Menu
berkarya di dunia digital
Education Advice

Tips Berkarya di Dunia Digital Untuk Remaja

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.08.12

Di tengah dunia digital yang luas, kalian pasti sering melihat ada banyak karya-karya yang bagus dan juga keren. Bisa dalam bentuk musik, foto, lukisan, atau bahkan sebuah gambar.

Pernahkah kalian berpikir untuk membuat karya yang tidak kalah hebat? Namun.. kalian masih ragu untuk melakukannya? Padahal kalian memiliki segudang skill dan bakat yang bisa kalian tunjukkan pada dunia. Atau, kalian juga bisa mengembangkan soft skill sebagai remaja untuk menjadi modal di masa depan.

Nah, kali ini kalian bisa menyimak cerita dari dua orang yang telah berkecimpung untuk berkarya di dunia digital. Kira-kira apa saja ya tips dan triknya? Bagaimana mereka bisa memiliki karya yang eksis dan bahkan dilirik hingga mancanegara.

Yuk kita simak cerita mereka!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Salsabila Ghaisani - Digital Illustrator

Halo teman-teman! Nama saya Salsabila Ghaisani, bisa dipanggil Cacak atau Salsa. Saya adalah seorang freelance digital illustrator yang kesibukannya membuat ilustrasi digital untuk kebutuhan personal maupun komersial

Untuk yang belum tahu, digital illustrator adalah menciptakan karya visual dalam bentuk gambar dengan menggunakan seni digital. Saya biasa mengerjakan ilustrasi wajah, cover buku, buku anak-anak, dan pattern.

Bagi saya menggambar illustrasi dimulai dari hobi yang saya tekuni sejak saya berumur 17 tahun. Lama kelamaan saya merasa hobi ini bisa saya eksplorasi menjadi pekerjaan yang lebih profesional.

Berbicara tentang dunia digital, saya menggunakan dua media digital untuk mengarsipkan karya yang pernah saya buat yaitu: behance dan Instagram. Menurut saya, dengan perkembangan dunia digital yang pesat kita juga harus bisa mengimbanginya.

Terbukti, dengan adanya media digital karya yang saya buat bisa dilihat dan dikenali banyak orang. Oh iya, karena media digital juga saya bisa membuat illustrasi untuk orang di Spanyol dan bisa mendapatkan koneksi dengan berbagai illustrator hebat di seluruh dunia!

karya digital ilustrasi

"Oh iya, ada sedikit trik yang saya lakukan yaitu menulis caption dan portfolio saya dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini supaya saya bisa memperluas jangkauan audiens sehingga semakin banyak yang bisa melihat dan menikmati illustrasi yang saya buat."

Bagi kalian yang ingin berkarya di dunia digital, yuk jangan takut! Percaya Diri adalah kunci yang utama, rutin dan aktif berkarya dan juga lupa untuk posting di platform digital yang kalian pilih! Tetap kembangkan skill yang kalian miliki, karena menjadi unik itu perlu, lho! Supaya semakin unik skill yang dipunya semakin banyak demand dari karya-karyamu.

Jangan pernah takut untuk berkarya!

Farizi - Musisi

Hai! Perkenalkan nama saya Farizi, saat ini saya bekerja pada salah satu start up sebagai internship product manager. Saya juga memiliki project music dengan nama “Rizi”.

Saya menekuni dunia musik sejak saya remaja sekitar umur 14 tahun. Selain mengerjakan lagu sendiri, saya juga beberapa kali mengerjakan lagu untuk sebuah series dan short movies.

Karya-karya yang saya buat bisa didengar melalui platform musik digital. Menurut saya, nilai plus dari adanya media digital adalah easy to access (mudah diakes) untuk orang lain dengarkan dan bagikan jika mereka suka dengan musik saya. Selain itu, platform music digital gratis sehingga saya tidak perlu mengeluarkan uang untuk membagikan karya yang saya buat.

Adanya platform digital membuat saya bisa memiliki pendengar hingga luar Indonesia. Selain itu, beberapa lagu yang saya buat juga pernah menjadi latar musik untuk sebuah short video milik channel luar negeri dan menjadi musik untuk tim e-Sports global.

karya musik digital

"Saya tidak bisa mendapatkan apa yang saya punya sekarang tanpa adanya bahasa Inggris. Dengan bahasa Inggris, ada banyak kesempatan untuk saya terbuka lebar. Musik saya bisa didengar oleh nama-nama besar dan khalayak luas, terima kasih untuk bahasa Inggris.

Dalam merilis karya di dunia digital, kalian tidak boleh melupakan pentingnya bahasa Inggris, apalagi jika kalian ingin karya kalian bisa didengar di luar negeri. Karena bagi saya sendiri, musik saya bisa didengar hingga internasional dan saya bisa terhubung dengan banyak orang hebat. Semua hal itu terjadi karena dipayungi oleh bahasa Inggris!

Untuk kalian yang ingin terjun berkarya pada bidang digital, just simply do it! Mungkin pada awalnya akan berjalan lambat, tapi percaya pada kemampuan kalian karena pada akhirnya kalian pasti bisa. Jika kamu ragu untuk berkarya ingat, just do it, tidak perlu berpikir dua kali untuk melakukannya. Karena kita hanya akan tahu hasilnya jika kita sudah mencoba!

Good luck!

Wah itu dia cerita dari Cacak dan Farizi tentang bagaimana mereka berkarya di dunia digital ini. Bagaimana apakah kalian tertarik juga? Yuk sejalan dengan International Youth Day tunjukkan karya-karya hebat kalian sebagai remaja Indonesia. Buktikan bahwa kalian bisa eksis hingga kancah internasional!

Seperti yang dikatakan kedua orang di atas, bahwa sedikit banyak bahasa Inggris menjadi hal penting untuk bekal berkarya di dunia digital. Supaya karya kita bisa dinikmati orang secara luas dan mendapatkan berbagai koneksi hingga luar Indonesia.

Kalian bisa nih mulai berlatih bahasa Inggris dimulai dengan mengikuti kursus bersama EF! Ada berbagai materi seru yang siap kamu jelajahi, guru-guru profesional yang akan mendampingimu, dan suasana belajar yang menyenangkan. Belajar bahasa Inggris akan terasa menggasyikkan!

Yuk bergabung dengan EF!

Ben Small Stars
Author
Ben