Menu
percakapan bahasa inggris
Listening and Speaking
2020.04.30

Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan conversation bahasa Inggris adalah dengan berlatih percakapan bahasa Inggris. Banyak sekali jenis percakapan bahasa Inggris yang bisa kita pelajari, baik itu percakapan bahasa Inggris formal amupun percakapan bahasa Inggris Informal.

Salah satu yang bisa kita pelajari adalah, percakapan bahasa Inggris tentang liburan.

Namun bila Anda adalah seorang yang baru belajar bahasa Inggris, jangan dahulu khawatir akan grammar pada sebuah percakapan. Intinya adalah, bagaimana penguasaan vocabulary dalam membangun sebuah percakapan dua arah. Sebab jika terus khawatir dengan grammar yang sesuai atau tidak, maka hal tersebut akan menjadi hambatan untuk mempelajari percakapan bahasa Inggris kedepannya.

Percakapan bahasa Inggris tentang liburan adalah, sebuah percakapan antara dua orang atau lebih yang berisi tentang cerita liburan, ataupun rencana liburan nanti. percakapan bahasa Inggris tentang liburan biasanya adalah percakapan informal, sebab ini adalah percakapan yang biasa terjadi antar teman, walaupun ada beeberapa guru sekolah yang mungkin akan menanyakannya pada Anda.

Jadi jangan dulu khawatir akan grammar yang akan digunakan dalam percakapan bahasa Inggris tentang liburan. Asalkan Anda dan lawan bicara sama-sama memahami maksud dan esensi percakapan, maka sebuah percakapan bahasa Inggris tentang liburan bisa jadi sebuah pecakapan aktif yang menyenangkan untuk dipelajari.

Sebagai contoh, simaklah contoh sederhana dari sebuah percakapan bahasa Inggris tentang liburan antara Jason dan Jessica berikut ini:

Jason: Hi Jessica, what are you doing right now?

Jessica: I am making a plan for next week's holiday to travel.

Jason: So you always plan to travel when you have a holiday?

Jessica: Yes, I like to travel.

Jason: Where do you want to go on next week?

Jessica: I wanna go to Pulau Kakaban on Kalimantan Island, there a such beautiful beach, with a wonderful view.

Jason: Yeah, I knew that place before, it’s a wonderful place.

Dalam percakapan di atas, Jason dan Jessica membicarakan tentang rencana liburan Jessica yang akan pergi ke Pulau Kakaban. Baik Jason maupun Jessica berbicara menggunakan kalimat sederhana, dengan vocabulary umum tanpa khawatir dengan penggunaan grammar. Namun dalam percakapan diatas, keduanya sama-sama memahami maksud antara satu dengan yang lainnya.

Intonasi dari kata “Pulau Kakaban” tidak harus diucapkan dalam bahasa Inggris yang jika diartikan menjadi “Kakaban Island”, hal ini dikarenakan karena kata dan pengucapan dari suatu tempat tersebut merupakan sebuah identitas tersendiri.

Itulah contoh percakapan bahasa Inggris tentang liburan yang bisa kamu pelajari. Ingin tahu contoh percakapan lainnya? Yuk cek artikelnya di Listening and Speaking section.

Jika kamu tertarik untuk memperlancar conversation dalam bahasa Inggris, yuk isi nomormu pada kolom di bawah dan temukan caranya! Temukan juga 10 Contoh Dialog Agar Menjadi Cakap dalam berbicara bahasa Inggris