Menu
soft skills remaja
Education Advice

5 Soft Skills Penting yang Harus Dikuasai oleh Remaja

2021.07.13

Pernahkah kalian mendengar apa itu soft skill? Yup, soft skill adalah kemampuan interpersonal yang bersifat non-teknikal. Dibanding dengan hard skill, soft skill lebih sulit diukur dan dilihat sebagai ciri kepribadian yang mungkin telah lama dikembangkan.

Sebenarnya seberapa penting sih soft skill untuk kita kembangkan? Ternyata kita perlu mempelajari soft skill yang kita punya terutama ketika masih remaja. Hal ini karena soft skill memiliki peran untuk mendukung dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, dan tentunya di pekerjaan kelak. Memiliki soft skill bisa menjadi nilai plus yang membedakan kita dari orang lain.

Kira-kira apa saja ya soft skill yang harus dikuasai oleh remaja? Yuk simak artikel berikut!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Public Speaking

skill public speaking

Berbicara di depan umum melibatkan berbicara di depan sekelompok orang, bisa di depan orang-orang yang kamu kenal (misalnya pada perayaan keluarga) atau kerumunan orang asing. Tidak semua orang bisa melakukan public speaking dengan baik, terutama yang melibatkan audiens besar. Padahal kemampuan ini sangat berguna karena bisa meningkatkan citra baik yang kamu miliki, meningkatkan kepercayaan diri, dan membuka banyak peluang.

Untuk bisa menguasai kemampuan public speaking yang baik, hal penting yang kamu harus lakukan adalah menyiapkan segala sesuatu dan berlatih. Dengan menyiapkan segala hal sebelumnya, kamu bisa menguasai materi yang akan kamu sampaikan dengan lebih baik serta kamu akan lebih siap untuk tampil di depan umum. Dibarengi dengan latihan untuk berbicara di depan umum kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri yang kamu miliki sehingga bisa tampil secara maksimal.

2. Manajemen Waktu

skill manajemen waktu

Apakah kalian pernah kehabisan waktu dalam mengerjakan tugas? Nah, itu artinya kemampuan manajemen waktu kalian masih kurang baik. Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu. Keuntungan menguasai manajemen waktu yang baik membuat seseorang bisa menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, produktivitas akan bertambah dan bisa menjelajahi lebih banyak kesempatan.

Bagi pelajar, menguasai manajemen waktu penting untuk bisa menentukan belajar dan mengerjakan tugas secara efektif. Jadi, manajemen waktu bukan tentang menggunakan waktu sebanyak-banyaknya tetapi tentang melakukan hal-hal secara efisien. Kamu bisa mulai belajar manajemen waktu dengan memprioritaskan tugas-tugas yang penting dahulu, membuat jadwal, dan mengerjakan satu hal dalam satu waktu.

3. Networking

soft skills networking

Soft skill yang satu ini masih sering dianggap tidak begitu penting. Padahal banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mengembangkan networking yang baik pula. Sebenarnya apa sih yang disebut dengan networking? Bisa dikatakan bahwa networking adalah membangun jaringan atau relasi dengan orang lain. Melalui networking kamu bisa mendapatkan keutungan bagi dua belah pihak.

Semakin luas networking yang kamu miliki, semakin banyak pula kesempatan dan peluang untukmu. Kamu juga bisa mendapatkan banyak pemikiran dan wawasan baru dengan membangun networking. Cara untuk mengembangkan kemampuan networking sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan untuk mencari teman-teman baru dan ambil kesempatan untuk memperluas networking.

4. Komunikasi

soft skill komunikasi

Bukan rahasia lagi bahwa kemampuan komunikasi penting untuk dipelajari. Selain penting untuk diri sendiri, menguasai kemampuan komunikasi yang baik juga akan bermanfaat untuk kehidupan sosial dan masyarakat. Kemampuan komunikasi tidak hanya terbatas pada verbal semata lho, tetapi ada keterampilan nonverbal juga yang harus dikuasai. Dengan menjalin komunikasi yang jelas, kamu dapat menghindari kesalahpahaman dalam suatu pembicaraan.

Nah, bagaimana cara untuk mengasak keterampilan komunikasi? Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan berlatih mendengarkan orang lain berbicara. Tanpa keterampilan mendengarkan yang kuat, upaya komunikasi apa pun akan menjadi satu arah dan mungkin tidak efektif. Ketika kamu sudah bisa menjadi pendengar yang baik kamu akan dengan mudah menjadi komunikator yang baik pula.

5. Berpikir Kritis

soft skill berpikir kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir secara terorganisir dan rasional untuk memahami hubungan antara ide dan/atau fakta. Mengembangkan soft skill berpikir kritis dibutukan waktu, kesabaran, dan latihan yang terus menerus supaya kamu bisa menguasainya. Namun, ketika kamu sudah bisa menguasai cara berpikir kritis akan mempermudah kamu dalam berbagai hal seperti mengerjakan tugas dan menganalisa masalah.

Tanpa kita sadari, kita sudah dilatih untuk berpikir kritis sedari kita duduk di bangku sekolah, lho. Hal ini karena mempelajari berpikir kritis bisa dimulai seperti membaca buku dan berdikusi. Ketika banyak membaca buku, maka kamu akan memperkaya kosa kata baru, membuka wawasan, dan memperdalam topik-topik tertentu. Di samping itu, berdiskusi dan bertukar pikiran dengan orang lain juga akan mengasak kemampuan berpikir kritis yang kamu miliki.

Dari kelima soft skill di atas, skill mana yang belum kalian kuasai? Jangan berkecil hati karena mengembangkan soft skill diperlukan latihan dan juga kesabaran untuk bisa menguasainya. Hal yang paling penting adalah kamu tidak berhenti untuk belajar.

Mengembangkan soft skill tidak lengkap jika belum dibarengi dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. Kamu bisa mendapatkan itu semua bersama EF. Dengan materi pembelajaran yang seru dan guru-guru yang profesional, belajar bahasa Inggris pastinya akan menyenangkan!

Jadi, sudah siapkah kamu belajar bersama EF?

Sampai jumpa di kelas!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas