Menu
contoh kalimat noun clause
Grammar and Vocabulary

Noun dan Noun Clause, Apa Bedanya?

2020.04.28

Dalam Grammar Series di EFBlog kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan noun dan noun clause dalam sebuah kalimat. Mungkin noun sudah terdengar familiar bagi kalian, namun apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan noun clause? Apa bedanya dengan noun?

Noun, seperti yang banyak dari kalian mungkin sudah tahu, adalah sebuah kata yang dapat mewakilkan subjek ataupun objek dalam sebuah kalimat. Kata tersebut dapat berupa orang, binatang ataupun benda. Sedikit berbeda dengan noun, noun clause adalah sebuah klausa yang berfungsi sebagai noun, membuatnya dapat diperlakukan seperti subjek ataupun objek dalam sebuah tatanan kalimat.

Lantas, seperti apa contoh penggunaan noun dan noun clause? Untuk dapat memahaminya dengan baik, simak contoh dan penjelasan berikut:

Contoh 1 Noun vs Noun Clause
Sentence with Noun

He writes a story.

Dalam kalimat di samping, he berlaku sebagai sebuah subjek, sedangkan a story merupakan objek yang berada di dalamnya. Keduanya merupakan noun. Kata kerja di dalam kalimat tersebut adalah writes, yang menghubungkan subjek dan objek di dalam satu kalimat.

Sentence with Noun Clause

What he writes is interesting.

Dalam kalimat di samping, What he writes berlaku sebagai subjek dalam kalimat—dan dapat disebut sebagai noun clause. Di dalam noun clause tersebut, he merupakan subject, sedangkan writes adalah verb.

Contoh 2 Noun vs Noun Clause
Sentence with Noun

My brother is working on a task.

My brother berlaku sebagai subjek dalam kalimat di samping, yang merupakan sebuah kalimat yang ditulis dalam present continues tense.

Sentence with Noun Clause

That criminal gets what he deserves.

Kalimat di samping memiliki noun dan noun clausethat criminal berfungsi sebagai subjek dalam kalimat tersebut, sedangkan what he deserves adalah noun clause yang berfungsi sebagai sebuah objek.

Untuk melihat penjelasan mengenai noun clause dengan lengkap, kamu juga dapat melihat penjelasan menyeluruh di EFBlog yang dirangkum dalam seri di bawah ini:

  1. Noun Clause dengan Kata Tanya

    noun clause

  2. Noun Clause yang Diawali Whether atau If
    [coming soon]

  3. Noun Clause dalam Pertanyaan yand Diikuti Infinitives
    [coming soon]

  4. Noun Clause yang Diawali dengan That
    [coming soon]

  5. Noun Clause dalam Quote Speech
    [coming soon]

Kamu juga dapat belajar tentang materi lengkap Grammar dalam aplikasi Grammar Pro.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku