Menu
perbedaan answer, reply, dan respond
Grammar and Vocabulary

Apa Bedanya Answer, Reply, dan Respond?

grammardaftar kosakata
2020.09.15

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas perbedaan kosakata bahasa Inggris yang memiliki tulisan berbeda tapi memiliki arti yang sama, yaitu look, watch, dan see. Kali ini mari cari tahu perbedaan dari answer, reply, dan respond.

Apa yang terlintas dipikiranmu saat mendengar atau melihat kata answer, reply, dan respond? Ketiga kosakata ini sama-sama digunakan untuk memberikan reaksi terhadap sesuatu yang bisa merupakan pertanyaan atau pernyataan.

Tapi kosakata tersebut dipakai dalam konteks yang berbeda. Apa ya bedanya answer, reply dan respond? Yuk intip penjelasan berikut ini!

Answer

Answer dalam bahasa Indonesia artinya menjawab. Pertama, answer digunakan untuk saat kamu memberikan reaksi terhadap suatu pertanyaan yang sederhana. Seperti menanyakan nama, umur, jam, kabar dan lainnya. Ketika kamu memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut, maka hal itu disebut answer.

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan kata ini saat sedang melakukan ujian, saat ada panggilan masuk di handphone, dan ketika ada orang yang datang ke rumah. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh di bawah ini.

Contoh:

  • Please answer your phone.

  • Please answer the door. Our guests are here.

  • Please answer the questions.

  • He didn't answer his phone.

  • Answer all questions within 30 minutes.

Reply

Kata reply digunakan untuk memberikan reaksi terhadap pernyataan atau pertanyaan. Tetapi kata ini tidak terlalu formal seperti respond. Kamu dapat menggunakan kata reply ketika dalam konteks membalas email dan pesan dari orang.

Bukan hanya itu saja, kosakata ini juga digunakan pada penulisan novel maupun buku untuk mendeskripsikan reaksi dari orang. Seperti "what time is it?" "Twelve o'clock, he replied." Agar semakin paham, simak contoh berikut ini.

Contoh:

  • Thank you very much for your reply.

  • Please reply at your earliest convenience.

  • He never replied to my message.

Respond

Sama seperti reply, respond berarti memberikan reaksi terhadap sebuah pernyataan atau pertanyaan. Keduanya memiliki makna yang sama tetapi respond terdengar sedikit lebih formal. Jika kamu menggunakan kata ini saat mengirim pesan pada teman, maka kesannya akan sangat formal. Jadi lebih cocok dipakai untuk situasi yang lebih formal seperti bisnis.

Lalu kamu juga bisa menggunakan kata respond untuk memberikan reaksi terhadap sebuah pernyataan maupun suatu hal seperti pengobatan dan lainnya. Mari lihat contoh penggunaannya di bawah ini.

Contoh:

  • I need to respond to that email.

  • Have you responded to those enquiries yet?

  • She responded well to treatment,

  • I think the public will respond well to ths policy.

Itulah hal dasar yang perlu kamu ketahui tentang perbedaan answer, reply dan respond. Kamu juga bisa membaca artikel serupa seperti perbedaan miss, lose dan missing hanya di EF Blog.

Selain belajar melalui artikel, kamu juga dapat mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan tapi tentu efektif. Mau tahu? Isi nomormu pada kolom di bawah ini dan temukan jawabannya segera!

Selamat, Kamu Dapat Voucher dari EF!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini untuk klaim voucher diskon 10%* sampai tanggal 23 Oktober 2020. Yuk, keburu kehabisan!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku