Menu
benda yang tidak ada di ruang belajar
Education Advice

10 Benda Ini Sebaiknya Tidak Ada di Ruang Belajar Kamu

Ben Small Stars
Author
Ben
2021.05.21

Belajar di rumah seringkali membuat kita kesulitan berkonsentrasi. Belum lagi jika kita mendapat berbagai macam gangguan dari benda-benda yang ada di sekitar kita. Benda-benda apa saja sih yang biasanya mengganggu kalian ketika belajar?

Para pelajar mempunyai kewajiban untuk belajar setiap harinya. Agar kegiatan belajar semakin nyaman, kita perlu menjauhkan sesuatu yang mengganggu. Jika dibiarkan terus menerus nantinya akan berpengaruh kepada potensi kita dalam meraih prestasi. Ada banyak faktor yang bisa mengganggu kita saat belajar seperti ruangan yang tidak nyaman, suara berisik, termasuk juga benda-benda asing yang seharusnya tidak ada di ruang belajar.

Jadi kamu perlu tahu benda-benda asing yang seharusnya kamu singkirkan dari ruang belajar supaya tidak terus mengalihkan fokus belajarmu. Di bawah ini terdapat barang-barang yang sebaiknya tidak ada di ruang belajar beserta penjelasannya. Jangan lupa di catat baik-baik ya.

HORE! Kamu dapat kelas demo GRATIS!

Isi data dirimu pada kolom di bawah ini, dan dapatkan kesempatan untuk mendapat voucher kelas demo GRATIS!* Buruan, penawaran terbatas!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

1. Televisi

televisi tidak ada di ruang belajar

Televisi jika diletakkan di ruang belajar pastinya akan mengganggu. Tayangan televisi membuat kita sulit berkonsentrasi karena kita bisa tertarik untuk menonton tayangan yang sedang disiarkan. Menonton inilah yang akan membuat waktu kita terbuang sia-sian ketika sedang belajar. Belum lagi jika volume dari suara televisi yang keras akan mengacaukan konsentrasi belajarmu.

2. Smartphone

hp tidak ada di ruang belajar

Benda yang satu ini sangat susah untuk dijauhkan dari kita terutama saat belajar. Fitur di smartphone membuat kita ingin terus melihat notifikasi, melihat sosial media ataupun bermain games. Selain menyita waktu, menggunakan smartphone akan memecahkan konsentrasimu ketika sedang belajar. Maka sebaiknya matikan atau jauhkan terlebih dahulu smartphone tersebut dari jangkauan kalian.

3. Peralatan Game

game tidak ada di ruang belajar

Jenis permainan baik itu game online ataupun alat permainan secara fisik juga perlu disingkirkan dari ruang belajar. Peralatan game memicu kita untuk memainkannya sehingga akan mengalihkan fokus belajar kita. Bermain game tidak apa-apa dimainkan jika kita sudah selesai belajar atapun telah menyelesaikan tugas untuk menenangkan pikiran. Tetapi ingat, bukan untuk dimainkan sewaktu sedang belajar.

4. Buku Fiksi

komik tidak ada di ruang belajar

Membaca buku fiksi sebenarnya kegiatan positif jika kita membacanya di waktu santai contohnya saat sedang berlibur. Buku fiksi disini maksudnya yaitu seperti novel, komik, cerpen dan lain-lain. Tetapi sayangnya kalian harus menjauhkan buku-buku fiksi ini terlebih dahulu jika kalian sedang belajar. Karena buku fiksi tentunya membuat kamu penasaran untuk melanjutkan bab dari cerita yang sebelumnya sudah kamu baca.

5. Alat-alat Musik

alat musik tidak ada di ruang belajar

Bagi kalian yang memiliki kemampuan bermain musik ataupun hobi bermusik sebaiknya tidak meletakkan alat-alat musik kalian di ruang belajar. Apabila diletakkan di ruang belajar, bukannya kamu fokus tetapi yang terjadi kamu iseng memainkan alat musik ketika belajar. Nah kalau sudah begitu, kamu yang asyik bermain musik malah meninggalkan kewajibanmu untuk belajar. Jangan sampai kamu melakukan itu ya.

6. Makanan

makanan tidak ada di ruang belajar

Makanan sebenarnya tidak pantas ada di ruang belajarmu karena juga bisa mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu, lebih baik sebelum belajar seharusnya makan terlebih dahulu agar kamu tidak lagi kelaparan sewaktu belajar. Selain itu, belajar sambil makan bisa membuat ruangan belajar kalian kotor dan bau. Jika sudah begitu, kalian tidak akan bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman di ruangan kalian.

7. Minuman

minuman tidak ada di ruang belajar

Hampir sama seperti makanan, jangan meletakkan minuman terutama di meja belajar. Karena jika tidak sengaja menumpahkan minuman, kemudian membasahi meja belajar, buku ataupun laptopmu. Kamu pasti akan kerepotan untuk membereskannya dan suasana belajarpun bisa terganggu.

8. Sampah

sampah tidak ada di ruang belajar

Jika ruang belajarmu dipenuhi sampah yang belum dibersihkan, bukan hanya terganggu tetapi keinginan belajarpun juga menurun. Sampah menyebabkan ruang belajar menjadi berserakan, kotor, banyak serangga dan bau. Maka dari itu sebelum belajar, pastikan dahulu ruang belajar kalian sudah bersih dan nyaman untuk dipakai diwaktu belajar. Sebaiknya kamu juga tidak meletakkan tempat sampah di dalam ruangan belajar.

9. Produk Kecantikan

produk kecantikan tidak ada di ruang belajar

Produk kecantikan tidak seharusnya ada di ruang belajar, karena dapat mengalihkan perhatianmu. Kamu bisa saja iseng mencobanya saat sedang jenuh atau bosan ketika sedang belajar. Kamu boleh menggunakan produk kecantikan tersebut di waktu senggang tetapi bukan di waktu belajar.

10. Peralatan Olahraga

alat olahraga tidak ada di ruang belajar

Sama seperti sebelumnya, peralatan olahraga tidak pantas untuk diletakkan di ruang belajar. Alat tersebut bisa mengganggu karena akan mengalihkan pikiran diluar materi pembelajaran. Meskipun di tengah pembelajaran kamu terkadang butuh relaksasi tetapi tidak dengan menempatkan alat-alat olahraga di ruang belajarmu.

Itulah tadi benda-benda yang sebaiknya tidak ada di ruang belajar kalian. Nah, sekarang kalian bisa pindahkan barang-barang mana yang sekiranya bisa mengganggu aktivitas belajar kalian. Semoga setelah ini minat belajarmu semakin tinggi ya.

Selain di rumah, kamu juga bisa belajar di EF loh. Kamu tidak perlu khawatir dengan barang-barang yang bisa mengganggumu ketika belajar, karena EF bisa menciptakan suasana belajar yang membuatmu terasa lebih nyaman. EF juga memiliki fasilitas yang bagus untuk kamu yang ingin memperlancar bahasa Inggris dengan pesat.

EF sedang ada promo diskon kursus untuk kalian yang ingin bergabung saat ini juga. Dapatkan tambahan kelas demo gratis dengan mengisi formulir di laman ini. Jangan lewatkan kesempatan ini ya!

Ben Small Stars
Author
Ben