Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Bukan Kue, Ini Arti Kata “Sus” dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Bukan Kue, Ini Arti Kata “Sus” dalam Bahasa Inggris

2023.08.23

Saat sedang menggunakan internet, khususnya bermain media sosial, kamu mungkin pernah melihat kata “sus” digunakan dalam percakapan online. Meski begitu, kamu bisa jadi tidak memahami apa yang dimaksud dengan kata “sus”. Jika iya, jangan khawatir karena kebingungan dengan kata tersebut adalah hal yang wajar. Kata “sus” memang tergolong sebagai bahasa slang atau bahasa gaul dalam bahasa Inggris. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang arti kata “sus”, simak penjelasannya berikut ini.

Arti kata “sus”

Kamu mungkin kebingungan, apa arti dari kata “sus”. Sebenarnya, kata “sus” merupakan singkatan dari kata “suspect”. Dalam bahasa Inggris, “suspect” tergolong sebagai kata benda yang bermakna “orang yang diduga melakukan suatu tindakan tertentu.” Umumnya, kata ini digunakan untuk mendeskripsikan terduga dalam kasus kriminal.

Namun, sebagai bahasa slang, kata “sus” yang berasal dari “suspect” ini menyiratkan bahwa seseorang atau sesuatu bersifat mencurigakan atau meragukan. Saat ini, kata “sus” sangat sering digunakan dalam bahasa gaul atau percakapan santai di media sosial.

Asal-usul kata “sus”

Meskipun sedikit sulit untuk mengetahui asal-usul penggunaan kata “sus” secara pasti, tetapi kata ini pertama kali terkenal atau populer di kalangan pemain video game. Mengapa? Pasalnya, para gamers biasanya menggunakan kata “sus” untuk menyatakan kecurigaan atau ketidakpercayaan kepada tindakan atau niat dari lawan main dalam online game.

Sejak sering digunakan, kata ini semakin menyebar dan digunakan secara luas, bukan oleh para gamers sejati saja. Kata tersebut juga memiliki konteks yang lebih luas lagi pada berbagai platform online.

Penggunaan dalam game “Among us”

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kata “sus” menjadi sering digunakan adalah karena dimulai oleh para pemain online game. Nah, salah satu video game yang sangat terkenal dan para pemainnya sering menggunakan kata “sus” adalah permainan bernama “Among Us”.

Dalam permainan tersebut, para pemain harus mencoba menemukan pemain lain yang berperan sebagai penipu atau “imposter”. Pemain yang bertindak mencurigakan sering kali disebut sebagai “sus”. Penggunaan kata “sus” sejak itu menjadi semakin terkenal sehingga kata “sus” akhirnya digunakan di luar permainan “Among Us” juga.

Konteks penggunaan yang beragam

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kata “sus” memang berawal dari permainan video game online. Akan tetapi, seiring waktu, kata ini telah digunakan dalam berbagai konteks. Nah, pada penggunaannya, kata ini bisa merujuk pada orang yang mencurigakan dalam kehidupan nyata.

Tak hanya itu, “sus” juga bisa digunakan untuk merujuk pada situasi yang meragukan, atau bahkan benda yang tampak aneh. Oleh sebab itu, untuk menerjemahkan makna dibalik kata “sus” kamu perlu memahami konteksnya terlebih dahulu.

Contoh penggunaan kata “sus” dalam kalimat bahasa Inggris

●      The story he told last night sounds pretty sus to me. (Cerita yang diceritakannya semalam terdengar cukup mencurigakan untukku.)

●      Why did he suddenly cancel our plans? It’s so sus. (Kenapa dia tiba-tiba membatalkan janjinya dengan kita? Ini sangat mencurigakan.

●      Her excuse for being late was really sus. I think she’s hiding something. (Alasan mengapa dia terlambat cukup mencurigakan. Aku rasa dia menyembunyikan sesuatu.)

●      The quality of this product seems a bit sus. I wouldn’t recommend buying it. (Kualitas dari produk ini sedikit mencurigakan. Aku tidak akan merekomendasikan untuk membelinya.)

Nah, dari beberapa penjelasan dan contoh di atas, kini kamu sudah paham kan pengertian dari kata “sus”?

Daftar Konsultasi Gratis

Bukan Kue, Ini Arti Kata “Sus” dalam Bahasa Inggris