Menu
campervan
News and Lifestyle

Liburan dengan Mobil, Ini 5 Trik Berkemah Hemat!

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.01.03

Apakah kamu sering mendengar istilah berkemah di mobil menggunakan campervan? Cara liburan yang satu ini menjadi unik dan sangat diminati oleh para wisatawan. Apa kamu salah satunya?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Berkemah dengan mobil dapat menjadi sebuah petualangan seru yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga ataupun teman-teman. Jika pada umumnya kita harus menggelar tenda camping di permukaan tanah, apa kamu tahu bahwa kamu juga bisa membuat tenda di atap mobil?

Berkemah menggunakan tenda berfungsi sebagai tempat berteduh untuk tidur ketika sedang liburan di hutan, pantai, dan lainnya. Selain itu, tenda juga berfungsi sebagai tempat berlindung dari binatang buas.

Sebelum menjalankan rencana liburanmu dengan mobil, simak 5 trik berkemah hemat di bawah ini yuk!

1. Gunakan tenda atap mobil atau Campervan

mobil campervan

Coba bayangkan ketika kamu membangun tenda atap mobil, kemudian tidur sambil melihat bintang di langit dan ditemani dengan melodi indah yang kamu putar… Wah pasti seru banget ya!

Supaya imajinasi ini tidak menjadi sebuah wacana, kamu bisa loh berkemah di dalam tenda atap mobil layaknya berkemah dengan campervan. Apalagi jika kamu ingin melakukan touring atau liburan bersama keluarga, maka wajib banget membangun tenda daripada harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk penginapan di hotel.

Apabila kamu tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli tenda ini, kamu juga bisa menyewanya sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan.

2. Siapkan makanan sesuai dengan kebutuhan

tenda camping

Karena tujuannya adalah berkemah dengan mobil maka ruangan untuk menyimpan benda akan sangat terbatas. Oleh karena itu di samping peralatan wajib yang kamu bawa, kamu harus memaksimalkan makanan sesuai dengan kebutuhan.

Maksudnya adalah ketika kamu melakukan perjalanan dengan berkemah dua hari maka yang perlu kamu persiapkan adalah jumlah stok makanan untuk dua atau tiga hari. Akan tetapi, jangan sampai kamu terlalu membatasi makanan hingga kelaparan, ya! Karena tempat berkemah biasanya akan sangat jarang sekali toko yang dapat kamu temukan untuk membeli makanan.

Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa lebih menghemat pengeluaran dibandingkan dengan membelinya di toko terdekat (jika ada) dan biasanya akan menawarkan harga yang lebih mahal.

3. Bawa kompor portable

kompor portabel

Setelah membawa makanan pokok dari rumah, kamu dapat memasaknya sendiri dengan kompor portabel. Kompor portable ini mempunyai harga yang lumayan terjangkau, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk merogoh kocek yang lebih dalam! Kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah di online shop favoritmu.

4. Pilih tempat camping yang sesuai dengan bujet

tempat camping

Meriset tempat untuk berkemah atau tempat camping adalah aktivitas utama yang wajib kamu lakukan. Pertama, jika kamu ingin berkemah hemat menggunakan campervan maka pilihlah tempat dengan tiket masuk yang murah dan terjangkau. Buat kamu yang misalnya tinggal di daerah Jabodetabek, pilihan πŸ“ tempat camping di Bogor, πŸ“ tempat camping di Bandung, πŸ“ Ciwidey, πŸ“ Sentul atau daerah lainnya mungkin bisa menjadi alternatif untuk liburan keluarga.

Setelah itu, jangan lupa untuk cek keamanan dan kenyamanan yang sekiranya akan kamu dapatkan selama berkemah.

5. Pakai jasa Paket Travel

travel wisata

Trik ke lima ini adalah jalan pintas bagi kamu yang tidak ingin repot merencanakan agenda perjalanan dan biaya lainnya. Dengan menggunakan paket jasa tour and travel, semua kebutuhan para penyewa akan terpenuhi tanpa harus mengocek kantong lebih dalam.

Agar mendapatkan harga paket tour murah, pastikan kamu memilih paket jasa travel dan tur yang sesuai dengan bujet. Misalnya ketika kamu ingin pergi berkemah dengan mobil seperti campervan, maka tidak perlu repot-repot lagi untuk merubah interior di mobilmu karena biasanya mereka sudah menyiapkan sesuai dengan kebutuhan para pelancong.

Selain itu, jangan lupa membawa dana cadangan sebagai persiapan untuk pengeluaran biaya tambahan yang tidak terduga nantinya.

Bagaimana? Apa kini kamu sudah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk berlibur dengan mobil? Tentukan pilihan destinasi wisata kamu ya!

Nah spesial juga untuk kamu yang bergabung dengan EF dan mengikuti Program EF Holiday Academy, kamu berhak mendapatkan bonus voucher tambahan ya dan berhak mengikuti FREE Demo Class dengan hanya mengisikan nomor telepon kamu pada formulir di halaman ini.

Yuk, jadi pintar bersama EF!

Ben Small Stars
Author
Ben