Menu
5 Tips Memenangkan Spelling Bee
Education Advice

5 Tips Memenangkan Spelling Bee

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.01.07

Apakah kamu bisa mengeja kata dalam bahasa Inggris? Tahukah kamu bahwa ada sebuah kompetisi yang dikhususkan untuk para pengeja ini? Yup! Spelling Bee adalah nama kompetisi ini! Walau begitu, mungkin pikiran ini mungkin sekarang muncul di pikiranmu: kenapa namanya Spelling Bee dan bagaimana cara untuk menjadi juara?

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Spelling bee berasal dari kata “bee” dalam Proto Inggris yang berarti “doa”. Penggunaan kata “bee” ini juga kerap diartikan sebagai “lebah” dalam bahasa Indonesia. Hal ini lah yang kemudian membuat logo Spelling Bee lebih identik dengan “lebah”.

Menelisik sedikit sejarah perjalanan Spelling Bee di Indonesia, pada tahun 2003 siswa EF telah berkompetisi untuk menjadi juara dalam kompetisi ini. Hingga pada tahun 2006, kompetisi Spelling Bee pun konsisten diadakan setiap tahun sampai sekarang dalam skala yang lebih besar mencakup tingkat regional sampai ke tingkat nasional.

Para peserta yang mengikuti kompetisi ini pun beragam setiap tahunnya dengan jumlah yang sangat besar. Hal ini dikarenakan banyak sekali siswa yang tertarik mengikuti kompetisi Spelling Bee dengan harapan dapat menjadi juara yang berhasil mengalahkan ribuan peserta.

Untuk memenangkan kompetisi ini, diperlukan beberapa trik khusus yang kamu harus tahu. Apa saja tips and tricks memenangkan kompetisi Spelling Bee?

1. Belajar lewat flashcards

Untuk mengeja kosakata dalam bahasa Inggris juga memerlukan trik yang harus kita pelajari. Salah satunya dapat kamu lakukan dengan mengumpulkan kosakata bahasa Inggris lewat flashcards.

Beberapa contoh flashcards bahasa Inggris dapat kamu temukan di bawah ini:

2. Cobalah fokus pada kata kerja

lomba spelling bee

Ketika kamu sudah mempelajari kosakata bahasa Inggris lewat flashcards, kini kamu harus tetap fokus pada kata kerjanya. Tentunya, dengan mengingat 16 tenses adalah kunci yang perlu kamu miliki.

Hal ini penting untuk diperhatikan, karena dalam mengeja kosakata bahasa Inggris harus lengkap. Jika tidak, kemungkinan akan memiliki makna dan arti yang berbeda. Oleh karena itu, kamu harus memahami bagaimana cara penggunaan verb 1, verb 2, dan verb 3.

3. Memahami makna kata dan membuat kalimat

latihan spelling bee

Setelah perbendaharaan kosakata sudah terkumpul dan kata kerja pada bentuk verb 1-3 sudah dapat dipahami, kini waktunya kamu coba untuk memahami setiap makna pada kata tersebut dan buat dalam bentuk kalimat.

Ketika kamu sudah mencoba berlatih menghubungkan kata dalam kalimat, jangan lupa tanyakan langsung kepada seseorang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris baik untuk mengetahui apakah masih ada kesalahan atau tidak.

4. Coba pelajari daftar kata dari Spelling Bee sebelumnya

tips menang spelling bee

Tips and tricks yang satu ini adalah sebuah kiat penting untuk memahami konsep dan peraturan mendasar dari kompetisi Spelling Bee. Caranya adalah dengan menonton video kompetisi Spelling Bee tahun-tahun sebelumnya di Youtube, atau mencari tahu terkait daftar kata dari Blog yang memuat pengalaman pribadi dan yang lainnya.

5. Berlatih dengan seseorang setiap hari

latihan spelling bee

Tips and tricks yang terakhir ini juga tidak kalah pentingnya dari empat poin di atas. Kamu bisa berlatih dengan keluarga ataupun teman seperti sedang melakukan simulasi kompetisi Spelling Bee.

Rumus sukses dalam memenangkan setiap perlombaan yaitu dengan berlatih secara rutin. Terdapat ungkapan yang menyebut bahwa “usaha tidak akan pernah menghianati hasil’, ketika kamu sudah berusaha maksimal dan memenangkan kompetisi tersebut adalah hal yang dapat kamu banggakan. Namun, bila sudah berusaha maksimal tapi belum menang maka kamu harus tetap bersyukur dan evaluasi terkait apa yang harus diperbaiki ke depannya.

Apabila saat ini kamu membutuhkan tempat kursus bahasa Inggris sebagai persiapan mengikuti kompetisi Spelling Bee, kamu bisa ikut bergabung di kelas demo GRATIS EF. Dalam mengikuti kelas ini, kamu juga bisa ajak teman-teman yang lain, loh!

Yuk, persiapkan diri kamu untuk menjadi sang juara di kompetisi Spelling Bee tahun 2022 😉

Yuk, daftar sekarang dengan menekan tombol di bawah ini!

Ben Small Stars
Author
Ben