Menu
Menulis Bahasa Inggris
Reading and Writing

Tips Lengkap Menulis dalam Bahasa Inggris

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.02.02

Ingin menulis dalam bahasa Inggris tapi bingung harus mulai dari mana? Kamu bisa belajar triknya dari tips menulis lengkap dalam bahasa Inggris di bawah ini. Writer's block? Say no more!

Menulis dalam bahasa Inggris tidaklah sekadar menorehkan tinta di atas kertas. Lebih dari itu, menulis menuntut kreativitas kita untuk menuangkan ide yang ada di pikiran ke dalam rangkaian kata-kata. Terlebih lagi, bahasa Inggris memiliki serangkaian grammar dan vocabulary yang berbeda dengan bahasa ibu kita.

Tentunya melakukan hal seperti itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, menulis juga tidak menjadi hal yang demikian rumit setelah kamu menyimak artikel di bawah. Ben akan membagikan tips lengkap menulis dalam bahasa Inggris. Perhatikan baik-baik, ya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Memperbanyak Bacaan

Membaca adalah kunci utama dalam menulis. Kok bisa? Pasalnya, dengan membaca kamu akan memperoleh referensi dari tulisan yang dibaca sehingga bisa menjadi sumber inspirasi dalam menulis. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan menulismu, maka kamu juga harus mengiringinya dengan memperbanyak bacaan. Jadi, bisa dikatakan bahwa membaca itu satu paket dengan menulis.

Membuat Target

Target yang jelas memudahkan kita dalam bertindak. Menentukan target merupakan langkah awal yang tidak boleh dilewatkan saat kamu hendak mulai menulis. Misalnya, membuat target menulis dalam bahasa Inggris sebanyak 100 kata setiap harinya. Dengan begitu, kita jadi tahu apa yang harus kita lakukan untuk mencapai target tersebut.

Berlatih Secara Rutin

Tidak diragukan lagi bahwasanya berlatih secara terus-menerus akan mengasah kemampuan. Tak terkecuali dalam menulis bahasa Inggris. Jika mau konsisten, kamu akan menghasilkan tulisan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Menulis di Waktu Produktif

Setiap orang memiliki waktu produktif masing-masing. Sebagian orang akan lebih maksimal dalam menjalankan aktivitas di pagi hari setelah bangun tidur. Sementara itu, sebagian yang lain merasa waktu terbaik untuk beraktivitas adalah di malam hari sebelum tidur. Gunakanlah waktu produktif versi kamu untuk menulis dalam bahasa Inggris. Karena pada saat tersebutlah kamu bisa memberikan kinerja yang baik.

Membawa Peralatan Menulis

Ketika kamu benar-benar ingin mengembangkan keterampilan dalam menulis bahasa Inggris, tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini. Pasalnya, ide menulis bisa datang kapan saja dan di mana saja. Apabila tidak langsung dituliskan, bisa saja kita terlupa begitu saja. Oleh karena itu, selalu membawa peralatan menulis ke manapun kamu pergi merupakan hal yang penting. Peralatan menulis tidak selalu berupa buku dan pulpen. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada di gadgetmu untuk menulis.

Mencari Ide Menulis di Internet

Salah satu hambatan dalam menulis bahasa Inggris yaitu kehabisan ide. Memang, ada kalanya kita tidak tahu lagi apa yang harus dicurahkan dalam tulisan. Padahal, terdapat ide-ide menulis yang tidak ada habisnya di internet. Berikut salah satunya 20 Ide Menulis (link). Kamu bisa mengkreasikan ide-ide tersebut untuk membuat tulisan yang menarik.

Membuat Kerangka Tulisan

Membuat kerangka tulisan terlebih dahulu merupakan tips yang tidak boleh dilupakan. Menuliskan garis besar dari apa yang akan kamu sampaikan membuat proses menulis dalam bahasa Inggris jadi lebih terarah.

Memperhatikan Tanda Baca

Dalam menulis bahasa Inggris, penggunaan tanda baca yang baik dan benar tidak boleh diabaikan. Penggunaan tanda baca yang tidak sesuai dapat memicu kesulitan dalam memahami sebuah tulisan. Untuk memahami penggunaan tanda baca dalam bahasa Inggris, silakan baca artikel punctuation dalam bahasa inggris.

Menghindari Pengulangan Kata

Kata yang diulang-ulang dalam sebuah tulisan memberikan kesan yang membosankan. Oleh karena itu, gunakanlah pilihan kata yang variatif dalam menulis bahasa Inggris.

Menulis dengan Terstruktur

Ciri dari tulisan yang berkualitas ialah terstruktur. Artinya, ketika menulis bahasa Inggris, kamu harus menempatkan kata-kata maupun kalimat dengan susunan yang tepat. Jika tidak, tulisanmu akan jadi berantakan dan pembaca tidak dapat mengerti apa yang termaksud.

Menumbuhkan Rasa Empati

Menulis dalam bahasa Inggris harus disertai dengan belajar berempati, yakni memposisikan diri kita sebagai pembaca. Saat menulis dalam bahasa Inggris, kamu juga harus mempertimbangkan apakah pembaca akan memahami tulisan atau tidak. Sesuaikan tulisanmu dengan pembaca agar menjadi bacaan yang dapat dinikmati.

Membaca Naskah Tulisan

Ketika draft atau naskah tulisanmu sudah selesai dibuat, cobalah untuk membacanya. Temukan jika masih ada satu atau dua hal yang mengganjal sehingga kamu dapat memperbaikinya.

Meminta Koreksi atau Proofread

Untuk memastikan tulisan yang kamu hasilkan sudah baik atau belum, kamu bisa meminta guru atau temanmu yang lebih mahir dalam bahasa Inggris untuk mengoreksinya. Melalui cara ini, kamu jadi tahu apa saja yang kurang tepat dan mana yang harus dibenahi dari tulisanmu.

Mencatat Kesalahan

Tips ini berguna supaya kamu terlepas dari kesalahan yang sama. Dengan mencatat kesalahan-kesalahan sebelumnya, maka kamu bisa menghindarinya di tulisan berikutnya.

Nah, itu dia tips lengkap menulis dalam bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti. Jadi, tunggu apalagi? Ayo, mulai perjalanan menulismu dari sekarang! Supaya nantinya kamu memiliki karya berupa tulisan dalam bahasa Inggris yang bisa dibanggakan.

Kecakapan dalam berbahasa Inggris juga bisa diperoleh dengan bergabung di EF, loh. Di EF, kamu akan diajar oleh guru yang profesional dengan lingkungan yang menyenangkan. Dengan promo spesial dari EF, kamu bisa merasakan pengalaman belajar bahasa Inggris yang tidak ditemukan di tempat lain.

Tertarik untuk mendaftar? Jangan lupa tekan tombol pink di bawah!

Sampai jumpa di kelas!

Ben Small Stars
Author
Ben