Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
7 Bahasa Slang yang Paling Sering Digunakan
Karir & Bisnis

7 Bahasa Slang yang Paling Sering Digunakan

2019.11.25

Jika bahasa Indonesia memiliki bahasa gaul, bahasa Inggris terkenal dengan slang. Slang adalah sebutan untuk bahasa gaul yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Bahasa ini termasuk informal, namun hampir semua pengguna bahasa Inggris tahu makna dari bahasa slang. Kalau kamu ingin berkomunikasi layaknya native, maka kamu harus paham beberapa bahasa slang yang

paling sering digunakan. Apa saja ya?

What’s up?

Tentu kamu sudah cukup sering mendengar kalimat tersebut. Meski banyak yang menggunakannya, what’s up bukan bahasa formal, melainkan bahasa slang. Arti dari kalimat tersebut adalah “what are you doing?” Kamu bisa menggunakannya jika hendak menanyakan hal tersebut kepada teman atau orang yang sudah cukup akrab denganmu.

Hot

Jika kamu mendengar kata ini saat digunakan untuk mendeskripsikan seseorang, artinya orang tersebut menarik. Meski kata “hot” memiliki arti “panas”, tetapi dalam bahasa slang, kata ini digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang menarik. Jadi, kalau kamu mendengar seseorang berkata, “she is hot,” bukan berarti orang yang sedang dideskripsikan merasa panas. Bisa jadi orang yang mengucapkannya sedang memuji orang lain tersebut.

Hang out

Istilah ini paling sering digunakan oleh anak-anak muda. “Hang out” sendiri artinya berkumpul bersama dengan orang lain, biasanya teman-teman sebaya. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah, “Do you want to hang out with us?” yang berarti ajakan kepada orang lain untuk menghabiskan waktu bersama.

I get it

Dalam belajar bahasa Inggris, saat seseorang menjelaskan sesuatu dan kamu memahami penjelasannya, kamu bisa berkata, “I get it,” yang berarti “saya paham.” Bahasa formal dari I get it adalah “I understand,” tetapi kamu boleh menggunakan bahasa slang dalam situasi yang santai.

No problem

Sama halnya dengan “no big deal”, “no biggie”, dan “no sweat”, istilah ini memiliki arti, “tidak masalah.” Kamu bisa menggunakan bahasa slang yang satu ini jika ada

seseorang yang melakukan kesalahan lalu meminta maaf padamu.Jika kamu memang ingin memaafkannya, kamu bisa menggunakan salah satu istilah ini. Dalam bahasa formal, kamu mungkin akan mengatakan, “It’s not a problem,” tetapi saat digunakan dalam situasi yang informal, menggunakan bahasa slang juga sudah

cukup.

Chill

Seharusnya kata ini sudah tidak asing lagi bagi kamu karena sudah cukup sering digunakan. Kata “chill” berarti rileks atau santai. Kata ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sikap yang dilakukan seseorang, atau suasana dari sebuah keadaan. Sama halnya dengan “chill”, kamu bisa juga menggunakan istilah “laid back” yang juga merupakan bahasa slang atau bahasa gaul dari kata “relax”.

Fired

Dalam dunia kerja, kata “fired” tidak ada hubungannya dengan terbakar, membakar, dibakar, atau kebakaran. Kata “fired” menjelaskan perlakuan yang dilakukan, biasanya oleh atasan ke bawahan. Arti dari kata “got fired” adalah dipecat. Meski dalam lingkup profesional, kata “fired” masih sering digunakan saat seorang atasan ingin memecat bawahannya. Contoh kalimatnya seperti ini, “You are fired because you did not perform well.”

Tidak hanya itu, masih banyak sekali bahasa slang yang bisa kamu pelajari. Semakin banyak kamu menggunakan bahasa slang dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, semakin kamu mudah membaur dengan native karena bahasa yang kamu gunakan tidak terasa kaku dan lebih akrab di telinga mereka.

Daftar Konsultasi Gratis