Menu
noun clause with question words
Grammar and Vocabulary

Noun Clause with Question Words

2020.05.08

Setelah belajar mengenai perbedaan antara noun dan noun clause, mungkin kalian akan bertanya-tanya mengenai cara menggunakan noun clause dalam sebuah kalimat. Bagaimana bentuk noun clauses with question words atau noun clause yang memiliki kata tanya?

Dalam penggunaannya, noun clause sendiri memang biasanya diawali oleh kata tanya dan kata penghubung. Pada artikel kali ini, kita akan belajar mengenai penggunaan noun clause yang diawali kata tanya seperti when, where, why, how, who, whom, what, which dan whose.

Seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya, noun clause merupakan klausa yang dapat dianggap sebagai subjek atau objek, dan dapat digantikan oleh nounit’. Struktur yang tepat dalam penggunaan noun clause dalam sebuah kalimat adalah sebagai berikut:

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Question

Noun Clause Form

Explanation

What did she write?

It’s not your business to know what she wrote.

Dalam kalimat di samping, what she wrote merupakan noun clause yang menjadi objek dalam kalimat. Noun clause tersebut dianggap sebagai satu kesatuan objek. Noun clause yang digunakan merupakan bentuk positif dari simple past tense.

When did Ayes move in?

When Ayes moved in is not in my acknowledgment.

Kalimat di samping merupakan contoh saat noun clause dijadikan subjek, yaitu when Ayes moved in. Noun clause yang digunakan merupakan bentuk positif dari simple past tense.

Who did he meet?

His long-lost best friend is who he met. He had longed for that meeting for years.

Dalam kalimat di samping, pengganti orang yang dibuat menjadi objek adalah who he met, yang merupakan noun clause dalam kalimat di samping. Noun clause yang digunakan merupakan bentuk positif dari simple past tense.

Why was she late?

I don’t know why she was late. Better ask her yourself.

Why she was late berlaku sebagai objek dalam kalimat di samping, dan merupakan bentuk noun clause. Noun clause yang digunakan merupakan bentuk positif dari simple past tense.

Where does Andi live?

I don’t know where Andi lives.

Sama seperti contoh sebelumnya, where Andi lives berlaku sebagai objek dalam kalimat tersebut. Noun clause yang digunakan merupakan bentuk positif dari simple present tense.

How do you survive that?

How I survive is not important. I have my own way to cope with things.

How I survive di sini dianggap sebagai sebuah subjek dalam kalimat tersebut, dan menjadi contoh saat sebuah noun clause digunakan sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Noun clause yang digunakan merupakan bentuk positif dari simple present tense.

Untuk mengetahui lebih banyak soal noun, kamu juga bisa mempelajari perbedaan noun dan noun clause dan belajar mengenai penggunaan noun clause di dalam bentuk kalimat lain.