Menu
tips mengerjakan pr
Education Advice

5 Tips untuk Menyelesaikan PR dengan Cepat

2021.06.30

Seorang siswa memiliki tugas utama untuk belajar. Apakah kamu masih sering kewalahan dalam mengerjakan PR atau pekerjaan rumah? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Belajar tidak hanya terbatas di ruang kelas saja tetapi guru terkadang memberikan PR (pekerjaan rumah) untuk dikerjakan di rumah. Tujuannya untuk menambah pengetahuan siswa dan mengevaluasi hasil belajar selama ini.

Banyak siswa yang masih menganggap PR sebagai beban yang harus dikerjakan. Padahal bila mengetahui tipsnya, mengerjakan PR bisa diselesaikan secara cepat.

Jangan khawatir, 5 tips berikut akan membantumu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dengan cepat. Simak baik-baik, ya!

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Menyusun Waktu dan Agenda

menyusun jadwal sekolah

Apabila ingin menyelesaikan pekerjaan rumah secara cepat dan efisien, tidak membuang-buang waktu adalah kuncinya. Terkadang banyak yang kewalahan karena sering menunda pekerjaan yang menyebabkan semakin menumpuknya tugas. Untuk itu, kamu perlu menyusun strategi jitu kapan kamu akan mengerjakan PR-mu tersebut.

Sebisa mungkin ketika guru telah menyerahkan tugas untuk dikerjakan, jangan menunda dan selesaikan hari itu juga. Jangan lupa untuk mengatur skala prioritas terhadap tugas mana yang lebih cepat deadline-nya. Kamu bisa mulai dengan membuat agenda berisi daftar semua tugas berbeda dan perkiraan waktu mengerjakannya.

Manajemen waktu yang baik penting untuk dilakukan sehingga kamu tidak tergesa-gesa dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Kamu tidak ingin hasil pekerjaan rumahmu jadi kurang maksimal ‘kan?

2. Siapkan Barang-Barang yang Diperlukan

menyiapkan barang sekolah

Saat mengerjakan pekerjaan rumah seringkali kita lupa harus menggunakan kalkulator atau membutuhkan buku bacaan tertentu. Ternyata hal kecil seperti ini bisa menunda waktu dalam mengerjakan pekerjaan rumah, lho.

Sebelum kamu mulai untuk mengerjakan tugas, lebih baik kamu menyiapkan barang-barang yang sekiranya kamu butuhkan. Misalnya, ketika mengerjakan matematika kamu bisa menyiapkan kalkulator atau buku catatan rumus supaya bisa mempermudah kamu nantinya.

Selain buku dan kalkulator, kamu juga bisa menyiapkan kertas atau pensil cadangan supaya ketika habis kamu tidak kebingungan untuk mencari. Menerapkan metode ini akan membantu kamu untuk fokus dalam mengerjakan.

3. Rapikan Ruangan Belajar

ruang belajar ideal

Bekerja di tempat yang nyaman ternyata bisa meningkatkan produktivitas, lho! Pikiran kita akan mudah teralih apabila di sekitar kita ada beberapa barang yang berantakan. Kamu perlu memilih tempat senyaman mungkin dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Selain rapi, pastikan tempat tersebut memiliki penerangan yang cukup dan suasana yang hening. Ketika tempat yang kita pilih sudah sesuai, pasti produktivitas juga akan meningkat. Sebaiknya jangan sampai ada benda-benda ini di ruang belajarmu, ya! Supaya kamu bisa mengerjakan pekerjaan rumah dengan fokus dan nyaman.

4. Pastikan Tidak Ada Distraksi

fokus belajar

Untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dengan lebih cepat, kamu perlu mengatur sekitarmu supaya bebas dari gangguan. Kadang ganggungan kecil bisa mendistraksi pikiran kita sehingga fokus mengerjakan sedikit terganggu. Terkadang memang sulit untuk sejenak terlepas dari ponsel dan barang elektronik lain.

Namun, untuk bisa fokus dalam mengerjakan, kamu perlu memiliki self control untuk menghindari membuka ponsel. Produktivitas akan meningkat sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas dengan cepat ketika kamu sudah meminimalisir hal-hal yang bisa mendistraksimu seperti media sosial, internet, dan ponsel.

Kamu juga bisa memberi tahu ayah, ibu, atau saudaramu ketika sedang mengerjakan pekerjaan rumah sehingga mereka tidak menganggu.

5. Jangan Lupa Beristirahat

gelas air putih

Setelah mengerjakan pekerjaan rumah selama beberapa jam tubuh dan pikiran pasti akan terasa sedikit lelah. Apalagi jika memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan sehingga butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Perlu diingat bahwa kamu tidak boleh terlalu memaksakan dirimu untuk menyelesaikan tugas tersebut dalam satu waktu. Bukan mempercepat justru cara tersebut akan memperlambat dan memperpanjang waktu kalian dalam menyelesaikan pekerjaan.

Lantas bagaimana caranya? Kalian perlu menerapkan metode mengerajakan layaknya sprint singkat. Yaitu bekerja keras dalam mengerjakan suatu tugas lalu istirahat sejenak untuk menjernihkan pikiran dan meregangkan tubuh. Hal ini dilakukan untuk mengisi kembali energi pada pikiran dan tubuh. Dengan begitu kamu akan siap untuk memulai mengerjakan tugas berikutnya dengan pikiran yang lebih jernih.

 Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba untuk mengerjakan tugas selama 25-30 menit lalu istirahat selama 5 menit. Jangan lupa sempatkan untuk minum air putih dan makan cemilan disela-sela waktu istirahat supaya tetap menjaga kebugaran tubuh.

Dari 5 tips di atas, kira-kira mana yang belum kamu terapkan? Sekarang kamu bisa mulai untuk mengikuti tips tersebut supaya bisa mengerjakan pekerjaan rumah secara maksimal.

Nah, mengerjakan PR akan lebih mudah lagi jika kamu memiliki wawasan yang luas. Di EF, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan suasana yang menyenangkan sehingga kemampuanmu akan bertambah. EF juga memiliki metode belajar seru dan guru-guru yang profesional.

Saat ini, EF sedang ada voucher GRATIS Demo Class yang bisa kamu dapatkan. Caranya sangat mudah! Kamu hanya perlu mengisi data diri pada voucher halaman ini.

Bagimana menarik ‘kan? Jangan lewatkan kesempatan ini ya!

*Syarat dan Ketentuan berlaku
*Promo terbatas