalani waktu karena dalam waktu tersebut tidak ada kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selain menunggu.

Contohnya, saat kamu hendak bepergian dengan pesawat terbang. Kamu sudah datang dua jam lebih awal, tetapi pesawat yang hendak kamu naiki mengalami keterlambatan, sehingga kamu harus menunggu kurang lebih tiga jam lagi. Karena kamu harus menunggu pesawat selama kurang lebih tiga jam, kamu berusaha mencari kegiatan yang kamu suka agar waktu menunggu tersebut tidak terasa lama. Itulah makna dari, “kill time,” atau, “membunuh waktu.”

Time flies

Idiom lain dalam bahasa Inggris tentang waktu adalah, “time flies”. Idiom yang satu ini memiliki arti, “waktu yang cepat berlalu.” Kamu bisa menggunakannya saat ingin mengemukakan pendapat tentang waktu yang tidak terasa sudah berlalu dengan cepatnya. Bisa mengenai waktu dalam kurun waktu singkat maupun kurun waktu yang lama.

Contohnya, kamu sedang mengenang masa lalu saat kamu masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat ini, kamu sudah memasuki usia kerja. Lalu, kamu merasa baru kemarin kamu lulus dari sekolah dasar, tetapi kamu tidak sadar tiba-tiba sudah bekerja. Kamu bisa menggunakan idiom, “time flies” untuk mengungkapkan pendapatmu tentang waktu yang berjalan begitu cepatnya.

Nah, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut jika penasaran dengan idiom-idiom lain yang berkaitan dengan waktu, ya! Atau mau cek artikel lain yang bisa menambah kosa kata kamu? Klik di sini ya.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Idiom Tentang Waktu yang Harus Kamu Tahu