Menu
scout
Education Advice

Scouts atau Pramuka, Mengapa Kamu Harus Ikut?

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.02.18

Apakah kamu gemar mengikuti kegiatan pramuka? Setiap hari tertentu kita diwajibkan memakai seragam pramuka di sekolah. Sebenarnya, bagaimana sejarah dan pentingnya ikut pramuka?

Pada tahun 22 Februari di setiap tahunnya kita akan merayakan Hari Pramuka Sedunia dan juga hari lahir Lord Baden Powell. Apakah kamu tahu siapa beliau? Ya, tokoh tersebut adalah Bapak Pramuka Dunia yang telah mendirikan gerakan kepanduan Girl Scout atau Boy Scout (Pramuka) pada tahun 1908.

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

brata tryana hardjosubroto

Sambil mengenang hari istimewa ini, kita akan bertualang menelusuri dunia pramuka bersama Bapak Brata Tryana Hardjosubroto.

Beliau merupakan Andalan Nasional Gerakan Pramuka dan anggota Komite Pramuka Kawasan Asia-Pasifik masa bakti 2022 – 2028.

Sudah siap mendengar cerita dari Bapak Brata? Let’s get right into it! πŸ˜‰

boy scout

Pertama, saya ucapkan terima kasih atas minatnya untuk mengenang hari lahirnya Lord Baden Powell, pendiri Gerakan Pramuka Dunia pada tanggal 22 Februari.

Cerita singkatnya, Lord Baden Powell merupakan Letnan Jendral di Inggris, di mana negara Inggris terkenal memiliki tentara yang kuat.

Pada tahun 1907 ketika dirinya pensiun sebagai tentara, Lord Baden Powell melihat fenomena yang terjadi saat revolusi industri 1.0. Kala itu banyak suami istri yang bekerja, sehingga anak-anak mereka yang tinggal di rumah hingga terlantar.

Berdasarkan hal ini, Lord Baden Powell prihatin dan memikirkan ide bagaimana anak-anak bisa dibina. Akhirnya Ia pun memulainya dengan menggelar perkemahan eksperimen di Pulau Brownsea. Pada saat itu diadakanlah perkemahan bersama dengan anak-anak yang berjumlah sekitar 20 orang.

Selama melakukan perkemahan atau camping, Lord Baden Powell melatih anak-anak seperti tentara dengan tidur di tenda, membangunkan dengan trompet, sarapan, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mengajarkan kedisiplinan. Selain itu pun diajarkan janji dan tekad mereka sebagai anggota scouting yang harus berkelakuan baik, taat kepada orang tua, hormat kepada ratu, dan bertakwa kepada Tuhan.

Ternyata setelah perkemahan usai, anak-anak yang kembali ke London menjadi memiliki karakter yang baik. Akhirnya kegiatan scouting pun kembali dilakukan hingga berkembang sampai ke Indonesia karena dianggap sebagai kegiatan non formal education yang baik.

Di Indonesia sendiri, kegiatan pramuka ada sejak tahun 1912. Lalu diciptakan Gerakan Pramuka Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 yang hingga saat ini diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional.

hari pramuka sedunia
pramuka

Q: Bapak Brata kini dikenal sebagai salah satu perwakilan Gerakan Pramuka Indonesia untuk bergabung dalam Komite Pramuka Asia-Pasifik. Sebenarnya apa sih yang pada awalnya memicu Bapak Brata untuk mendalami kegiatan Pramuka?

A: Awalnya yang memicu saya di kepramukaan yaitu karena saya suka dengan organisasi. Sebagai anak muda, saat itu saya senang mengikuti kegiatan camping, hiking, dan adventuring. Pramuka itu kegiatan yang fun. Most of the activities are about playing … Β 

pramuka indonesia

Q: Bisa diceritakan apa saja pengalaman unik dalam kegiatan Pramuka atau Scouts yang pernah Bapak Brata alami?

A: Banyak sekali pengalamannya, tahun 1973 saya ikut jambore nasional di πŸ“ŒCibubur, dulu naik kereta ke Jakarta bersama teman-teman selama 2 minggu. Pada saat itu kami tidur di tenda, masak sendiri, dan ikut banyak permainan.

Kemudian saya bersyukur, pernah menjadi ketua kontingen jambore Indonesia di Manila. Pada 100 tahun hari kepramukaan itu dilaksanakan di UK dan membawa anak-anak pramuka sebanyak 400 orang. Tanggung jawab saya di sini yaitu agar mereka selalu semangat, sehat, dan menikmati kegiatan dengan enjoyed. Saya senang karena I’m back to being young people.

Lalu usai jambore di Swedia, anak-anak yang ikut serta menjadi aktif di pramuka dan mereka bisa menjadi warga negara yang baik.

camping

Q: Mengapa kegiatan Pramuka sangat penting untuk diikuti oleh anak muda Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin terjun ke dunia internasional?

A: Kegiatan pramuka sangat penting untuk pemuda Indonesia karena menanamkan nilai-nilai yang baik, dan saya mengalaminya sendiri.

Kegiatan kepramukaan itu mengajarkan kepemimpinan, tanggung jawab, paham arti dari stratifikasi sosial, budaya, dan lingkungan, serta mengajarkan kebaikan sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma yang merupakan janji sumpah semua anggota pramuka di seluruh dunia. Dasa artinya 10, Dharma artinya kebaikan, jadi kita harus menjalankan 10 kebaikan. Pengalaman ini hanya bisa dirasakan apa bila kita menjadi anggota pramuka yang penuh.

Melalui jambore, bahkan bisa menjadi salah satu jalan bagi anak-anak untuk bisa pergi ke luar negeri. Tentunya kita harus bisa berinteraksi dengan orang asing. Caranya yaitu dengan percaya diri dan berani berbicara bahasa Inggris.

Bukan hanya di pramuka, semua kegiatan di mana kita berinteraksi dengan orang asing maka kita harus berani berbahasa inggris.

Q: Kira-kira, adakah nasihat yang ingin Bapak Brata bisa sampaikan untuk para pembaca di EF Blog?

A: Pesan saya kepada semua anak-anak muda, termasuk pembaca EF Blog, jadilah anak yang amanah, jujur, bertanggung jawab, berkarakter yang baik, memiliki pendirian, berteman dengan banyak orang, membaca, belajar, dan jangan wasting your time dengan hal-hal yang tidak berguna.

Gunakanlah waktu dengan manfaatkannya sebaik mungkin untuk persiapan masa depan, karena dunia kita semakin lama semakin banyak challengenya. Termasuk pentingnya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk bersaing di dunia Internasional.

Brata Tryana Hardjosubroto

Dari wawancara tersebut, banyak hikmah yang dapat kita petik dari kegiatan pramuka atau scouts ini. Di antaranya adalah agar kita bisa lebih percaya diri, berani tampil, dan cakap dalam berkomunikasi dengan orang asing.

Tentunya agar bisa berinteraksi dengan orang asing kita harus memiliki kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Jika saat ini kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lebih dalam lagi, ikut bergabung di kelas demo GRATIS EF yuk!

Di dalam kelas ini kita akan bertualang bersama sambil belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Cara pendaftarannya pun sangat mudah. Langkah yang perlu kamu lakukan hannyalah dengan isi nomor telepon aktif pada formulir di halaman ini.

Sebelum kehabisan tempat, DAFTAR SEKARANG juga! πŸ˜‰

Ben Small Stars
Author
Ben