Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Apa Perbedaan Road, Street dan Alley dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Apa Perbedaan Road, Street dan Alley dalam Bahasa Inggris

2021.11.24

Dalam bahasa Indonesia, kita biasa menyebutkan alamat dengan menampilkan nama jalan.

Kalau menuliskan alamat kita ke dalam bahasa Inggris, kita sering menggunakan kata 'street' untuk menggantikan kata jalan.

Ternyata dalam bahasa Inggris untuk menuliskan alamat tidak hanya menggunakan kata street saja. Ada pula beberapa kata lainnya yang merujuk pada kata jalan seperti road, avenue, drive dan lainnya. Yang sering membuat kita bingung adalah ketika membaca nama jalan dan menemukan dua kata street dan road. Kalau kamu cari di kamus kedua kata ini diartikan dengan kata yang sama yaitu jalan. Jadi apa yang membedakan antara street dan road?

Sebenarnya dalam penggunaannya sehari-hari, tidak menjadi masalah jika kita ingin menggunakan Road atau Street. Dengan kata lain, mereka menuturkan kedua kata tersebut sama dalam penggunaannya, selama lawan bicara kita masih bisa mengerti apa yang dimaksudkan.

Dalam kamus, kata street mempunyai arti: Sebuah jalan di dalam sebuah kota atau kota kecil yang mempunyai bangunan yang biasanya dekat satu sama lain di sepanjang satu sisi atau di kedua sisi jalan. Berikut beberapa contoh kalimat menggunakan kata street.

1. Ruby's house is on Cherry Street. (Rumah Ruby di jalan Cherry).

2. The hall were strewn with rubbish after the party. (Ruangan dipenuhi sampah seusai pesta).

3. Make sure you look both ways when you cross the street. (Pastikan kamu menengok ke kanan dan ke kiri ketika kamu menyeberang jalan itu).

4. My officemate lives just across the street from me. (Teman kantorku tinggal di seberang jalan dari rumahku).

5. The town's streets were deserted by dusk. (Jalan-jalan kota terlihat lengang menjelang senja).

Sementara road menurut kamus adalah: sebuah permukaan keras memanjang yang dibuat untuk kendaraan berperjalanan jauh. Berikut beberapa contoh kalimat menggunakan kata road.

1. Her address is 95 Mill Road. (Alamatnya di jalan Mill nomor 95).

2. Always be careful when you cross a main road. (Selalu berhati-hatilah ketika kamu melewati jalan utama).

3. There's a Thai resto on the other side of the road. (Ada resto Thai di sisi lain dari jalan itu).

4. All roads into the town were blocked by the snow. (Semua jalan menuju ke kota ditutupi oleh salju).

5. The road from here to Semarang goes through some beautiful countryside. (Jalan dari sini menuju Semarang melalui daerah pendesaan yang indah).

Mungkin dari perbedaan pengertian kedua kata ini belum cukup memberikan gambaran yang lebih jelas. Street pada umumnya sudah berpaving atau beraspal sehingga apabila kita melewati street, kita akan lebih bisa menikmati perjalanan. Biasanya, street, pada bagian kedua sisi jalan, dapat kita temukan toko-toko atau rumah-rumah yang berjejer di sepanjang jalan sehingga terjadinya interaksi antar pengguna jalan tersebut. Sementara, road pada umumnya, belum berpaving atau beraspal meskipun pada beberapa road, kita bisa melihatnya sudah berpaving atau beraspal. Pada road, kita dapat pula mendapati beberapa bangunan di kedua sisi jalan (road) ini. Namun, fungsi utama dari road yaitu menghubungkan antara dua tempat yang berjauhan misalnya, antar dua kota. Pendeknya, kita akan menemukan road di luar kota, sementara street diketemukan di dalam kota meskipun kenyataannya tidak selalu seperti itu.

Kata Road juga selalu digunakan untuk merujuk pada bahan material untuk pembangunan atau perbaikan jalan. Pekerjaan jalan tersebut dalam bahasa Inggris sering disebut road work, bukannya street work.

Selain itu ada juga yang disebut Alley (gang). Alley adalah sebuah jalan sempit yang biasanya kita dapati diantara dua bangunan atau gedung. Biasanya, jalan ini hanya dapat dilewati satu mobil atau terkadang pula tidak boleh dilewati kendaraan dan hanya untuk pejalan kaki

Ada beberapa contoh kata lain yang biasa digunakan dalam menunjukan jalan, alamat atau tempat, berikut contoh-contohnya:

1. Avenue

Avenue adalah sebuah jalan lurus yang pada bagian kedua sisinya dipenuhi dengan pepohonan. Jalan ini pada umumnya lebih lebar dari pada street dan terkadang terdapat beberapa jalur. Di beberapa kota di Amerika Serikat berdasarkan sistem grid, kata street dan avenue tidak memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada arus lalu lintas. Street biasanya arah lalu lintas nya dari arah barat menurut ke arah timur. Sementara, avenue arus lalu lintas dari arah utara menuju ke arah selatan.

2. Boulevard

Boulevard adalah suatu jalan lebar, yang mirip seperti avenue, dimana pada bagian tepian jalan dipenuhi dan berjejer pepohonan ataupun rerumputan.

3. Highway

Highway adalah jalan lebar yang digunakan untuk umum, yang biasanya berfungsi menghubungkan antara kota-kota kecil dan kota-kota besar. Expressway Expressway adalah jalur khusus kecepatan tinggi yang merupakan bagian dari jalan lebar (highway)

4. Freeway Freeway adalah jalan yang dirancang untuk lalu lintas berkecepatan tinggi dengan menghilangkan persimpangan pada tingkat kecepatan yang sama.

5. Toll road

Kata toll dapat berarti biaya atau bea. Jadi, bisa kita katakan toll road, atau dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan dengan jalan tol, merupakan jalan yang dapat kita gunakan apabila kita membayarnya.

6. Drive

Drive selain artinya mengemudi juga memiliki arti yang merujuk pada nama jalan. Drive adalah jalan yang berada dalam kawasan perumahan atau driveway, biasanya dalam bahasa Inggris ala orang Inggris, merupakan jalan milik pribadi yang berawal dari garasi mobil menuju jalan umum.

7. Downtown

Downtown adalah sebuah kawasan pusat kota atau yang terletak di jantung kota. Biasanya tempat ini adalah tempat di mana warga kota berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan di akhir pekan.

8. Lane Lane adalah sebuah jalan sempit yang biasanya tanpa trotoar atau jalan untuk pejalan kaki. Path Path adalah sebuah jalan setapak yang umumnya tidak dipaving atau diaspal yang digunakan untuk para pejalan kaki.

9. Pedestrian Street

Pedestrian terkadang disalah artikan sebagai jalan untuk pejalan kaki. Padahal, kata ini merujuk kepada orangnya, atau pejalan kaki. Pedestrian Street adalah sebuah jalan yang tertutup bagi kendaraan bermotor dan Jalan ini biasanya dipaving yang diperuntukkan bagi pejalan kaki.

10. Sidewalk

Sidewalk adalah sebuah jalan yang terletak di sisi samping jalan raya yang diperuntukkan bagi para pejalan kaki.

11. Court

Court adalah sebuah jalan pendek yang pada bagian ujung jalan terdapat cul-de-sac.

12. Cul-de-sac

Cul-de-sac adalah sebuah jalan yang pada ujungnya buntu. Biasanya pada penghujung jalan terdapat lahan luas yang beraspal atau berpaving sehingga kendaraan dapat memutar balik. Lahan luas ini apabila kita lihat dari atas akan terlihat seperti bola lampu pijar.

13. Route

Route, dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan kata rute, yaitu sebuah arah yang menghubungkan antara satu tempat menuju tempat lainnya.

Demikianlah artikel mengenai seputar perbedaan street, road dan Alley, serta beberapa kata yang terkait dengan keduanya. Semoga membantu dalam mempelajari lebih jauh.

Daftar Konsultasi Gratis

Apa Perbedaan Road, Street dan Alley dalam Bahasa Inggris