Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Apa Arti FYI, FYP, dan POV?
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Apa Arti FYI, FYP, dan POV?

2023.08.02

Dalam bahasa gaul atau bahasa slang, ada banyak singkatan yang bisa jadi membingungkan bagi kamu. Istilah singkatan dalam bahasa gaul seperti FYI, FYP, dan POV sering digunakan dalam Bahasa Inggris, terutama dalam percakapan kasual dan media sosial. Apa sih arti dari ketiga istilah tersebut?

FYI: For Your Information

FYI adalah singkatan dari For Your Information. Istilah ini cukup sering digunakan, termasuk dalam komunikasi formal dan profesional. Singkatan ini pertama kali digunakan pada tahun 1930-an oleh para jurnalis saat mengirimkan pesan melalui telegram, yang mengindikasikan bahwa pesan yang dikirimkan hanya boleh dibaca oleh orang yang dituju oleh telegram tersebut. Di jaman modern ini, guna FYI mengalami perubahan. Saat ini, FYI digunakan untuk menunjukkan bahwa pesan yang dikirimkan hanya bertujuan sebagai informasi dan tidak membutuhkan tindakan apapun.

Dalam percakapan tertulis formal, sebaiknya FYI dituliskan dengan huruf kapital. Sebaliknya, dalam percakapan tertulis informal, FYI bisa dituliskan tanpa huruf kapital.

Contoh kalimat:

FYI, I’m taking a leave of absence for a few days next week, so I won’t attend the meeting.

I was late for the test, because fyi, I shouldn’t be binge watching on Netflix the day before an important test.

FYP: For Your Page

Singkatan FYP sebenarnya bisa diartikan beberapa hal, di antaranya ‘Fixed Your Post’ (istilah yang banyak digunakan di Twitter, ‘Five Year Plan’ (yang berarti rencana lima tahun yang dimiliki sebuah perusahaan), serta ‘Final Year Project’ (yang berarti tugas di tahun terakhir di universitas). Tapi istilah FYP paling banyak digunakan di media sosial popular, TikTok. Di platform ini, FYP berarti ‘For Your Page’, yaitu laman berisi video yang direkomendasikan oleh TikTok untuk pengguna, berdasarkan hal-hal yang disukai oleh pengguna tersebut. Para pengguna TikTok juga ingin agar video mereka berhasil masuk ke FYP, sehingga video mereka bisa disaksikan oleh lebih banyak pengguna lain, sehingga mereka bisa mendapatkan pengikut baru.

Contoh kalimat:

  • My FYP is full of cat videos since I liked a few cat videos last week.

  • Did you see that video from FYP? It’s been going viral!

POV: Point of View

Istilah POV berarti Point of View atau sudut pandang. Walaupun sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, POV juga sangat populer digunakan dalam sosial media, di mana POV sering digunakan dalam video yang menunjukkan sudut pandang pengguna dalam situasi tertentu. Video yang dibuat tidak hanya berarti kejadian yang sebenarnya, tapi juga video yang menjelaskan sebuah situasi yang merupakan imajinasi pembuatnya.

Contoh kalimat:

-          What is your POV about this issue?

-          She tried to write the story using the first person POV, but then she changed it to the third person POV.

Mempelajari bahasa slang Inggris dan artinya memang tidak mudah, karena rasanya setiap hari selalu muncul istilah baru yang banyak digunakan. Cara paling mudah agar tidak ketinggalan istilah-istilah terkini adalah dengan mengikuti budaya populer yang berkembang. Kamu juga bisa mencari tempat belajar Bahasa Inggris untuk dewasa yang tidak hanya mengajarkan Bahasa Inggris yang resmi, tapi juga Bahasa Inggris populer yang digunakan sehari-hari.

Istilah dan singkatan populer apa lagi yang sering kamu gunakan dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari?

Daftar Konsultasi Gratis

Apa Arti FYI, FYP, dan POV?