Menu
language feature newst text
Reading and Writing

Penjelasan Language Feature dari News Item Text

2020.05.01

Cara mudah belajar bahasa Inggris salah satunya adalah mempelajari jenis-jenis teks di dalam bahasa Inggris.

Secara umum, teks di dalam bahasa Ingggris dikategorikan menjadi dua kelompok antara lain adalah teks fiksi dan non-fiksi.

Teks yang termasuk ke dalam fiksi adalah narrative text, spoof text, anecdote text, dll. Sedangkan teks non-fiksi terdiri dari review text, recoun text, hortatory exposition, dan explanation. News item text juga termasuk ke dalam teks non-fiksi yang mengutamakan faktualitas.

Di bawah ini, kamu akan mempelajari language feature dari news item text.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

LANGUAGE FEATURE

Mencantumkan Informasi sebagai headline berita

Dikarenakan news item text adalah teks yang menjabarkan mengenai berita-berita teraktual yang menyajikan berita secara fakta dan akurat, maka headline utama dalam news item text mencantumkan informasi bukan sebuah cerita yang dikarang-karang.

Menggunakan action verb

Di dalam menulis news item text, seorang penulis harus menggunakan action verb seperti crash atau hit.

Menggunakan saying verb

Para pencari berita yang kemudian menuliskan news item text diwajibkan menggunakan saying verb contohnya said dan stated. Kata-kata ini bisa menjelaskan keterangan tambahan dari para saksi ataupun polisi.

Menggunakan passive sentences

News item text menceritakan sesuatu yang sudah terjadi lalu diberitakan. Sehingga penulis harus menggunakan passive verb dalam penulisan kalimatnya.

Menggunakan adverb in passive sentences

Anda diminta menuliskan adverb di dalam passive saat menuliskan kalimat berita yang disajikan di dalam news item text.

CATATAN

Untuk kamu para penulis news item text, perlu ingat bahwa news item text hanya berfokus pada kejadian bukan pelakunya. Pelaku berdiri sebagai supporting idea yang memperjelas kejadian inti.

Selain itu, news item text harus merincikan kejadian satu per satu secara induktif dan deduktif. Hal ini dikarenakan berita yang disajikan adalah kejadian-kejadian aktual.