Menu
6 Kata Bahasa Inggris yang Sering Disalahartikan
Grammar and Vocabulary

6 Kata Bahasa Inggris yang Sering Disalahartikan

vocabularydaftar kosakata
Ben Small Stars
Author
Ben
2020.10.23

Apakah kamu pernah merasa bingung tentang penggunaan suatu kata yang benar dalam bahasa Inggris? Kebingungan ini bisa timbul karena terdapat sejumlah kata bahasa Inggris yang sering disalahartikan atau digunakan pada konteks yang kurang pas.

Kesalahan ini kemudian diulang-ulang oleh banyak orang, yang pada akhirnya bisa membuat orang lain percaya bahwa itu merupakan arti yang benar. Agar tidak semakin meluas penggunaannya yang salah, penting nih bagi kita untuk mengetahui arti sebuah kata yang sebenarnya. Di bawah ini terdapat 6 kata bahasa Inggirs yang sering disalahartikan dan juga arti sebenarnya. Yuk disimak agar tidak salah lagi!

Kursus di EF cuma 1 juta-an?

Cuma di awal tahun 2021, kamu bisa gabung di EF mulai dari 1.2 juta Rupiah + potongan harga khusus*! Isi data dirimu pada kolom di bawah ini sekarang!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Literally

Kata literally belakangan sangatlah populer dan sering digunakan. Arti sebenarnya adalah ‘secara harfiah’. Namun, ternyata masih banyak yang menyalahartikannya.

Contohnya saat seseorang berkata “I’m literally dying from laughter” untuk menekankan bahwa ia tertawa sangat keras. Penggunaannya tidak tepat, karena orang itu tidak ecara harfiah meninggal karena tertawa. Contoh yang benar yaitu seperti “I literally have to teach for 12 hours today. I’m not exaggerating."

2. Chronic

Dalam menjelaskan kondisi penyakit, chronic mengacu ke suatu penyakit yang terjadi dalam jangka waktu yang lama, bukan semata-mata penyakit berat. Kalau yang dimaksud memang penyakit yang akut tapi tidak terjadi lama, kamu bisa menggunakan kata acute atau severe.

Contoh penggunaan chronic dalam kalimat: "I always carry an inhaler in my bag to deal with my chronic asthma."

3. Inflammable

Karena mengandung ‘in’ di depannya, banyak yang mengira bahwa inflammable berarti tidak mudah terbakar. Padahal, arti sebenernya adalah mudah terbakar, sama persis seperti kata flammable.

Contoh: Petrol is highly inflammable.

4. Dilemma

Kata dilemma tidak semata-mata digunakan saat kita bingung di antara dua pilihan. Kata ini mengacu ke situasi ketika kita harus memilih di antara dua hal yang sama-sama tidak kita inginkan. Jadi, kalau kedua hal yang ingin kita pilih sama-sama bagus dan memang kita inginkan, jangan katakan “I am in a dilemma” lagi ya.

5. Poisonous

Arti kata poisonous adalah beracun, tapi hanya mengacu ke sesuatu yang menimbulkan racun jika kita memakan atau menelannnya.

Contoh: This medicine is posionous if taken in large quantities.

Jika sesuatu menimbulkan racun tapi melalui gigitan, seperti ular, maka disebutnya adalah venomous.

6. Complement

Banyak yang sering tertukar antara complement dengan compliment, atau mengira kalau kedua kata ini adalah hal yang sama. Padahal, arti kata complement bukanlah pujian, melainkan melengkapi.

Contoh: That clutch really complements your dress.

Setelah mengetahui arti-arti sebenarnya, jangan salah menggunakannya lagi, ya! Rahasia untuk jago bahasa Inggris sebenarnya adalah dengan membuatmu familiar dengan bahasanya, karenanya, rajin praktek dengan banyak membaca atau berbicara sangatlah penting. Seperti tips untuk jago bahasa Inggris yang juga dapat kamu baca di EF Blog.

Tahukah kamu bila di EF, kamu dapat mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan? Berlatih dapat menjadi cara yang paling tepat untuk mengasah bahasa Inggris kamu.

Yuk, bergabung di EF sekarang juga! (Psst...Di halaman ini, terdapat voucher yang bisa kamu nikmati, lho! Temukan sekarang!)

Ben Small Stars
Author
Ben