Menu
bagian buah dalam bahasa inggris
Grammar and Vocabulary

Parts of Fruit! Mengenal Bagian Buah dalam Bahasa Inggris

tom thunder
Author
Tom Thunder
2024.01.26

Siapa yang suka makan buah? Buah itu bener-bener bagus buat tubuh, loh! Isinya penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Nggak cuma itu, makan buah juga membuatmu kebal dan jauh dari penyakit, lho. Nah, tapi tahu nggak sih, sebenarnya struktur buah itu terdiri dari apa saja? Kali ini kita akan mengambil contoh struktur buah mangga. Let's learn about part of fruits!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang punya bagian-bagian dengan tugas masing-masing. Salah satu bagian tumbuhan yang penting banget adalah buah. Jadi, buah bukan cuma enak dimakan, tapi juga punya peran besar dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

food vlogger

Buah dan Fungsinya

Buah, yang dalam bahasa Inggris disebut fruit adalah bagian dari tumbuhan yang tumbuh setelah bunga mengalami proses penyerbukan. Umumnya, buah mengandung biji yang berfungsi sebagai alat reproduksi bagi tumbuhan. Buah bervariasi dalam bentuk, ukuran, dan rasa, dan memiliki peran sebagai sumber nutrisi yang kaya bagi manusia dan hewan.

EFriend tahu tidak? Peran buah sangatlah penting bagi tanaman dan ekosistem. berikut ini adalah beberapa fungsi dari buah;

  • Salah satu fungsi utamanya adalah membantu penyebaran biji tanaman ke tempat atau lokasi baru melalui hewan yang mengonsumsi buah.

  • Buah memiliki kemampuan melindungi biji dari cuaca buruk dan hewan pemangsa.

  • Buah juga memiliki peran penting dalam menyediakan nutrisi dan serat yang berkontribusi positif pada kesehatan tubuh manusia dan hewan lainnya.

  • Selain jadi camilan yang enak dan sehat, buah juga bisa membantu tanaman melawan hama dan penyakit lewat senyawa-senyawa khusus.

  • Terakhir, buah juga ikut berperan dalam siklus hidup tanaman dengan berkembang setelah bunga diserbuki.

Wah banyak sekali ya! Struktur buah juga umumnya terdiri dari beberapa bagian yang memiliki peran tertentu dalam melindungi biji dan membantu dalam penyebarannya lho. Berikut adalah penjelasan tentang bagian-bagian buah dalam bahasa Inggris:

Kulit Buah (Exocarp) - Peel

Pertama adalah kulit buah atau "peel" dalam bahasa Inggris. Lapisan terluar ini bisanya disebut "exocarp". Fungsi exocarp adalah melindungi isi buah dari kerusakan fisik, cuaca buruk, dan serangan hewan pemangsa. Kulit buah memiliki beragam tekstur, ketebalan, dan warna tergantung pada jenis buah.

Siapa yang bisa mengupas kulit buah?

Daging Buah (Mesocarp) - Pulp

Bagian ini adalah bagian yang biasanya kamu nikmati saat memakan buah. Yap! Apalagi kalau bukan daging buah. Dalam Bahasa Inggris daging buah disebut "pulp" atau "flesh". Dalam istilah biologi, daging buah bisa disebut mesocarp, merupakan lapisan tengah buah yang mengelilingi biji dan terletak di antara "Peel" (exocarp) dan "Seed" (endocarp).

Daging buah seringkali mengandung jaringan yang mengandung banyak air dan nutrisi yang penting untuk perkembangan biji. Pada beberapa buah, daging juga berperan dalam memberikan rasa atau tekstur pada buah tersebut. Daging buah berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

Selain itu, daging buah juga digunakan sebagai tempat melindungi biji dari hama atau pengganggu lainnya.

Biji Buah (Endocarp) - Seed

Terakhir adalah bagian dalam buah, yaitu biji! Dalam bahas Inggris biji disebut seed. Memiliki istilah ilmiah endocarp, biji adalah lapisan terdalam buah yang dikelilingi daging buah. Fungsi endocaarp adalah melindungi bakal biji dari lingkungan eksternal dan mengatur akses ke biji.

Tahukah kamu bahwa di dalam buah mangga memiliki biji yang bisa disebut selaput biji atau seed coat? Contohnya, pada saat kamu memakan daging buah mangga, kamu akan menemukan lapisan keras yang mungkin biasa kamu sebut biji. Nah, lapisan keras ini yang disebut "seed coat". jika selaput biji ini kamu belah, didalamnya akan ada bakal biji buah Mangga. Lapisan yang mengelilingi bakal buah Mangga inilah yang disebut endocarp. Lalu, bakal biji atau "kernel" nantinya yang akan menghasilkan bibit pohon mangga baru.

Agar kamu tidak bingung, Tom punya poster keren yang akan membantumu lebih mudah belajar dan menguasai topik ini, lho. Yuk klik tombol di bawah ini!

Jadi seperti itu bagian-bagian buah dalam bahasa inggris. Buah merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan kita. Beragam fungsi, jenis, hingga struktur membuat buah menjadi salah satu elemen penting dalam keanekaragaman hayati. Teruslah menjaga dan merawat alam agar buah-buahan ini tetap bisa dinikmati oleh generasi-generasi mendatang ya!

Kalau kamu masih kesulitan menjelaskan tentang makanan menggunakan Bahasa Inggris, Tom siap membantumu! Ada kelas gratis di EF khusus untuk EFriends pembaca EF blog. Karena kelasnya terbatas setiap bulan, klaim tiketmu sekarang cukup dengan mendaftarkan nomor handphone!

Yuk ikuti pengalaman belajar seru di kelas EF bersama guru-guru yang asyik!