Menu
tips mengerti ucapan native speaker

7 Tips untuk Mengerti Ucapan Native Speaker

listening tipsbelajar listeningtips belajar
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.07.27

Sudah lama belajar bahasa Inggris tapi masih susah untuk mengerti ucapan dari native speaker? Mungkin ada yang salah dari cara kamu belajar. Coba simak 7 tips di bawah ini agar kamu tahu apa yang harus dilakukan.

Ketika kamu mendengerkan orang Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris, tentu rasanya berbeda saat native speaker yang berbicara. Bahkan sebagian orang yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa ke dua atau tiga, masih kesulitan untuk mengerti ucapan dari native speakers. Padahal, bisa saja kamu bertemu orang asing saat sedang liburan di luar negeri.

Hal ini tentu saja perlu dilatih, agar kemampuan listening-mu semakin berkembang. Memang tidak gampang, tapi asal kamu tahu tipsnya semua akan menjadi lebih mudah.

Penasaran? Ini dia 7 tips untuk mengerti ucapan native speaker!

1. Belajar Berbagai Macam Aksen

Di Indonesia, tidak banyak orang yang berkesempatan untuk belajar bahasa Inggris secara langsung dengan bule. Sehingga, kita terbiasa mendengar bahasa Inggris dengan aksen Indonesia. Hal ini mengakibatkan saat kita mendengar native speaker berbicara, banyak perkataannya yang sulit untuk dimengerti.

Oleh sebab itu, saat belajar bahasa Inggris ada baiknya kalau kamu juga mempelajari aksen yang umum digunakan oleh native speaker. Contohnya seperti american accents dan british accents. Kalau sudah familiar dengan aksennya, tentu tidak akan sulit saat kamu berbicara langsung dengan native speaker.

2. Mengenali Reduced Forms

Tentunya saat berbicara untuk sehari-hari, rata-rata orang menggunakan bahasa yang informal. Berbeda ketika menulis, apalagi untuk kebutuhan akademik pastinya bahasa formal atau baku yang digunakan. Hal ini juga berlaku untuk bahasa Inggris.

Biasanya native speaker menggunakan reduced forms saat sedang berbicara santai. reduced forms dibentuk ketika orang berbicara dengan cepat sehingga menghilangkan sejumlah kata dan menggabungkan beberapa kata menjadi satu.

Contoh:

  1. Want to = Wanna.

  2. Going go = Gonna.

  3. Don't know = Dunno.

  4. Got to = Gotta.

3. Belajar Mengabaikan Fillers

Filers merupakan kata-kata umum yang sebenarnya tidak terlalu penting dan tidak terlalu menambah poin penting pada suatu kalimat. Biasanya native speaker menggunakan fillers hanya sebagai kebiasaan.

Saat native speaker berbicara, kamu bisa coba abaikan fillers yang digunakannya. Sehingga, kamu akan lebih fokus pada poin utama dari kalimat yang diutarakan.

Contoh Fillers:

  1. Actually.

  2. Anyway.

  3. Basically.

  4. By the way.

  5. I mean.

  6. Obviously.

  7. Well.

  8. You know.

4. Mempersiapkan Percakapan

Jika memungkinkan, kamu dapat mempersiapkan percakapan apa yang kira-kira ingin kamu bahas dengan native speaker. Bisa dimulai dari menyiapkan pertanyaan, argumen, respon, dan lainnya.

Tentunya pada situasi yang nyata, kamu akan tetap berimprovisasi. Tapi dengan mempersiapkan topik sebelumnya, kamu akan lebih siap dan belajar kosakata apa saja yang sekiranya masih berhubungan.

5. Belajar dengan Subtitle

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan adalah belajar bahasa Inggris dengan subtitle. Saat kamu mendengar seseorang berbicara dan melihat tulisan bahasa Inggrisnya, akan sangat membantu kamu untuk mengetahui bagaimana pengucapan kata yang benar.

Kamu dapat mencoba dengan menonton Youtube yang menggunakan subtitle atau jika kamu lebih suka menonton film dan tv show juga dapat menjadi referensi untuk lebih memahai gaya bicara native speaker. Siap untuk dicoba?

6. Jangan Malu Meminta Pengulangan

Seringkali native speaker tidak menyadari kalau mereka berbicara terlalu cepat atau bahkan menganggap bahwa kamu akan mengerti semua yang dibicarakannya. Sehingga mereka akan berbicara seperti biasanya dan pastinya untuk kamu yang masih tahap belajar akan dibikin pusing akan hal itu.

Satu prinsip yang harus ditanamkan adalah jangan malu. Native speaker tentunya akan memaklumi jika kamu berterus terang. Jangan pernah malu untuk meminta mereka mengulangi apa yang dibicarakan, meminta mereka berbicara sedikit lebih lambat, dan bisa juga meminta mereka untuk mengejakan kata yang sulit. Jangan berpura-pura mengerti ya.

7. Konsisten

Belajar apapun itu kuncinya adalah konsisten. Apalagi belajar mengenai bahasa. Kamu tidak bisa belajar 24 jam sehari lalu akan pintar selamanya. Durasi waktu yang lama namun jarang dilakukan tidak terlalu bagus dibandingkan dengan durasi waktu belajar yang sedikit tapi sering diulangi.

Sering-seringlah memperhatikan bagaimana native speaker berbicara melalui platform apapun. Jika kamu memiliki kesempatan untuk berbicara langsung, gunakanlah dengan sebaik mungkin.

Itu dia 7 tips yang dapat kamu terapkan untuk mengerti ucapan native speaker. Ingin tahu lebih banyak tips belajar bahasa Inggris? Ayo lihat artikel menarik lainnya pada Listening and Speaking section hanya di EF Blog.

Bagi kamu yang mau belajar bahasa Inggris dengan mudah hanya dari rumah saja, yuk segera isi nomormu pada kolom dibawah dan temukan caranya!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

Ben Small Stars
Author
Ben