Menu
proverb
Reading and Writing

10 Proverb Tentang Teman

tom thunder
Author
Tom Thunder
2023.02.13

Punya teman yang baik dan selalu ada di saat kamu membutuhkan mereka adalah hal yang sangat berharga. Maka dari itu, kamu harus bersikap baik kepada teman dan sahabat yang ada di sekelilingmu. Hari ini, Tom mau membagikan beberapa proverb atau pepatah bahasa Inggris tentang teman yang bisa membantumu dalam memilih teman. Sudah tahukah apa itu proverb?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menurut kamus bahasa Inggris Oxford, proverb atau pepatah adalah kalimat singkat yang menyatakan kebenaran atau nasihat yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berikut daftar 10 pepatah bahasa Inggris yang bisa kamu bagikan ke teman-temanmu dan kamu gunakan dalam percakapa bahasa Inggris.

1. Strangers are just friends waiting to happen

Kamu masih ingat awal mula kamu bertemu sahabatmu? Awalnya kalian tidak saling mengenal, kan? Maksud pepatah ini adalah bahwa semua orang yang kamu temui punya kemungkinan untuk menjadi teman baikmu. Jadi, kamu harus terbuka untuk berteman dengan orang baru.

2. A man who has friends must himself be friendly

Hubungan persahabatan dibangun oleh dua orang. Jadi, kamu dan sahabatmu harus sama-sama berusaha untuk menjaga hubungan persahabatanmu, ya! Agar pertemanan kalian bisa terus berlanjut.

3. Birds of a feather flock together

Pepatah ini menjelaskan kalau hubungan pertemanan biasanya terjadi karena keduanya punya sifat yang mirip atau menyukai hal yang sama. Misalnya, kamu dan temanmu sama-sama menyukai film Harry Potter.

Apakah kamu bisa menyebutkan kesamaanmu dengan temanmu?

4. A friend in need is a friend indeed

Teman yang selalu menemanimu dan siap membantu saat kamu mengalami kesulitan adalah teman sejati.

5. A friend at hand is better than a relative at a distance

Pepatah bahasa Inggris ini berlaku jika kamu sedang berada jauh dari keluargamu. Saat kamu jauh dari keluargamu, satu-satunya orang yang bisa menemanimu adalah temanmu.

6. A friend’s eye is a good mirror

Kadang-kadang kita tidak bisa menilai diri kita sendiri sejelas kita menilai orang lain. Salah satu manfaat memiliki teman yang baik adalah mereka bisa memberi tahu kalau kamu melakukan hal yang baik atau buruk.

7. A man is known by his friends

Salah satu cara orang menilai kita adalah melihat dengan siapa ia berteman. Meskipun kamu baik, tapi ketika temanmu tidak baik, orang bisa menganggapmu tidak baik. Jadi, selalu pilih sahabatmu baik-baik ya!

8. False friends are worse than open enemies

Teman yang palsu lebih buruk daripada musuh yang terlihat. Hal ini karena musuhmu jelas menunjukkan kalau ia tidak suka dengamu. Tapi kalau teman palsu, ia akan pura-pura baik di depanmu dan akan menjatuhkanmu di belakang.

9. A friend to all is a friend to none

Kamu pernah melihat orang yang mudah bergaul dan punya banyak teman tapi dia tidak punya teman dekat? Itulah maksud pepatah bahasa Inggris ini. Punya banyak teman tapi tidak punya teman dekat bukanlah hubungan yang unik dan berharga.

10. Keep your friends close but your enemies closer

Maksudnya, kamu harus lebih dekat dengan musuhmu daripada sahabatmu agar kamu bisa mempersiapkan diri jika musuhmu ingin menjatuhkanmu.

Itu tadi beberapa pepatah bahasa Inggris yang cocok dijadikan quotes pertemanan. Tahukah kamu kalau punya teman bisa membuat manusia lebih bahagia?

Makanya, yuk perluas pertemananmu! Di EF, kamu bisa bertemu teman baru sambil belajar bahasa Inggris, loh! Kamu bisa coba ikut Free Demo Class di EF. Kapan lagi kamu bisa belajar bahasa Inggris gratis dan bertemu banyak teman baru dan guru-guru yang keren? Kamu juga bisa ajak sahabatmu kursus bahasa Inggris bersama agar belajar jadi semakin seru!

Yuk daftarkan dirimu dan teman-temanmu sekarang!