Menu
pepatah bahasa inggris
Reading and Writing

Pepatah Bahasa Inggris tentang Belajar, Bisa Memotivasi

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.02.26

Pernahkah kalian mendengar sebuah pepatah yang mengatakan, "Practice makes perfect"? Yup, pepatah ini adalah salah satu dari sekian banyak proverb atau pepatah dalam bahasa Inggris yang berbicara tentang pentingnya belajar. Hari ini, kita akan menjelajahi beberapa proverb yang memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus belajar, sekaligus menggali maknanya dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pendidikan adalah petualangan seumur hidup yang penuh dengan tantangan dan kemenangan. Sebagai pelajar, kita sering menjumpai saat-saat kita ragudan ingin menyerah. Meskipun belajar itu melelahkan, jangan sampai kamu menyerah ya EFriends. Kamu bisa beristirahat sebentar, bermain bersama teman dan makan makanan kesukaanmu. Kamu juga bisa membaca kata-kata motivasi belajar ini supaya semangatmu kembali menyala.

quotes belajar

1. The journey of a thousand miles begins with a single step

Pepatah ini mengingatkan kita bahwa tujuan yang paling ambisius pun dapat dicapai jika dipecah menjadi langkah-langkah yang lebih kecil yang lebih bisa kita lakukan. Pepatah ini mendorong kita untuk memulai perjalanan belajar dengan tekad, mengambil langkah demi langkah menuju tujuan yang kita inginkan.

2. The mind is everything. What you think you become

Pepatah ini menekankan kekuatan pikiran dan keyakinan kita dalam membentuk pengalaman belajar kita. Pepatah ini mengajak kita untuk menumbuhkan pola pikir positif, percaya pada kemampuan sendiri untuk belajar dan berkembang.

3. A child without education is like a bird without wings

Sama seperti sayap yang memungkinkan seekor burung terbang, pendidikan memberdayakan seseorang untuk mencapai potensi penuh mereka dan menjelajahi dunia dengan percaya diri. Pepatah ini menyoroti pentingnya memanfaatkan peluang belajar dan menggunakannya untuk membuka pertumbuhan dan kesuksesan pribadi.

4. Learning is not attained by chance; it must be sought for with ardor and attended to with diligence

Pepatah ini menekankan sifat aktif dalam belajar, menekankan bahwa memperoleh pengetahuan membutuhkan dedikasi, usaha, dan keinginan yang tulus untuk belajar.

5. An investment in knowledge pays the best interest

Pepatah ini menyoroti manfaat pendidikan dalam jangka panjang. Menekankan bahwa waktu dan usaha yang diinvestasikan dalam pembelajaran menghasilkan keuntungan yang berharga sepanjang hidup seseorang. Tidak ada belajar yang sia-sia ya EFriends.

6. The roots of education are bitter, but the fruit is sweet

Pepatah ini mengakui tantangan awal yang terkait dengan pembelajaran. Belajar memang susah dan melelahkan. Pepatah ini akan mengingatkanmu bahwa upaya awal dan dedikasi yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan pada akhirnya akan membuahkan hasil yang bermanfaat. Misalnya kamu berhasil mendapat juara, atau berhasil bersekolah di tempat yang kamu impikan.

7. Education is the most powerful weapon which you can use to change the world

Pepatah menyoroti bagaimana pendidikan membekali seseorang dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemikiran kritis yang diperlukan untuk memberikan dampak positif terhadap dunia di sekitar mereka.

8. He who asks a question is a fool for five minutes; he who does not ask is a fool for life

Pepatah ini mendorong rasa ingin tahu dan pentingnya bertanya. Mengingatkan kita bahwa mencari informasi dan pemahaman sangat penting untuk pembelajaran yang efektif. Dengan terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mengajukan pertanyaan, kamu akan memperoleh wawasan yang lebih mendalam dan memantapkan pemahamanmu terhadap sesuatu.

9. The whole purpose of education is to turn mirrors into windows

Pepatah ini menjelaskan bagaimana pendidikan memperluas perspektif kita, memungkinkan kita melihat dunia di luar pengalaman langsung kita dan memupuk pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita sendiri dan orang lain.

10. Education is not preparation for life; education is life itself

Pepatah ini menekankan hakikat belajar seumur hidup. Pendidikan bukan sekedar alat untuk mencapai tujuan namun merupakan proses berkelanjutan yang membentuk pengalaman dan perspektif kita sepanjang hidup kita.

Apakah proverb di atas sudah berhasil menumbuhkan semangatmu kembali, EFriends? Ingat ya, belajar adalah investasi terbaik yang bisa kita berikan pada diri kita sendiri. Setiap usaha yang kita lakukan dalam belajar akan membawa kita lebih dekat pada impian dan tujuan kita. Jangan pernah berhenti untuk belajar dan berkembang!

Kalau kamu mau belajar bahasa Inggris sampai bisa jadi jago seperti native speaker, kamu bisa ikut belajar di EF. Kamu akan didampingi guru-guru internasional, membuat praktik speaking jadi lebih menyenangkan. Penasaran? Kamu bisa intip keseruannya lewat program kelas percobaan gratis yang tersedia di seluruh sekolah EF di Indonesia. Untuk mendaftar, kamu hanya perlu mengisi nomor HP di form yang ada di atas. Mudah kan? Yuk daftar sekarang!