Menu
bedanya miss, lose, dan missing
Grammar and Vocabulary

Perbedaan Miss, Lose, dan Missing

2020.08.11

Pasti kamu sering mendengar atau membaca kata miss, lose, dan loosing dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya apa sih arti dan perbedaan dari ketiga kata tersebut? Langsung saja lihat penjelasannya di bawah ini!

Kosakata bahasa Inggris tentunya sangat luas dan beragam. Terdapat banyak kata yang memiliki arti serupa namun penggunannya tidak sama. Selain itu ada juga kosakata yang memiliki penulisan sama namun arti yang berbeda. Kamu jangan sampai salah menggunakan suatu kata ya, karena akan memberikan makna yang berbeda nantinya.

Salah satu yang sering orang salah gunakan adalah kata miss, lose, dan missing. Apakah kamu tahu perbedaannya? Yuk cari tahu jawabannya segera!

HORE! KAMU DAPAT KELAS DEMO GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mencoba kelas demo, GRATIS!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Miss

Miss pada bahasa Inggris dapat kamu gunakan dalam tiga situasi. Yang pertama adalah melewatkan sebuah kegiatan atau kesempatan. Artinya kamu datang terlambat atau tidak datang sama sekali.

Lalu yang kedua adalah tidak mendengar atau melihat sesuatu. Dan yang terakhir adalah merasa rindu pada seseorang atau sesuatu.

Contoh:

  • I missed my flight.

  • You can miss your chance.

  • I missed what you were saying.

  • I miss my mother.

  • I miss someone.

2. Missing

Missing dalam bahasa Indonesia adalah kehilangan. Memang sedikit sama dengan kosakata lainnya, tapi digunakan dalam situasi yang berbeda. Saat suatu benda tidak berada pada tempatnya, dan kamu mencari hal tersebut maka gunakan kata missing.

Selain itu bisa juga dipakai pada orang. Nah untuk ini terdapat 2 situasi yang berbeda, pertama saat orang itu harusnya berada di suatu tempat namun ternyata dia tidak ada. Lalu yang kedua adalah saat seseorang yang hilang dan tidak diketahui dimana lokasinya.

Contoh:

  • My keys are missing.

  • They are missing from a dinner party.

  • A 12 years old girl has gone missing.

3. Lose

Lose dapat berarti kehilangan dan kalah. Saat kamu tidak dapat menemukan sesuatu seperti kunci, kartu kredit, dan lainnya maka gunakanlah lose. Lalu kata ini bisa kamu gunakan ketika membicarakan tentang menurunkan berat badan, rambut yang rontok, dan ketertarikan akan sesuatu.

Tak hanya itu, lose juga dipakai saat menyatakan sesuatu yang tidak kamu punya tapi dulu kamu memiliki itu.

Contoh:

  • I lost my credit card!

  • It's physically possible to lose weight.

  • They forget the times they lose.

Setelah melihat penjelasan di atas pastinya kamu tidak akan keliru saat menggunakan kata miss, lose dan missing. Untuk melihat artikel serupa, kamu dapat mengunjungi Grammar and Vocabulary section hanya di EF Blog.

Saat ini belajar grammar bisa menjadi gampang dan menyenangkan. Ingin tahu caranya? Klik tombol di bawah ini dan dapatkan penawaran khusus hanya untuk kamu!