Menu
penerjemah translator
Education Advice

Ingin Jadi Penerjemah Bahasa Inggris? Yuk Intip Tips Berikut Ini!

tom thunder
Author
Tom Thunder
2022.07.12

Tertarik menjadi penerjemah bahasa Inggris, tapi tidak tahu apa yang harus dipersiapkan? Simak artikel di bawah ini sampai tuntas, yuk!  

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, bahasa Inggris merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan harus dikuasai oleh setiap individu, khususnya sebagai media komunikasi.

Namun, tidak semua orang bisa berbahasa Inggris, maka dari itu banyak dari mereka yang membutuhkan jasa dari seorang penerjemah atau translator untuk membantunya berkomunikasi. Hal tersebut pula yang membuat profesi penerjemah atau translator bahasa Inggris sangat diminati oleh banyak orang saat ini.  

Sebelum menjadi seorang penerjemah atau translator bahasa Inggris, kamu pasti sudah tahu kan apa itu penerjemah atau translator? Yup! Penerjemah atau translator merupakan sebuah profesi yang bertugas untuk menerjemahkan atau mengubah tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain.  

Untuk menjadi seorang penerjemah atau translator ternyata tidak mudah loh! Tapi tenang saja, simak tips di bawah ini ya! 

apa itu penerjemah translator

1. Menguasai Bahasa Inggris

penerjemah bahasa Inggris

Kamu tidak akan bisa menjadi penerjemah atau translator jika kamu tidak memahami bahasa Inggris. Bahkan, jika kamu tidak mengerti secara mendalam mengenai teks yang akan diterjemahkan, kamu akan berisiko salah menafsirkan dan menyajikan terjemahan yang kurang akurat. Jadi, penerjemah atau translator yang baik harus memahami isi keseluruhan teks.

Lalu bagaimana cara menguasai bahasa Inggris? Jangan khawatir, Kamu dapat mempelajari tips untuk jago bahasa Inggris di sini.

2. Memiliki Kemampuan Menulis yang Baik

menulis writing Inggris

Salah satu cara termudah untuk mengembangkan kemampuan atau skill menulis adalah dengan memperbanyak membaca. Tidak hanya untuk menambah kosakata atau vocabulary, dengan membaca kamu juga akan mendapatkan inspirasi baru yang memudahkan kamu untuk menulis.

3. Mempelajari Budaya Secara Mendalam

mempelajari budaya culture

Untuk menjadi seorang penerjemah atau translator kamu juga diharapkan untuk mempelajari budaya secara mendalam. Hal tersebut dilakukan untuk memahami makna dan implikasi dari teks yang kamu terjemahkan. Ketika menerjemahkan bahasa, kamu juga harus memperhatikan konteks teks yang ditulis dan menyesuaikan dengan budaya yang ada, jadi terjemahan kamu dapat dipahami oleh pembaca. 

4. Banyak Berlatih

berlatih translate

Semakin sering kamu berlatih menerjemahkan kata-kata, akan semakin baik pula hasil terjemahan yang kamu hasilkan. Menjadi seorang penerjemah merupakan hal yang tidak mudah, dibutuhkan proses yang panjang, ketekunan, dan juga pengalaman yang membuat kamu terbiasa

. Mengikuti kursus bahasa Inggris juga merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan menerjemahkan kamu menjadi lebih baik.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjadi penerjemah atau translator bahasa Inggris. Dari beberapa tips di atas dapat dilihat bahwa menjadi penerjemah atau translator bukan hal yang mudah. Menjadi seorang penerjemah atau translator tidak hanya sekedar menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain, tapi harus menguasai kemampuan lain yang dapat mendukung kemampuan menerjemahkan kamu.

Kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu di EF loh! EF memiliki banyak metode seru untuk belajar sehingga kamu tidak perlu takut merasa bosan.  

Yuk, persiapkan diri kamu menjadi penerjemah dan translator dari sekarang! Jangan lupa untuk bergabung dalam Free Demo Class EF, sebelum kehabisan tempat, daftar sekarang juga ya! 😉